Posted by Mekanik Juan Mesin Mobil

Ini Dia Penyebab dan Cara Menangani Mesin Mobil Bergetar

Kesal Karena Mesin Mobil Bergetar Tidak Wajar

Ketika kamu menghidupkan sebuah mobil dan mesin mobil bergetar pastilah menandakan adanya suatu permasalahan dalam mobil tersebut. Adanya getaran kecil mungkin terasa sepele dan tidak terlalu mengganggu. Tapi tahukah kamu? Kalau membiarkan masalah ini dan menunggu hingga terjadi kerusakan yang lebih parah, hal ini cukup berbahaya. Masalah yang lebih serius tengah menanti.

Bahkan, bisa saja mesin yang bergetar berakibat mesin mobil rusak suatu hari nanti. Ada beberapa hal yang menyebabkan mesin mobil mengalami getar saat dihidupkan. Berikut beberapa contoh penyebab serta cara-cara menanganinya:

Busi Sudah Aus Membuat Mesin Mobil Bergetar

Busi mobil memiliki tugas dan fungsi yang penting. Dalam kondisi yang bagus, busi mampu melakukan proses pembakaran pada kendaraan kamu. Tapi coba bayangkan kalau kondisi busi sudah mulai aus. Mobil akan sulit distarter dan mesin tidak bisa hidup dengan mudah. Alasannya, busi yang aus tidak bisa menghasilkan percikan api yang maksimal, tapi hanya bisa memercikkan api yang lemah. 

Akhirnya, pembakaran tidak terjadi dengan maksimal. Hal ini lah salah satu pemicu mesin mobil akan ada getaran saat dihidupkan. Jadi, kalau mesin mobil kamu bergetar, coba periksakan kondisi busi. Apabila sudah aus, ini sudah waktunya kamu untuk mengganti busi. Sebenarnya kamu bisa menghindari masalah ini, dengan cara rutin mengecek kondisi busi dan segera menggantinya apabila dirasa busi sudah mulai kurang bagus.

Kanvas Kopling Aus

Untuk kanvas kopling yang aus, dampaknya bisa lebih berbahaya, lho. Bukan hanya mengakibatkan mobil bergetar saat dihidupkan, tapi kopling yang aus juga bisa membuat mesin mobil mati secara tiba-tiba. Artinya, mobil kamu bisa mogok di tengah-tengah perjalanan. Bayangkan kamu sedang dalam perjalanan panjang ke luar kota, tiba-tiba mobil kamu mati. Pastinya akan kerepotan dalam mencari bengkel, bukan? 

Untuk itu, selain rajin mengecek kondisi busi mobil, kamu juga perlu memperhatikan kanvas kopling mobil kamu. Dengan rajin mengecek kondisinya, kamu akan terhindar dari mesin mobil yang menghasilkan getaran atau mobil kamu mogok di tengah jalan.

Piston Aus Menimbulkan Gejala Mesin Mobil Bergetar

Apabila piston sudah aus, gerakannya tidak bisa terarah alias goyang. Dengan posisi yang tidak stabil, mobil akan semakin tidak bertenaga. Hal ini juga akan menyebabkan mesin mobil gejala getar saat dihidupkan. Solusinya sama seperti masalah kanvas kopling dan busi yang aus. Kamu perlu segera mengganti piston mobil kamu. Segera ganti piston milikmu sesaat setelah kamu mengetahuinya, karena kalau tetap dibiarkan, kerusakan mobil bisa lebih parah lagi.

Engine Mounting Bermasalah

Engine mounting memiliki tugas untuk meredam getaran yang ada dalam kabin mobil. Apabila engine mounting ini bermasalah, getaran tidak akan teredam secara sempurna. Akhirnya, mesin mobil akan terasa getar saat dihidupkan. Biasanya, engine mounting bermasalah karena baut yang kendor atau bantalan karet yang pecah. Jadi, saat mesin mobil kamu terasa bergetar, coba cek bagian ini juga, ya!

Lihat Juga: Penyebab Mesin Mobil Pincang

Nah, sekarang kamu sudah tahu beberapa alasan yang menyebabkan mesin mobil bergetar serta solusi yang bisa kamu lakukan. Intinya adalah, kamu perlu merawat mobil serta komponen-komponen di dalamnya, supaya kondisinya tetap prima dan tidak mengalami kerusakan yang berarti. Tetap lakukan servis rutin untuk memastikan mobil kamu dalam kondisi baik dan siap untuk dibawa bepergian kapan saja dan ke mana saja!

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *