Posted by Mekanik Juan Uncategorized

Cara Menghilangkan Asap Putih Pada Mobil Diesel, Simak Yuk

Tidak sedikit orang yang tidak tahu bagaimana cara menghilangkan asap putih pada mobil diesel, kurangnya pemahaman menjadi alasannya. Sama halnya kehidupan sosial, untuk mengatasi suatu masalah tentu Kamu harus tahu terlebih dahulu letak kesalahannya. Setelah itu, baru Kamu perbaiki dengan solusi-solusi terbaik.

Pada tulisan ini, setidaknya terdapat lima cara cukup mudah yang mungkin bisa Kamu coba. Penasaran dengan hal tersebut? Simak ulasan di bawah ini.

Cara Menghilangkan Asap Putih Pada Mobil Diesel

  1. Membersihkan saringan udara

Peranti saringan udara yang terlalu kotor dapat menyebabkan kepulan asap putih, terutama pada mobil bermesin diesel. Karena peranti kotor, maka udara yang masuk akan membawa kotoran-kotoran yang menempel menuju ruang pembakaran hingga akhirnya proses pembakaran yang terjadi tidak sempurna.

Untuk menangani hal ini, sebaiknya Kamu membersihkan peranti saringan udara secara rutin, paling tidak setiap mencapai maksimal 1.000 KM. Selain itu, kondisi jalan dan alam pun turut mempengaruhi sehingga Kamu harus rajin mengecek kondisi filter udara. Jika sudah terlanjur rusak, maka Kamu dapat menggantinya dengan yang baru.

  1. Memeriksa seal klep mesin

Seal klep mesin yang sudah aus juga dapat menimbulkan asap putih pada mobil bermesin diesel. Biasanya, seal klep yang bermasalah ini disebabkan oleh overheating atau adanya gesekan yang tidak wajar. Pada akhirnya, celah yang timbul akibat rusaknya seal menyebabkan oli merembes hingga akhirnya masuk ke dalam ruang bakar. Solusi terbaiknya adalah mengganti seal klep sebelum komponen mesin lain terkena imbasnya.

  1. Memeriksa ECU

Electronic Control Unit atau ECU turut menjadi penyebab munculnya kepulan asap putih pada mobil diesel. Jika ECU yang terdapat pada mobil tidak akurat, maka timing pun menjadi tidak tepat serta membuat bahan bakar menyembur dan boros. Jika kondisi tersebut terjadi, mungkin tidak dapat memperbaiki secara mandiri karena memerlukan peralatan memadai. Sebaiknya bawa segera mobil Kamu ke bengkel terdekat untuk mengecek ECU.

  1. Memeriksa mesin mobil secara rutin

Cara terakhir yang bisa Kamu lakukan adalah dengan rutin memeriksa mesin mobil diesel beserta komponen-komponen penting lainnya. Caranya cukup mudah dan bisa Kamu lakukan setiap hari. Selaku pemilik mobil, Kamu tentu tahu betul bagaimana kondisi kendaraan saat dikendarai. Perhatikan secara berkala terutama kondisi getaran mesin, suara mesin, tenaga mesin, hingga pengecekan oli. Dengan melakukan hal tersebut, bukan hanya menghindari resiko terjadi kepulan asap saja, melainkan meminimalisir terjadinya kerusakan pada komponen lain yang ada pada mobil.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan asap putih pada mobil diesel yang mungkin setidaknya bisa Kamu coba secara mandiri. Jika kondisinya parah, sangat disarankan untuk segera membawa mobil ke bengkel terdekat. Semoga informasi ini berguna terutama bagi Kamu yang memiliki keluhan serupa.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *