Posted by Mekanik Juan Masalah dan Solusi Mobil

Mengatasi Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas dengan Mudah

Daftar Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas serta Solusi Terbaik untuk Mengatasinya

Resiko kebakaran adalah alasan utama anda mengantisipasi munculnya berbagai penyebab mesin mobil cepat panas. Ya, overheating tidak boleh dibiarkan terjadi. Bagaimana caranya?

Biasanya masalah di mana mesin cepat panas atau kerap disebut overheating terjadi karena ada masalah di radiator mobil. Namun masalah ini juga karena sebab-sebab lainnya. Dan solusi untuk masalah ini akan sangat bergantung pada jenis masalah. Beda masalah, beda pula solusinya.

Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas dan Solusinya

Cukup banyak hal yang menyebabkan mesin mobil jadi overheat atau cepat panas. Dan tentunya akan sulit mengatasi masalah ini jika anda sendiri tidak tahu sumber masalahnya.

Biasanya masalah ini terjadi karena hal-hal seperti:

  1. Masalah pada Radiator Mobil

    Adanya kerusakan pada radiator tentu akan menyebabkan mesin mengalami overheat. Apalagi tugas radiator adalah memastikan suhu mesin tetap stabil.

    Radiator Mobil Ketika Rusak akan Menyebabkan Mesin Mobil Cepat Panas

    Ada beberapa jenis masalah pada radiator, contohnya adalah kipas radiator yang tidak berfungsi. Selain itu, masalah lain yang kerap muncul adalah berkurangnya coolant karena adanya retak atau bocor di radiator.

    Solusi untuk masalah ini adalah dengan melakukan perbaikan pada radiator mobil. Selain itu, untuk mencegah kerusakan kembali pada radiator maka maintenance radiator perlu dilakukan secara berkala.

  2. Coolant

    Cairan radiator atau kerap disebut coolant adalah bagian dari radiator yang memegang peran penting sebagai pendingin. Banyak mobil yang menggunakan air biasa sebagai coolant, padahal air biasa memiliki kemampuan pendinginan jauh lebih rendah daripada penggunaan coolant. Akibatnya, resiko overheating jauh lebih tinggi.

    Radiator tanpa Coolant Berpotensi Lebih Besar untuk Mengalami Overheating

    Selain itu, menggunakan coolant berkualitas jelek juga bisa menjadi masalah. Misalnya ternyata kemampuan pendinginannya kurang, atau coolant justru menyebabkan karat pada komponen radiator.

    Nah, maka dari itu penggunaan coolant wajib dilakukan. Dan coolant harus dipilih dengan seksama. Pastikan memilih coolant yang memiliki kadar coolant tinggi, zat anti karat, dan kemampuan pendinginan yang baik. Oleh sebab itu, jika ada tanda radiator mobil bermasalah maka coolant harus segera dicheck.

  3. Oli Mobil

    Bicara penyebab mesin mobil cepat panas, oli mobil juga memegang peran penting.Karena oli juga berfungsi sebagai pendingin mesin. Ketika oli mobil kurang atau kualitasnya sudah jelek, maka kemampuan pelumasannya akan kurang. Mesin akan lebih sering bergesekan. Mesin tidak hanya akan lebih cepat panas karena gesekan tersebut, namun dapat menyebabkan jebolnya mesin mobil.

    Mesin yang Oli Mobilnya Rusak Akan Menyebabkan Masalah Mesin

    Oli mobil yang kurang juga menyebabkan performa mobil berkurang. Tenaga mobil hilang, dan tarikan menjadi loyo. Oleh sebab itu, kondisi oli mobil harus diperhatikan. Jangan ragu untuk ganti oli baru jika dirasa ada masalah di oli mobil. Dan check secara berkala kondisi mesin dan oli mesin.

Wah ternyata banyak juga ya penyebab masalah ini dan solusi-solusi untuk mengatasinya. Oleh sebab itu, jika anda ragu bisa mengatasi sendiri masalah ini, sebaiknya bawa mobil ke bengkel untuk segera dilakukan pengecheckan dan dilakukan perbaikan sesuai dengan masalah mobil.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab mesin mobil cepat panas serta solusinya. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan menghubungi Dokter Mobil untuk mendapatkan informasi yang lebih mendetail. Senang bisa menjadi sumber solusi masalah mobil anda.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *