Posted by Mekanik Juan Mesin Mobil

Alasan Utama Munculnya Gejala Mesin Mobil Brebet Saat Panas

Kesal Karena Mendadak Mesin Mobil Brebet Saat Panas

Pas buru-buru hendak ke suatu tempat tapi mesin mobil brebet saat panas pastilah membuat cemas. Khawatir mobil mogok di tengah jalan. Kalau sampai mobil mati, bisa-bisa kamu akan terlambat ke tempat yang dituju.

Belum lagi, kalau mobil mogok di tempat yang kamu tidak familiar. Jangankan mencari bengkel. Meminta bantuan dengan orang yang lewat juga segan, takut-takut orang tersebut akan terganggu perjalanannya.

Alasan Utama Mesin Mobil Brebet saat Panas

Nah, gak mau kan, hal seperti ini menghampiri kamu? Untuk itu, kamu perlu melakukan servis rutin demi mobil yang punya performa prima. Untuk berjaga-jaga, kamu perlu tahu apa penyebab mobil brebet saat panas dan bagaimana cara mengatasinya. Apa sajakah itu? Langsung saja kita baca ulasan di bawah ini sampai selesai!

Sistem pengapian terganggu

Busi mobil tidak mengeluarkan percikan api? Besar kemungkinan, ada masalah pada sistem pengapian mobil kamu. Gangguan yang sering terjadi bisa berupa kabel putus, koil busi yang rusak, atau mungkin busi memang sudah usang karena pemakaian yang cukup lama. 

Untuk mengatasi masalah atau menghindari pengapian yang terganggu ini, solusinya adalah rajin-rajin mengecek busi mobil. Saat kamu menemukan kotoran atau kerusakan pada busi, segera bawa ke bengkel untuk dibersihkan dan diperbaiki. Atau kalau kondisi sudah rusak cukup parah dan tidak bisa diservis, jangan ragu untuk menggantinya dengan busi yang baru.

Oh, iya. Kalau diganti dengan busi baru, minta sang mekanik untuk melakukan pengecekan ulang. Minta mereka untuk memastikan busi terpasang dengan tepat dan tipe busi yang digunakan sudah sesuai. Tujuannya, supaya kesalahan pemasangan tidak menimbulkan masalah lagi di kemudian hari. Kalau sudah tepat, kamu tak perlu lagi khawatir busi yang baru akan menimbulkan mesin brebet saat panas.

Saluran bahan bakar bermasalah

Bukan info baru lagi, kalau BBM adalah komponen utama dari berjalannya sebuah mobil. Apabila saluran BBM bermasalah, mobil juga akan sulit hidup dan menyebabkan brebet saat panas. Masalah pada saluran BBM ini biasanya karena adanya penyumbatan. Saluran yang tidak lancar akan membuat bahan bakar tidak bisa mengalir dengan baik. Untuk itu, kamu perlu mengecek saluran bahan bakar mobilmu juga. 

Overheat menyebabkan mesin mobil brebet saat panas

Mesin mobil brebet saat panas juga bisa diakibatkan karena suhu mobil yang terlalu tinggi, lho. Untuk mengatasi masalah ini, radiator menjadi kuncinya. Kamu wajib cek kondisi radiator mobil secara berkala, ya. Terutama komponen kipas pendinginnya. Kipas pendingin berfungsi untuk menjaga suhu mesin mobil agar tidak terlalu panas alias overheating. Kalau kipas bermasalah, tidak ada yang bisa menjaga suhu mesin mobil, kan?

Lihat Juga: Suara Mesin Mobil Kasar

Selain kipas, kamu juga wajib mengecek keberadaan air radiator mobil kamu. Untuk menjalankan mobilmu, pastikan air radiator terisi dan cukup. Kalau tidak, bukan hanya brebet, tapi mobil kamu juga bisa mogok di tengah jalan dan sulit untuk dihidupkan. Dengan menjaga kondisi kipas pendingin dan air radiator yang cukup, suhu mobil kamu bisa tetap terjaga dan mobil tidak akan brebet saat panas.

Jadi, itulah beberapa alasan mobil brebet saat panas, serta cara-cara untuk mengatasi atau menghindari masalah ini. Yang terpenting, tetap perhatikan perawatan mobil kesayangan kamu, ya! Alasannya, supaya mobil tetap bagus dan siap dibawa ke mana saja, tanpa menimbulkan masalah yang bisa mengganggu perjalan kamu.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *