Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil Masalah dan Solusi Mobil

Jangan Panik! Mesin Mobil Matic Tiba tiba Mati, Ini Penyebabnya

mesin mobil matic tiba tiba mati

Akibat lupa melakukan perawatan untuk hal-hal sederhana dengan baik, ada kalanya mesin mobil matic tiba-tiba mati pada saat dikendarai. Namun tidak perlu panik, karena pasti selalu ada solusi untuk mengatasi mesin mobil matic yang mati tiba-tiba. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi mesin mobil matic Anda yang mogok secara mendadak:

Penyebab Mesin Mobil Matic Tiba tiba Mati

  • Menetralkan

Salah satu praktisi mobil matic, Hermas Efendi, pernah berujar bahwa langkah pertama yang mesti dilakukan ketika mesin mobil matic mogok yaitu menepikan mobil tersebut. Cara untuk menepikannya adalah menggeser tuas transmisi ke posisi N (Netral) lalu mendorong mobil secara perlahan. Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa bagian pedal gas, rem dan lihat di bagian kolong mobil, apakah ada kebocoran atau tidak.

  • Mengecek ceceran oli

Jika mobil matic Anda telah berada pada posisi aman, maka lihatlah ke bagian bawah kolong mobilnya. Apakah di bagian kolong mobil terdapat jejak oli matic yang tercecer atau tidak. Oli matic umumnya berwarna merah agar lebih mudah untuk dibedakan dengan oli mesin.

  • Mengamati unik transisi

Selanjutnya, Anda coba lihat di bagian bawah kolong mesin, tepatnya di bagian bawah transmisi otomatisnya. Khusus mobil matic, posisi transmisi otomatisnya berada di belakang mesin. Cobalah untuk mengamati bagian unit transmisi matic tersebut, apakah ada bekas kebocoran oli atau tidak. Selain itu, perhatikan juga pipa atau selang pendingin oli matic yang terhubung langsung ke radiator. terdapat dua selang di sana, lihatlah apakah ada tanda-tanda kebocoran, kerusakan atau sambungan lepas atau tidak.

  • Mengecek kelistrikan

Selanjutnya yang harus dilakukan ketika mesin mobil matic tiba-tiba mati yaitu dengan mengecek kelistrikan. Caranya dengan memutar kunci kontak pada posisi on, tetapi jangan menghidupkan mesin. Kemudian, dilihat apakah semua lampu indikator yang ada pada panel instrumen menyala atau tidak. Khusus untuk lampu indikator check engine, biasanya akan menyala beberapa saat ketika kunci kontak diputar di ke posisi on sebelum akhirnya mati lagi.

  • Jangan menyalakan mesin jika oli matic bocor

Sangat penting bagi Anda untuk tidak menyalakan mesin mobil ketika terdapat kebocoran oli matic. Sebab, jika Anda memutuskan untuk menyalakan mesin, maka putarannya akan langsung diteruskan ke bagian input shaft transmisi otomatis. Putar input shaft tanpa adanya dukungan oli matic akan merusak bagian transmisi otomatis seperti as (shaft), bearing, bantalan (bushing), kopling searah (one way clutch) hingga karet seal. Jadi, jika ada kebocoran oli matic, sebaiknya jangan dinyalakan mesinnya untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

  • Adanya kegagalan fungsi kelistrikan

Ketika mesin dalam kondisi hidup atau mati, dan pada saat ini kunci kontak ada pada posisi on, maka periksalah lampu indikator transmisi otomatis di panel instrumennya. Lihatlah apakah lampu indikator masing-masing pengoperasian menyala atau tidak ketika tuas ada di posisi P, R, N, D, 2, L atau posisi lainnya. Jika terdapat mode pengoperasian economic, normal atau power, bisa dicek juga apakah menyala atau tidak.

Baca Juga : Rpm Naik Turun saat AC Hidup

Selain itu, cek juga bagian lampu indikator overdrive apakah menyala atau tidak. Jika tidak menyala untuk salah satu atau keseluruhan, maka bisa dipastikan terjadi kegagalan fungsi kelistrikan. Jika hal tersebut terjadi, Anda sebaiknya segera menghubungi teknisi atau bengkel mobil matic.

Untuk mencegah agar kejadian mesin mobil matic tiba-tiba mati tidak terjadi, Anda disarankan untuk melakukan perawatan secara berkala. Sebagus apapun mobil matic yang dimiliki jika tidak dilakukan perawatan secara berkala, maka akan sama saja. Dengan melakukan perawatan secara berkala, Anda bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti mesin mobil mati tiba-tiba dan lain sebagainya.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *