Posted by Mekanik Juan Nama Kategori Baru, Service AC Mobil

Mesin Mobil Cepat Panas? Awas Jangan Pernah Dianggap Sepele

mesin mobil panas atau overheating

Bila mesin mobil cepat panas, maka hal tersebut jangan Anda anggap sebagai masalah sepele. Jika tidak segera ditangani, akibatnya mesin mobil mengalami overheat. Agar mesin mobil dapat kembali normal, maka pemilik kendaraan wajib mengetahui langkah solutif yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah tersebut. Dan jangan lupa, Anda juga wajib tahu apa saja penyebab dari suhu mesin mobil naik secara tiba-tiba atau yang biasa kita kenal dengan istilah overheating.

Ini Dia Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

Jika masalah tersebut tidak ditangani oleh montir atau teknisi profesional dan berpengalaman, maka dapat dipastikan mobil Anda akan mengalami turun mesin. Apabila mobil Anda mengalami turun mesin, maka kendaraan tidak dapat digunakan kembali. Dan besaran biaya servis kendaraan pun semakin membengkak.

penyakit innova bensin

Apabila mesin mobil terasa cepat naik dan terasa tidak wajar, maka sebagai pemilik kendaraan tentu wajib melakukan pengecekan awal. Hal ini bertujuan agar Anda dapat mengetahui penyebab dari kenaikan suhu mesin mobil yang tidak teratur. Maka dari itu, ini dia beberapa penyebab mesin mobil yang mengalami kenaikan suhu secara tiba-tiba. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

Kerusakan pada Komponen Radiator

Penyebab pertama suhu mesin mobil yang naik secara tiba-tiba ini karena adanya kerusakan pada komponen radiator. Biasanya, adanya kebocoran pada radiator menjadi penyebab utama mengapa suhu mobil naik secara tiba-tiba.

Lalu, tersumbatnya selang radiator ke mesin mobil juga menyebabkan mesin mudah panas. Dan akibatnya mesin mobil mengalami overheat. Untuk itu, Anda disarankan untuk segera ke bengkel mobil terpercaya untuk mengatasi masalah tersebut.

Jarang Membersihkan Radiator

Penyebab kedua, pemilik kendaraan jarang membersihkan radiator. Radiator mobil memang mudah kotor.Terlebih bagi Anda yang menggunakan air biasa sebagai cairan radiator.

Sebab, air biasa ini mengandung kandungan mineral dan logam yang cukup tinggi. Akibatnya, kotoran-kotoran dari air biasa ini akan menempel pada kerak radiator. Untuk itu, selalu bersihkan radiator secara berkala. Sebab, mesin mobil mudah panas jika banyak kotoran yang menempel pada radiator.

Kurangnya Pelumasan Komponen Mesin Mobil

Penyebab ketiga, kurangnya pelumasan pada komponen mesin mobil juga dapat menjadi salah satu hal yang mempengaruhi suhu mesin mobil cepat panas. Salah satunya disebabkan karena kadar oli berkurang atau penggunaan oli yang tidak sesuai dengan jenis mesin mobil. Oleh sebab itu, selalu cek kadar oli mesin dan pilih jenis oli yang sesuai dengan mobil Anda.

Tips Mencegah Terjadinya Overheating Ketika Berkendara

Agar Anda tetap safety dalam berkendara, maka ada beberapa tips mencegah terjadinya overheating ketika berkendara. Sebab, sangat beresiko apabila Anda mengendarai kendaraan dengan kondisi mesin panas hingga mengeluarkan asap. Alhasil, fungsi rem kendaraan tidak dapat berfungsi secara normal jika mesin mobil panas hingga mengeluarkan asap. Dan akibatnya mesin mobil mengalami overheat.

 baca juga  : Kelebihan Dokter Mobil Sebagai Bengkel Servis Mobil 

Tips pertama, segera hentikan mobil di pinggir jalan dan kemudian buka kap mesin Anda. Tujuannya agar suhu mesin kembali stabil dan mereduksi panas. Namun, Anda wajib berhati-hati untuk membuka kap mesin. Bisa saja Anda terkena suhu panas dari mesin mobil yang dapat menyebabkan Anda terluka. Dan jangan pernah sekali-sekali Anda membuka tutup radiator dalam keadaan mesin panas.

Hal tersebut dapat menyebabkan air radiator menyembur ke atas. Apabila air radiator terkena tangan atau anggota tubuh lainnya, maka Anda dapat mengalami luka bakar yang cukup serius. Apabila suhu mesin mobil kembali stabil, maka segera cari bengkel mobil terdekat agar masalah mesin mobil cepat panas dapat segera diatasi.

Mencari Bengkel Mobil yang Mampu Melayani Service Segala Kerusakan Mesin

Apabila mobil Anda mengalami overheating, maka segera bawa kendaraan ke Dokter Mobil cabang terdekat. Kami siap melayani segala servis kendaraan yang mengalami kerusakan pada mesin, termasuk masalah overheating.

Anda tak perlu khawatir, sebab montir serta teknisi Dokter Mobil ini telah berpengalaman dalam melakukan tindakan servis yang dibutuhkan. Selain itu, Anda juga dapat memesan layanan Home Service atau servis panggilan ke rumah apabila Anda tidak memiliki waktu untuk mengunjungi Dokter Mobil cabang terdekat.

Lalu, kami juga melayani tune up mesin untuk mencegah adanya kerusakan pada komponen mesin mobil yang menyebabkan overheating. Maka dari itu, segera ke Dokter Mobil agar masalah mesin mobil cepat panas dapat ditangani segera.

 

Tags: , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *