Posted by Mekanik Juan Mesin Mobil, Uncategorized

Mesin mobil Ngelitik Saat RPM Tinggi? Ketahui penyebabnya

mesin mobil ngelitik saat rpm tinggi

Dalam bahasa teknik, masalah mesin mobil ngelitik saat RPM tinggi biasanya dikenal dengan sebutan detonasi mesin atau engine knocking. Detonasi mesin sendiri dapat terjadi jika proses pembakaran pada satu silinder berlangsung tidak serentak.

Bila keadaannya normal, saat busi menyala seharusnya proses pembakaran terjadi secara serentak setelah langkah akhir kompresi. Sebelum busi bekerja, akan terjadi knocking jika terdapat dua atau lebih pembakaran. Atau lebih jelasnya, pembakaran terlalu dini sebelum busi pada mobil menyala akan menyebabkan suara ngelitik.

Penyebab Mesin mobil Ngelitik Saat RPM Tinggi

Terlepas dari itu, ada beberapa penyebab yang mungkin menjadi pemicu mesin mobil Kamu ngelitik. Mengetahui penyebabnya sebelum dibawa ke bengkel tentu akan mempermudah perbaikan mobil nantinya. Atau jika memungkinkan Kamu pun dapat memperbaikinya sendiri.

  • Nilai Oktan Bensin Terlalu Rendah

Singkatnya, nilai oktan pada bensin adalah nilai yang menentukan mampu atau tidaknya bahan bakar bensin bertahan dan tetap tidak terbakar pada kondisi tertentu. Rasio kompresi mesin tentu memiliki hubungan dengan nilai oktan ini. Semakin tinggi rasio kompresi mesin, semakin tinggi pula tekanan yang dihasilkan. Oleh karena itu, diperlukan bensin dengan kemampuan bertahan yang cukup baik pada tekanan udara tinggi.

  •  Terdapat Banyak Deposit dan Karbon Pada Ruang Bakar

Deposit dan karbon bisa disebut juga sebagai kotoran berbentuk padat yang biasanya terus menumpuk pada bagian ruang bakar. Jika terus dibiarkan, deposit dan karbon yang menumpuk seiring berjalannya waktu akan memakan volume ruang bakar. Lambat laun, volume total ruang bakar yang semakin berkurang mengakibatkan tekanan kompresi lebih tinggi.

Dalam hal ini, meski Kamu sudah menggunakan bensin yang sesuai atau berkualitas tinggi sekalipun rasanya sia-sia. Pasalnya, tekanan kompresi yang terlalu tinggi akan tetap membuat mesin knocking. Jika terlampau parah, maka solusi terbaiknya adalah melakukan tune up mesin secara keseluruhan termasuk membersihkan bagian filternya.

  •  Melepas Filter Udara

Kebanyakan orang mungkin tidak sadar bahwa dengan melepaskan filter udara bukan hanya menyebabkan penggunaan bahan bakar yang boros saja. Namun, melepas filter ini bisa juga mengakibatkan detonasi mesin. Ketika Kamu memutuskan untuk melepas filter udara, yang akan terjadi adalah aliran udara akan masuk ke dalam mesin secara mudah. Dengan kata lain, terdapat banyak udara yang masuk ke dalam mesin melebihi ketentuan volume standar.

Belum sampai disitu, banyaknya udara yang masuk melebihi volume standar menyebabkan proses kompresi makin tinggi pula. Pada kondisi ini, bila bensin yang digunakan tidak memiliki nilai oktan tinggi maka suara ngelitik pun akan keluar dari mesin mobil.

  •  Aktivitas Bore Up yang Tidak Tepat

Aktivitas bore up memang sudah lumrah dilakukan para pemilik mobil dengan tujuan untuk mendongkrak daya mesin tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan membeli satu unit mesin. Bore up juga menawarkan berbagai kelebihan, salah satunya yaitu peningkatan performa yang dihasilkan dapat dirasakan secara permanen. Lalu apa hubungannya bore up dengan mesin ngelitik?

Baca Juga : suara mesin avanza ngelitik

Mesin mobil pada umumnya memiliki rasio kompresi antara 9 hingga 11 : 1. Dengan melakukan bore up, maka volume silinder akan dibuat lebih besar dengan volume ruang bakar yang tetap. Hal ini jelas akan mempengaruhi rasio kompresi mesin yang mengalami peningkatan secara drastis. Artinya, udara yang harus dikompresi menjadi jauh lebih banyak dari volume normalnya dan membuat tekanan kompresi tinggi. Jika tidak dilakukan secara tepat, mesin pun akan ngelitik terutama saat RPM tinggi.

Nah, itulah beberapa penyebab mesin mobil ngelitik saat RPM tinggi yang harus Kamu ketahui. Setelah paham letak permasalahannya, Kamu dapat perbaiki sendiri atau mengunjungi bengkel terdekat. Semoga tulisan ini bermanfaat khususnya buat Kamu yang memiliki hobi di dunia otomotif.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *