Posted by Mekanik Juan Uncategorized

Komponen Harus Dicek Ketika Mesin Mobil Bunyi Klotok Klotok

Masalah kendaraan seperti mesin mobil bunyi klotok klotok ketika mesin dihidupkan atau saat perjalanan terkadang cukup mengganggu. Bunyi ini biasanya muncul karena adanya masalah yang cukup serius pada mesin. Namun tidak jarang pula suara aneh ini keluar karena masalah ringan atau sepele.

Bunyi klotok klotok ini hampir mirip dengan suara ketukan logam. Umumnya permasalahan bisa datang saat mesin dinyalakan maupun saat digas.

Penyebab Mesin Mobil Bunyi Klotok Klotok

Selaku pemilik mobil, setidaknya Kamu harus tahu darimana asal suara tersebut. Hal ini akan memudahkan tindakan apa yang harus diambil selanjutnya. Berikut ini adalah beberapa penyebab mesin mobil mengeluarkan suara mengganggu.

Celah katup terlalu lebar

Celah katup merupakan suatu celah atau jarak antara rocker arm dan batang katup. Ketika batang katup memuai, celah ini berfungsi untuk memberikan batas toleransinya. Dengan kata lain, karena bahan yang digunakan umumnya adalah logam, maka akan terjadi sedikit pemuaian ketika mesin panas.

Karena adanya pemuaian mengakibatkan semakin panjangnya ukuran batang katup. Bila tidak ada celah, katup pun akan tertekan dan terus terbuka lebar seiring dengan pemanjangan batang katup. Normalnya, celah katup memiliki ukuran standar paling tidak hingga 0,3 mm. Jika terlalu lebar, maka Kamu harus men-set ulang celah tersebut ketika melakukan service berkala.

Jika Kamu sering melakukan service, jangan pernah melewatkan proses penyetelan katup. Pasalnya, celah yang terus melebar karena dibiarkan bisa menyebabkan batang katup dan rocker arm bertabrakan hingga akhirnya muncul bunyi klotok klotok.

Bantalan crankshaft aus

Crankshaft atau yang biasa disebut dengan poros engkol ini merupakan salah satu mekanisme yang berfungsi untuk menjabarkan turun naiknya piston menjadi suatu gerakan putar. Pada crankshaft ini terdapat dua bantalan, yaitu conrod bearing dan main bearing.

Poros engkol ini bisa saja tidak berjalan sebagaimana mestinya bila salah satu bantalan aus. Meski kerusakan pada poros engkol seperti oblak ini terbilang kecil dan dianggap sepele, namun tetap saja akan menyebabkan munculnya bunyi klotok klotok terutama saat RPM tinggi.

Untuk mengatasinya, Kamu hanya perlu mengganti salah satu bantalan yang sudah aus. Disarankan bagi Kamu yang awam untuk membawa mobil ke bengkel terdekat. Pasalnya, proses mengganti bantalan ini tidak semudah yang dibayangkan. Mengganti bantalan crankshaft memerlukan kerja ekstra dan ketelitian karena letaknya yang berada dibawah piston.

Oli belum naik

Apabila bunyi klotok ini datang saat mesin dinyalakan setelah tidak digunakan selama seharian, maka bisa jadi bunyi tersebut timbul karena oli belum naik. Tempat menampung oli pada mesin umumnya berada di bagian paling bawah, disertai dengan pompa yang bertugas untuk mensirkulasikan oli ke semua komponen yang membutuhkannya.

Bagi yang belum tahu, pompa oli ini hanya bekerja pada saat mesin menyala saja. Oleh karena itu, kondisi mobil yang tidak dipakai selama seharian membuat oli turun kembali ke bak oli. Kepala silinder yang kering karena turunnya oli bisa mengeluarkan bunyi klotok klotok yang cukup nyaring ketika mesin dihidupkan. Tak perlu khawatir karena bunyi tersebut akan menghilang seiring sirkulasi oli pada komponen mesin.

Engine knocking

Engine knocking atau sering dipanggil dengan sebutan ngelitik bisa menjadi penyebab munculnya bunyi kletek kletek pada mesin. Pembakaran yang tidak sempurna akibat penggunaan bahan bakar dengan oktan rendah membuat terjadinya gesekan-gesekan yang mirip ketukan logam.

Ciri-ciri mesin mengalami knocking bisa Kamu rasakan sendiri seperti bunyi keluar saat RPM rendah, bunyi mengecil saat digas, dan adanya suara yang berasal dari blok silinder. Untuk mengatasinya, Kamu hanya perlu melakukan tune up. Jangan lupa untuk membiasakan penggunaan bahan bakar beroktan standar seperti pertamax.

Itulah beberapa penyebab mesin mobil bunyi klotok klotok yang harus diketahui. Temukan letak permasalahan lalu perbaiki dengan solusi terbaik. Semoga informasi ini memiliki banyak manfaat khususnya untuk Kamu yang tengah mengalami kendala serupa.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *