Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil Mesin Mobil

5 Kelebihan Mesin Diesel Terbaik Untuk Anda

mesin diesel terbaik

Pada tahun ini ada banyak sekali pilihan mesin diesel terbaik, namun pilihan ini harus Anda sesuaikan dengan budget. Bukannya tidak boleh sih, kalau Anda ingin memilih tanpa memikirkan fungsi dan hanya mengandalkan fitur boleh saja. Tapi coba lihat sisi lainnya jika Anda memperhatikan fungsi ini, tentunya bukan hanya manfaat yang bisa Anda rasakan namun juga dari nilai ekonomisnya. Nah, oleh sebab itu saya akan bahas beberapa kelebihan mesin diesel terbaik jika mempertimbangkannya.

Kelebihan Mobil Mesin Diesel Terbaik

penyebab mobil tidak bisa distarter

  • Ramah Lingkungan

Kelebihan paling utama dibandingkan mesin berbahan bakar bensin adalah ramah lingkungan. Seperti diketahui, emisi buang pada mesin diesel sudah mencapai Euro 6 dengan gas buang karbon monoksida sebesar 0,5 gram/kilometer. Ini artinya dalam penggunaan 1 kilometer hanya sebesar 0,5 gram karbon monoksida yang dikeluarkan, dibandingkan emisi gas buang pada mobil berbahan bakar bensin. Dimana emisi gas buang mobil berbahan bakar bensin memiliki total gas karbon monoksida sebesar 1 gram/kilometer. Tentunya dengan perbedaan setengah sudah cukup membuktikan bahwa mesin diesel terbaik dan ramah lingkungan.

  • Lebih Bertenaga

Mesin diesel pastinya lebih bertenaga dibandingkan dengan mesin berbahan bakar bensin. Hal ini dikarenakan pada dasarnya mesin diesel cenderung lebih efisien dibandingkan mesin berbahan bakar bensin. Sebab, kompresi mesin yang tinggi pada mesin diesel menghasilkan torsi yang lebih besar. Kompresi ini juga akan menghasilkan panas yang lebih sedikit, sehingga hasilnya menjadi lebih efisien. Selain itu, dengan torsi yang tinggi pada RPM rendah akan sangat cocok digunakan untuk membawa beban yang berat dan cukup bertenaga untuk mengatasi genangan banjir.

  • Nilai Ekonomis Tinggi

Mesin diesel terbaik juga memiliki nilai ekonomis. Dapat Anda lihat dari harga bekas mesin diesel. Jika Anda perhatikan, harga mesin diesel pada harga bekasnya lebih terjaga dibandingkan harga bekas mesin berbahan bakar bensin. Tidak hanya sampai disitu, mesin diesel juga dinilai lebih unggul soal irit-iritan bahan bakar. Hal ini dikarenakan mesin diesel terbaik pada dasarnya mengalami pembakaran dua kali dibandingkan mesin berbahan bakar bensin yang pembakarannya hanya satu kali. Pembakaran dua kali ini bukan tanpa sebab namun karena rasio kompresi yang lebih tinggi dibandingkan bensin.

  • Tahan Lama

Mesin diesel terbaik juga durable atau tahan lama. Ini disebabkan karena tidak memerlukan electric igniter dimana komponen ini berfungsi untuk menyambung-putuskan arus primer dari koil berdasarkan dari sinyal IGT dari perintah di ECU. Sehingga kesulitan perawatan dapat diminimalisir. Selain itu, mesin diesel terbaik juga tahan lama secara fisik dan kaki-kaki.

Baca Juga : 5 Alasan Mobil Susah Hidup

Dimana jika pada mesin berbahan bakar bensin, memiliki kaki-kaki yang rentan rusak. Justru pada mesin diesel kaki-kaki lebih awet dan tahan lama. Meskipun dihajar lubang dalam pada kecepatan 60km/jam saya rasa mesin diesel akan baik-baik saja. Itulah mengapa banyak businessman yang lebih memilih mesin diesel dibandingkan dengan mesin berbahan bakar bensin.

  • Mekanikal Sederhana

Mesin diesel terbaik tidak membutuhkan sistem injeksi yang terlalu ribet dibandingkan mesin berbahan bakar bensin. Sehingga perawatan mesin diesel lebih mudah dan lebih murah ketimbang mesin berbahan bakar bensin. Selain itu, harga penggantian suku cadang juga akan lebih murah dibandingkan dengan harga mesin berbahan bakar bensin. Hal ini dikarenakan, suku cadang pada mesin diesel dapat digunakan di semua tipe mesin, tidak hanya pada satu mesin saja. Dengan begitu harga suku cadangnya lebih murah atau kata lainnya di truk bisa, mobil bisa.

Mesin diesel terbaik memang paling top di kelas mobil dunia, karena sudah terbukti tangguh, perawatan mudah, suku cadang murah dan yang paling penting bisa melewati genangan banjir. Kemungkinan rusak juga minim dikarenakan desain dan struktur mesin yang tidak membutuhkan banyak komponen rumit untuk berjalan. Bahkan untuk minum solar sekelas subsidi pun masih bisa berjalan.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *