Posted by Aditya Dokter Mobil Masalah AC Mobil Bau Busuk, Tips merawat ac mobil

Langkah Tepat Menghilangkan Bau AC Mobil Sesuai Standar

menghilangkan bau ac mobil

Menghilangkan bau AC mobil memang sulit ya. Terutama jika AC menjadi tidak dingin dan mengeluarkan hawa panas tanpa henti hentinya. Tentunya, ini menjadi masalah yang akan berkepanjangan dan tidak kunjung habis. Namun anda jangan panik dulu, di internet memang ada banyak sekali langkah-langkahnya. Tapi perlu anda juga ketahui apakah semuanya sudah sesuai standard? Lalu apa saja standard yang dimaksud oleh bengkel resmi. Oleh sebab itu, pastikan anda mengikuti penelusuran saya di bawah ini ya.

Cara Paling Tepat Menghilangkan Bau AC Mobil

menghilangkan bau ac mobil

  1. Jaga Kebersihan Kabin Mobil

Cara paling mudah menghilangkan bau AC mobil adalah menjaga kebersihan kabin mobil. Menjaga kebersihan kabin mobil itu artinya juga menjaga kebersihan area karpet. Seperti yang anda seharusnya ketahui, area karpet seringkali mudah meninggalkan kotoran seperti pasir, tanah ataupun remah makanan. Jika di dalam kabin terdapat sisa makanan atau minuman ada baiknya segera diangkat dan dibuang, hal ini untuk mencegah bau kabin dari sisa makanan atau minuman tersebut. Selain itu, makanan yang memiliki aroma menyengat seperti durian misalnya, juga akan menghilang atau bertahan dalam waktu yang cukup lama. Ada baiknya hindari membawa makanan seperti ini.

Selain kotoran pada karpet atau sisa makanan, hindari juga untuk merokok di dalam kabin mobil. Asap rokok merupakan salah satu hal yang paling umum membuat AC mobil menjadi bau. Meskipun saat merokok kaca jendela dibuka, namun saya rasa tidak ada pengaruhnya. Beberapa zat yang terkandung dalam rokok malah menempel di atap kabin sehingga membuat atap menguning dan menghasilkan bau tidak sedap. Selain itu, hal selanjutnya jangan biarkan karpet yang basah anda masukkan ke dalam mobil. Karena karpet yang basah akan menimbulkan kelembapan di lantai mobil sehingga bau tidak sedap dapat mudah terdeteksi.

  1. Ganti Filter Kabin

Cara menghilangkan bau AC mobil yang lain adalah dengan mengganti filter kabin. Filter kabin dalam sistem AC memiliki peran penting yaitu menyaring kotoran dan debu, jika filter sudah terlalu kotor maka juga bisa menimbulkan bau tak sedap. Filter kabin sendiri bisa sobat otomotif cuci menggunakan air sabun dan disikat dengan sikat gigi halus atau anda juga bisa membersihkan langsung dengan angin bertekanan sedang. Jika mobil sobat sering melewati daerah pembangunan misalnya, sering-seringlah ganti filter kabin atau ganti setiap 10 ribu kilometer.

  1. Cek Evaporator

Cara menghilangkan bau AC mobil selanjutnya adalah mengecek dan mencuci evaporator. Evaporator sendiri berfungsi untuk mengeluarkan hawa sejuk pada kabin mobil dengan menyerap hawa panas dan kemudian mengeluarkannya dalam bentuk hawa dingin. Jika evaporator kotor dan lembap maka bukan tidak mungkin akan menghasilkan bakteri dan jamur, sehingga bakteri dan jamur ini akan menghasilkan bau tidak sedap pada kabin mobil anda sendiri. Oleh karena itu, untuk menghilangkan bau AC mobil sobat harus membersihkan evaporator.

Cara membersihkan evaporator sebetulnya tergolong mudah kalau sobat mengerti. Namun, pembersihan sendiri tanpa pengetahuan merupakan langkah yang tidak standard. Itu sebabnya saya sarankan sobat otomotif untuk ke Dokter Mobil. Untuk dilakukan pengecekan penyeluruh terhadap evaporator dan pembersihan menyeluruh evaporator. Anda juga bisa Dokter Mobil dan keluhkan mengenai AC mobil yang bau.

  1. Cek Refrigerant atau Freon

Langkah selanjutnya menghilangkan bau AC mobil adalah mengecek refrigerant. Refrigerant sendiri memiliki fungsi hampir mirip dengan evaporator yaitu menyerap panas dari udara di dalam ruangan sehingga suhu di dalam ruangan bisa menjadi dingin. Untuk melakukan pengecekan anda bisa mengecek secara manual melalui kaca di filter AC saat mesin menyala. Jika Freon tampak berbusa maka freon AC sudah habis namun jika Freon terlihat bening itu tandanya masih ada dan belum habis. Jika anda mengetahui Freon habis anda bisa datang ke Dokter Mobil untuk pengisian Freon ulang. Namun, perlu hati-hati jika ada kebocoran Freon. Ada baiknya anda bertanya juga saat di Dokter Mobil.

  1. Ganti Parfum Mobil

Langkah terakhir adalah mengganti parfum mobil. Parfum mobil yang sudah habis tentu saja akan menghasilkan bau tidak sedap juga. Ditambah kurangnya concern pemiliki mobil terhadap kebersihan kabin mobil itu sendiri. Jadi sering-seringlah ganti parfum mobil. Terkadang ada beberapa parfum mobil yang terlalu menyengat, gunakan parfum mobil yang bukan cairan, misalnya anda bisa menggantinya dengan biji kopi dengan aroma berbeda-beda ketimbang dengan bentuk cairan. Hal ini dikarenakan cairan yang terkena panas berlebih bisa lebih banyak menguap dan menghasilkan minyak di bagian atap kabin, jadi jangan heran jika di atap karbon anda dapat menemukan sisa minyak dari cairan parfum itu sendiri.

Baca Juga : Cara Efektif Bersihkan Saringan AC Mobil di Masa Pandemi

Menghilangkan bau AC mobil tidak sulit jika anda rajin membersihkan kabin. Namun jika sudah berkaitan dengan mesin seperti evaporator dan freon ada baiknya sobat bawa ke bengkel terdekat. Salah satunya Dokter Mobil. Karena hanya di Dokter Mobil anda bisa mendapatkan garansi jika mobil bermasalah di kemudian hari. Selain itu, Dokter Mobil juga ahli dalam masalah AC. Jadi jangan ragu ya untuk datang ke second home saya, Dokter Mobil.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *