Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil AC

Penyebab dan Ciri Mesin Avanza Rusak, Pemilik Wajib Tahu!

Mesin Avanza

Toyota Avanza merupakan salah satu merek mobil terlaris di Indonesia. Hanya saja, beberapa komponen mesin Avanza kerap mengalami kerusakan. Kerusakan pada mesin tersebut memang disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari faktor human error hingga faktor usia mesin.

Untuk mencegah terjadinya kerusakan pada komponen mesin Toyota Avanza, maka pemilik kendaraan wajib melakukan pengecekan atau tune-up di bengkel terpercaya seperti Dokter Mobil. Jika tidak, maka pemilik Avanza tentu tidak akan mengetahui adanya kerusakan pada mobil.

Oleh sebab itu, pengecekan atau tune-up ini dirasa sangat wajib dilakukan oleh pemilik Avanza. Usahakan, pengecekan kondisi mesin ini dilakukan maksimal 2 hingga 3 bulan sekali. Sebab, kondisi mesin mobil bisa saja rusak atau bermasalah setelah pemilik menggunakan kendaraan dalam kurun waktu 2 hingga 3 bulan.

Beberapa Penyebab Utama Mesin Avanza Mengalami Kerusakan

service radiator panggilan

Bagi pemilik kendaraan yang tidak mengetahui tentang mesin mobi, tentu tidak pernah tahu kondisi mesin mobilnya. Sebab, mereka tidak mengenali ciri dari mesin mobil yang mengalami kerusakan. Umumnya, ada berbagai penyebab utama mengapa mesin mobil Toyota Avanza ini mengalami kerusakan. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Mesin Mobil Terasa Berat

Kerusakan mesin mobil Toyota Avanza yang lumrah dirasakan pemilik kendaraan adalah tarikan mesin terasa berat. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor. Salah satunya adalah kadar oli mesin mobil terlalu overload hingga adanya komponen mesin yang aus atau berkarat.

Hal ini menyebabkan tarikan mesin terasa berat hingga ndut-ndutan. Jika masalah tersebut diabaikan, maka akan dapat mengancam keselamatan pemilik ketika mobil tersebut digunakan.

  1. Overheating

Kerusakan mesin yang paling parah adalah overheating. Overheating adalah keadaan mesin mobil yang mengalami kenaikan suhu secara tiba-tiba. Akibatnya, mobil dapat mengeluarkan asap, mogok mendadak, tidak bisa distarter, hingga mengalami turun mesin. Masalah overheating ini disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai adanya kerusakan pada sistem radiator hingga habisnya kadar oli mesin.

  1. Kurangnya Perawatan dan Pengecekan Kondisi Mesin

Kurangnya perawatan dan pengecekan kondisi mesin mobil secara berkala ini menjadi salah satu penyebab mesin Toyota Avanza mudah rusak. Langkah perawatan dan pengecekan secara berkala ini berfungsi sebagai langkah pencegahan jika terjadi kerusakan di beberapa bagian komponen mesin mobil. Jika kerusakan dapat dideteksi sejak awal, maka resiko terjadi kecelakaan di jalan dapat diminimalisir.

Ciri-Ciri Mesin Mobil Toyota Avanza yang Mengalami Kerusakan

Setelah mengetahui beberapa penyebab mobil Avanza yang mengalami kerusakan, maka pemilik kendaraan juga harus tahu ciri dari kondisi mobil Toyota Avanza yang bermasalah. Sebab, banyak pemilik Avanza tidak menyadari bahwa komponen mesin mobilnya tengah mengalami kendala dan kerusakan. Oleh sebab itu, ini dia beberapa ciri dari mesin mobil Toyota Avanza yang mengalami kerusakan. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Knalpot Mengeluarkan Asap

Ciri pertama adalah keluarnya asap di bagian knalpot mobil. Hal ini disebabkan karena kelebihan atau kekurangan kadar oli mesin mobil. Untuk itu, segera cek kadar oli mobil di bengkel terpercaya seperti Dokter Mobil.

Baca Juga : Rangkaian Kelistrikan AC Mobil

  1. Menyalanya Lampu Indikator pada Speedometer

Ciri kedua adalah menyalanya lampu indikator di bagian speedometer. Hal ini menandakan bahwa ada kerusakan di bagian komponen mesin mobil, seperti radiator, koil busi, kabel injektor, dan kerusakan lainnya.

Dokter Mobil, Rekomendasi Bengkel yang Menangani Segala Kerusakan Mobil Avanza

Bagi pemilik mobil Avanza yang bermasalah pada bagian mesin, maka Anda bisa langsung melakukan pengecekan kondisi kendaraan di Dokter Mobil. Disini, kami melayani pengecekan atau tune-up kondisi mesin terlebih dahulu.

Di Dokter Mobil ini, semua proses tune-up mesin dilakukan secara digital dan menggunakan peralatan canggih. Sehingga, kerusakan pada komponen akan dapat dengan mudah dideteksi. Jika ditemukan adanya kerusakan pada mesin mobil Toyota Avanza, maka montir dan teknisi Dokter Mobil akan mengambil langkah servis yang dibutuhkan.

Tak perlu khawatir, sebab montir dan teknisi dari Dokter Mobil ini telah terlatih serta berpengalaman dalam menangani segala kerusakan pada komponen mesin mobil Toyota Avanza. Oleh sebab itu, percayakan pada Dokter Mobil untuk mengatasi segala kerusakan di bagian komponen mesin Avanza.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *