Posted by Mekanik Juan Tune Up Mobil

Mesin Mobil Mati Saat Digas, Jangan panik dan Cek Hal Ini!

Penyebab Mesin Mobil Mati Saat Digas dan Solusi Mengatasinya

Bagaimana perasaan kamu saat sedang berkendara dengan mobil kesayangan tiba-tiba mesin mobil mati saat digas? Pasti bikin kesal kan? Atau mungkin malah panik? Apapun perasaan yang kamu alami, pasti hal tersebut cukup mengganggu konsentrasi selama menggunakan mobil. Di dalam hati, kamu akan bertanya-tanya tentang kerusakan apa yang dialami oleh mobilmu, sehingga bisa tiba-tiba mati saat digas.

Ketika kamu menginjak pedal gas, katup mesin akan terbuka dan membuat gas masuk dengan jumlah lebih banyak lagi. Seharusnya, semakin banyak udara masuk ke dalam silinder mesin, pasokan bensin juga lebih banyak. Tapi kalau kamu menginjak gas dan pasokan bensin tetap sama, pembakaran yang terjadi malah tidak seimbang dan mesin tiba-tiba menjadi mati.

Masih bingung? Ada beberapa penjelasan lebih rinci tentang kenapa mesin mobil bisa tiba-tiba mati saat kamu menginjak gas. Mari hilangkan rasa penasaran, cek ulasan lengkapnya di bawah ini, ya!

Fuel pump yang lemah akan menyebabkan mesin mobil mati saat digas

Apa fungsi dari fuel pump? Komponen ini berfungsi sebagai pemompa bensin yang disalurkan dari tangki, agar bisa masuk melewati saluran injeksi bahan bakar. Fuel pump juga memiliki tugas penting untuk mengatur tekanan yang terjadi selama proses pembakaran di sistem injeksi. 

Nah, jika tekanan sudah diatur sedemikian rupa, tapi tiba-tiba kamu menginjak pedal gas, tentu saja kebutuhan bensin akan lebih banyak, kan? Fuel pump juga perlu dinaikkan agar mampu menyemprot bensin lebih banyak lagi. Bayangkan kalau kondisi fuel pump sedang lemah? Tentu saja semprotan yang dihasilkan tidak akan maksimal. Malah, akan menyebabkan mesin mobil tiba-tiba mati.

Kondisi ini mungkin tidak terlalu parah dan menyebabkan mesin mobil mati total. Saat distarter kembali, mesin mobil bisa hidup kembali. Penyebab dari melemahnya fuel pump bisa jadi karena adanya kotoran yang menyumbat. Supaya hal ini tidak mengganggumu lagi di waktu berikutnya, kami sarankan kamu segera membawa mobil kamu ke bengkel dan segera lakukan servis yang dibutuhkan.

Ada masalah pada EFI system

Memiliki sistem elektronik fuel injeksi pada mobil kamu memang sangat membantu. Alasannya, kamu tak perlu lagi melakukan penyetelan karburator, karena sudah diganti dengan sistem injektor. Tapi, masalah elektrikal pada sistem injeksi kerap terjadi.

Lihat Juga: Mesin Diesel Mati Mendadak

Contohnya saja sensor injeksi rusak, masalah error pada ECU, atau kerusakan pada injektor itu sendiri. Kalau hal ini terjadi, kamu tidak bisa mendeteksinya tanpa alat scan. Kamu harus bawa ke bengkel. Pada komponen ini, sistem EFI yang bermasalah akan membuat pengaturan suplai bahan bakar juga menjadi bermasalah. Dengan adanya masalah ini, tentu saja akan berdampak pada mesin yang langsung mati saat gas diinjak.

Kondisi busi melemah

Supaya campuran udara dan bensin yang sudah berubah menjadi gas bisa melalui pembakaran yang sempurna, peran busi sangatlah dibutuhkan. Caranya, di akhir kompresi mesin, busi akan memercikkan api. Pembakaran ini akan menghasilkan energi untuk menggerakkan piston. Berhubung busi bekerja di silinder, tentu saja busi sering terkena bakaran dan mengakibatkan busi menjadi gosong. Jika dibiarkan, kondisi ini tentu membuat busi semakin melemah dan tak berfungsi normal lagi. Akhirnya, pembakaran tidak bisa berlangsung secara sempurna dan mesin mobil bisa tiba-tiba mati ketika kamu menginjak pedal gas.

Masalah pada koil pengapian

Kalau busi berguna untuk mengubah listrik jadi percikan api, koil berguna untuk menaikkan tegangan aki. Dengan tegangan yang tinggi inilah listrik dihantarkan menuju busi, sehingga busi bisa memercikkan api. Bayangkan jika koil pengapian mengalami masalah. Tentu saja listrik yang dialirkan ke busi juga tidak maksimal, kan? Tentu saja masalah pada koil akan sangat mempengaruhi performa busi juga. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, busi menjadi lemah, mesin mobil juga akan bisa mati secara tiba-tiba saat kamu menggas mobil.

Itulah beberapa alasan kenapa mesin mobil mati saat digas. Selalu periksakan kondisi kesehatan mobil kamu, jangan lupa lakukan servis rutin dan pengecekan pada komponen dan mesin-mesin mobil kamu secara keseluruhan. Dengan begitu, kamu sudah mengurangi resiko terjadinya mesin mobil yang mati tiba-tiba saat sedang kamu gunakan.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *