Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil Mesin Mobil

Mesin Mobil Pincang Saat Pagi Hari? Ketahui 3 Penyebabnya

mesin mobil pincang

Apakah Anda tahu mesin mobil pincang atau bergetar tidak harus di pagi hari. Bisa saja terjadi saat Anda di jalan tol atau lampu merah. Namun jika mobil Anda salah satunya Anda perlu tahu beberapa hal sebelum Anda membawanya ke bengkel. Karena dengan Anda tahu beberapa alasan mesin mobil pincang, tentunya Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang.

Pada dasarnya mesin mobil pincang atau bergetar itu tidak terjadi dalam satu waktu. Namun biasanya terjadi setelah sekian lama ada gejala namun tidak serta langsung diperbaiki. Ada banyak faktor mengapa mesin mobil bisa pincang. Beberapa diantaranya memang sepele namun Anda perlu tahu perannya cukup penting.

3 Penyebab Mesin Mobil Pincang Saat Pagi Hari

Koil Kotor atau Lemah

Koil adalah komponen yang berperan dalam pengapian di ruang bakar yang fungsinya menaikkan tegangan dari aki lalu diteruskan ke busi untuk menghasilkan percikan api di ruang bakar. Komponen ini tidak terdiri hanya satu namun banyak bisa 2, 3, 6 dan itu semua tergantung jumlah silinder yang dimiliki mesin. Terkadang pengendara tidak tahu bahwa koil sangat penting peranannya. Itu sebabnya mesin mobil pincang atau bahkan enggan untuk di starter terutama di pagi hari.

Tidak banyak yang tahu penyebab mesin mobil pincang itu bisa karena koil kotor atau rusak. Biasanya pasti langsung mendiagnosis langsung ke busi. Padahal belum tentu penyakit berasal dari busi. Oleh sebab itu Anda perlu melakukan pengecekan terlebih dahulu. Cara mengeceknya cukup mudah.

Pertama siapkan busi yang berfungsi dengan normal kemudian lepas soket injector dari injektornya dan relay injector juga. Kemudian tarik tuas rem tangan dan netralkan tuas persneling, jika perlu ganjal ban dengan batu bata. Minta bantuan salah seorang keluarga atau teman dekat Anda dalam hal ini sebagai helper untuk membantu starter mesin. Pegang bagian belakang koil yang terletak di dekat soket lalu tempelkan bodi busi ke bagian bodi mesin untuk mendapatkan grounding. Setelah itu minta teman Anda untuk starter mobil saat Anda memegang koil dengan busi menempel pada bodi mesin.

Perhatikan! Apakah nyala percikan besar atau kecil. Jika tidak ada percikan atau percikan lemah berarti koil Anda kotor atau sudah rusak. Jika koil kotor karena debu Anda bisa melapnya dengan lap bersih dan kering. Namun jika percikannya bagus berarti masalahnya bukan pada koil mobil Anda. Cari tahu penyebab lainnya.

Mengecek Busi Mobil Anda

Setelah Anda yakin jika bukan koil Anda yang bermasalah. Saatnya Anda cek busi. Cara mengeceknya pastikan Anda menggunakan sarung tangan karena Anda akan berhubungan dengan listrik, jadi jika tangan Anda basah sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu dan tetap gunakan sarung tangan karet atau kain. Yang jelas gunakan sarung tangan dengan isolator yang baik. Ini dimaksudkan agar tangan Anda tidak tersetrum nantinya.

Jika sudah siap, hal pertama buka kap mesin Anda, nyalakan mesin lalu naikkan rpm. Pada mobil tahun lama biasanya punya ‘cuk’ yang fungsinya untuk menaikkan rpm atau jika tidak ada ‘cuk’ lakukan manual, mungkin Anda perlu memanggil teman atau tetangga sebelah untuk membantu Anda sebentar. Kemudian cabut satu persatu kabel busi, hati-hati dengan kebocoran kabel busi  yak arena jika ada kebocoran kabel ini akan menghantarkan listrik yang cukup mengagetkan (disinilah peran sarung tangan isolator tadi). Perhatikan saat pencabutan kabel busi.

Baca Juga : Pengapian Mobil Injeksi Hilang

Jika busi normal maka rpm mesin akan berubah sedikit namun jika tidak ada perubahan itu tAndanya busi mati. Lalu bandingkan busi yang sudah Anda cabut dengan busi lain untuk mengecek apakah ada busi yang mati. Jika busi sudah diganti tapi hasilnya tetap sama, salah satu busi mati setelah pertukaran kabel maka ganti kabel businya. Disarankan untuk mengganti satu paket ya, baik kabel dan businya jika ada yang bermasalah.

Nah selain itu, adapun ciri-ciri masalah pada busi, berikut rangkumannya:

  • Busi berwarna coklat : busi perlu diganti karena sudah berumur
  • Busi berwarna merah atau kuning : hawa panas mesin yang berlebihan, biasanya timbul karena pendingin mesin bermasalah.
  • Busi berkerak atau gosong : Kesalahan pada bagian pengaturan bahan bakar.
  • Busi meleleh : adanya kebocoran pada mesin atau kompresi mesin.
  • Kerak di atas kepala busi : pengaturan bahan bakar buruk sehingga seal klep bocor dan busi kemasukan oli
  • Busi basah akibat sisa pelumas di kepala busi : Cek timing pengapian dan gunakan bahan bakar minimal RON 91 terutama untuk mobil 5 tahun terakhir.

Lubang Injektor Tersumbat, Salah Satu Penyebab Mesin Mobil Pincang

Injektor merupakan salah satu komponen dalam sistem EFI (Electronic Fuel Injection) fungsinya menyemprotkan bahan bakar bertekanan ke dalam ruang bakar. Semprotan yang normal pada umumnya adalah menyebar dan berbentuk kabut untuk mempermudah proses pencampuran udara dan bahan bakar. Bahan bakar bertekanan, bersih, dan juga harus sesuai dengan spesifikasi yang di perlukan sangat di perlukan injector untuk disemprotkan ke ruang bakar.

Nah, injector ini memiliki lubang-lubang kecil dan halus agar semprotan bahan bakar bertekanan bisa menghasilkan kabut bahan bakar yang lebih baik. Inilah salah satu penyebab mesin mobil pincang.

Jumlah lubang injector bermacam-macam. Ada injector yang memiliki lubang 2 hingga 12 lubang pada satu injector. Lubang ini yang menghasilkan kabut bahan bakar ke dalam ruang bakar. Lubang injector ini sangat kecil, karena sangat kecil seringkali lubang ini tersumbat baik karena kotoran dan bahan bakar ataupun dari sisa pembakaran dari ruang bakar. Akibatnya bisa jadi mesin mobil pincang.

Untuk mengatasi lubang injector ada beberapa cara yaitu menggunakan injector tester dan injector cleaner. Pada cara ini memang tidak bisa sekaligus membersihkan kerak karbon di ruang bakar. Metode yang dilakukan memang sedikit lebih susah karena injector harus dilepas dulu. Kemudian injector disimulasikan dengan melakukan semprotan bertekanan sesuai stAndar. Bila debit berkurang itu tAndanya injector kotor dan terdapat kotoran pada lubang injector. Lalu ketika sudah diketahui injector kotor, injector akan direndam dalam cairan pembersih.

Baca Juga : Penyebab Gas Mobil Kosong

Cara kedua yang bisa Anda lakukan lebih mudah daripada cara pertama yaitu dengan mencampur cairan carbon cleaner dengan bahan bakar. Caranya dengan menuang cairan carbon cleaner ke dalam tangki bahan bakar. Selain mudah dipakainya, cairan ini sangat berguna karena bisa mengurangi endapan karbon pada intake, injector, dan ruang bakar.

Demikian beberapa penjabaran mengenai mesin mobil pincang di pagi hari. Pastikan Anda cek ketiga komponen yang telah saya sebutkan. Jika dirasa ada yang salah datang langsung ke bengkel resmi ya.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *