Posted by Mekanik Juan Uncategorized

Ini 4 Penyebab Utama Mesin Mobil Susah Hidup Waktu Dingin

Mendadak Mesin Mobil Susah Hidup Waktu Dingin ditinggal Semalaman

Untuk kamu yang sedang liburan kemungkinan mengalami masalah mesin mobil susah hidup waktu dingin. Biasanya hal ini terjadi di pagi hari. Hal ini tentu cukup menyebalkan dan dapat membuat panik.

Saat hendak bepergian atau sekadar memanaskan mobil di pagi hari, tiba-tiba mobil sulit distarter. Butuh waktu beberapa kali, hingga akhirnya mobil bisa hidup. Lantas bagaiaman cara mengatasi dan mencegah terjadinya masalah ini?

Menangani Masalah Mesin Mobil Susah Waktu Dingin

Mungkin bukan masalah yang besar. Tapi kalau kamu sedang terburu-buru dan harus segera pergi di pagi hari, mobil yang sulit dihidupkan ini akan cukup mengganggu dan membuang beberapa menit waktu kamu. Lantas, sebenarnya apa sih, penyebab mobil susah hidup waktu dingin dan bagaimana cara mengatasinya? Simak artikel di bawah ini sampai selesai, ya!

  1. Busi rusak membuat mesin mobil susah hidup waktu dingin

    Busi merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam mesin mobil. Apabila busi bermasalah, besar kemungkinan mesin mobil juga akan sulit dihidupkan. Contohnya saja busi yang kotor. Atau mungkin celahnya tidak pas. Bisa terlalu lebar atau mungkin terlalu sempit. Hal ini akan menyebabkan kamu kesulitan menghidupkan mobil. Lalu apa hubungannya dengan pagi hari saat suhu sedang dingin?

    Bisa jadi, embun yang terlalu dingin masuk ke dalam mesin mobil dan menyebabkan kerenggangan busi jadi tidak tepat, serta masuknya debu yang dibawa oleh angin pagi. Cara mengeceknya cukup mudah. Kamu hanya perlu melepas busi dari dalam mesin mobil dan cek kondisinya. Apabila kotor, segera bersihkan. Dan apabila jarak celahnya tidak pas, kamu bisa langsung sesuaikan ke jarak yang tepat.

  1. Tegangan baterai yang tidak pas

    Apa jadinya kalau tegangan baterai atau aki mobil kamu kurang? Bisa dipastikan mobil kamu akan sulit dihidupkan. Mesin mobil akan terasa lemah saat distarter. Biasanya, hal ini ditandai dengan starter hanya akan berputar pelan. Solusi praktisnya, coba pancing mesinnya dengan cara mendorong mobil.

    Tapi hal ini tidak bisa dibiarkan, lho. Setelah kamu berhasil menghidupkan mobil dengan cara didorong, segera bawa ke bengkel untuk mendapatkan bantuan dari para mekanik yang lebih berpengalaman di bagian ini. Dengan demikian, masalah mobil kamu akan segera dibantu, sehingga kamu tidak lagi kesusahan menghidupkan mobil di pagi hari atau saat suhu sedang sangat dingin.

  1. Kompresi yang melemah

    Saat mobil berada di suhu yang terlalu dingin, kompresi bisa melemah. Alasannya, karena ruang bakar mobil sudah memiliki terlalu banyak kerak yang berasal dari karbon. Lokasinya berada di celah piston. Apabila karbon ini masuk hingga ke ring piston, komponen ini tidak akan bisa mengembang secara sempurna.

    Hasilnya? RPM tidak akan stabil dan sangat sulit dinyalakan. Mesin mobil akan terdengar sangat lemah hingga akhirnya mati dan sangat sulit distarter.

  1. Katup mesin bermasalah

    Katu mesin berfungsi untuk saluran keluar dan masuknya gas menuju mesin. Masalah yang kadang terjadi pada katup mesin adalah adanya kebocoran. Biasanya, kebocoran terjadi karena posisi katup tidak pas alias tidak simetris.

    Jika kebocoran ini terjadi, tentunya tekanan kompresi akan menurun dan mesin akan sulit dihidupkan di pagi hari. Untuk itu, sebagai solusi, kamu perlu menyetel ulang katup mesin, supaya posisinya sama seperti sedia kala.

Lihat Juga: Mobil Bergetar saat RPM Rendah

Empat hal di atas merupakan hal-hal yang sering kali menjadi penyebab mesin mobil susah hidup waktu dingin. Jadi, saat kamu mengalami masalah ini, jangan lupa periksakan keempat contoh kasus di atas dan lakukan solusi yang telah kita bahas di atas.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *