Posted by Mekanik Juan Nama Kategori Baru, Service AC Mobil

Mobil Ndut Ndutan di RPM Rendah, Coba Cek Tiga Hal Ini!

Mesin Mobil Ndut Ndutan di Rpm Rendah

Mesin mobil mulai akan mati selagi RPM turun tapi normal kembali di RPM tinggi atau yang dikenal dengan mobil ndut ndutan di RPM rendah, sangatlah mengganggu pengguna mobil. Sebenarnya, kenapa sih, mobil bisa mengalami kasus seperti ini? Lalu, bagaimana cara menanganinya? Dari pada penasaran, yuk baca ulasan lengkapnya di bawah ini!

Penyebab Mesin Mobil Ndut Ndutan di RPM Rendah

  1. Suplai bensin yang bermasalah

Pertama, mesin mobil ndut ndutan di RPM rendah bisa berlangsung dikarenakan ada kasus pada suplai bensin. Kenapa? Alasannya dikarenakan ada penyumbatan pada saluran bahan bakar. Sumbatan ini bisa diakibatkan oleh kotoran, kerak, atau berlangsung kebocoran. Kalau saluran bahan bakar hingga tersumbat, suplai bahan bakar yang bisa masuk ke saluran pembakaran terhitung karena terhalang. Bayangkan jika bahan bakar tidak bisa disalurkan secara maksimal. Pastinya mesin akan naik turun. Seolah akan mati, selanjutnya normal lagi. Kondisi inilah yang kami kenal dengani mesin mobil brebet atau ndut ndutan.

Untuk menanggulangi kasus ini, anda mesti mengecek keberadaan filter bensin. Sering kali kasus berlangsung pada filternya. Bagaimana cara membersihkannya? Bawa mobil ke bengkel kepercayaan kamu, selanjutnya laksanakan tune up saluran bahan bakar. Dengan begitu, filter dan saluran bahan bakar anda akan dibersihkan secara menyeluruh.

  1. Suplai udara bermasalah

Akar dari kasus suplai udara kebanyakan bersumber dari filter udara yang kotor. Membersihkannya cukup mudah. Filter udara cuma mesti disemprot dengan angin yang tekanan udaranya tinggi. Dengan begitu, kotoran-kotoran yang menempel akan lepas dari filter. Tapi jika kondisinya udah benar-benar kotor dan tidak sangat mungkin untuk tetap digunakan, jangan ragu untuk menggantinya dengan yang baru, ya. Hal ini untuk hindari kerusakan yang lebih kritis pada filter udara mobil kamu.

Selain filter udara, supai udara terhitung bisa memiliki masalah dikarenakan selang vakum yang bocor. Hal inilah yang membuat mesin mobil ndut ndutan di RPM rendah. Vakum yang bocor tentu saja tidak bisa dibersihkan, bukan? Karena masalahnya bukan dikarenakan ada kotoran yang menempel. Solusinya cuma satu. Kamu mesti ubah vakum yang bocor dengan vakum baru.

  1. Masalah pada busi

Busi mempunyai peran penting untuk proses pengapian. Kalau busi bermasalah, bila aus, percikan api akan keluar lebih kecil, atau kemungkinan tidak keluar mirip sekali. Akhirnya, pengapian tidak akan terjadi. Hal ini bisa membuat mesin mobil ndut ndutan, atau apalagi lebih parahnya lagi, mesin mobil mirip sekali tidak bisa hidup.

Untuk solusinya, anda mesti mengecek suasana busi. Kamu bisa mengecek kabel busi dengan OHM meter. Kalau kabel busi anda mempunyai halangan >25, berarti masih bisa dipakai. Tapi jika udah <25, langsung ubah dengan yang baru, ya!

Baca Juga : Bengkel Service Mesin Mobil Ngelitik

Itulah tiga alasan mobil ndut ndutan di RPM rendah dan solusi yang bisa anda terapkan. Tapi sebenarnya, sebelum saat kasus ini menghampiri kamu, ada cara pencegahan yang bisa anda lakukan, yaitu laksanakan servis secara rutin. Saat servis, pastikan anda laksanakan perawatan tune up dengan teratur, mengganti oli tepat pada waktunya, memilih oli yang sesuai dengan model mobil kamu, serta tidak mengfungsikan bahan bakar yang oktannya benar-benar rendah.

Lebih penting lagi, pastikan anda langsung membawa mobil ke bengkel kala ada kerusakan kecil. Jangan menanti hingga kasus lebih besar lagi, dikarenakan mengatasinya selagi kerusakan masih kecil sangatlah bagus untuk kualitas mobil yang lebih awet!

Tags: , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *