Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil Masalah dan Solusi Mobil, masalah mobil

Waspada! Ini yang Menyebabkan Mesin Pincang saat Dijalankan

mesin pincang

Penyebab mesin pincang saat kondisi mesin stasioner bukan hanya salah busi ya! Bisa saja, memang ada masalah berat. Misalnya jika mesin Anda pernah mengalami injektor rusak atau Anda pernah ganti injektor bahan bakar namun tidak orisinal. Memang sih penyebab mesin pincang itu banyak sekali macamnya. Oleh sebab itu, Anda sangat perlu membaca penjelasan artikel di bawah ini.

Perhatikan Hal ini Jika Mobil Anda Mengalamin Mesin Pincang

toyota service terdekat

 

  • Masalah pada Sistem Pengapian

Mesin pincang dapat terjadi karena sistem pengapian. Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan pengecekan menyeluruh pada bagian busi. Untuk pengecekan bagian busi saya sarankan Anda menggunakan sarung tangan karet, tentunya hal ini untuk mencegah adanya lonjakan listrik menyentuh ke tangan Anda. Meskipun tegangannya kecil namun cukup membuat jantung berdetak kaget.

Jika Anda sudah menggunakan sarung tangan hal pertama untuk mengatasi mesin pincang karena busi ini adalah naikkan RPM mesin mobil minta bantuan tetangga Anda atau istri Anda ya. Tentunya dengan menekan pijakan gas, namun sebelum itu pastikan posisi persneling pada kondisi netral ya dan rem tangan pada posisi ON.

  • Cara Mengatasi Masalah Pengapian

Jika mobil Anda adalah mobil keluaran tahun lama biasanya terdapat “cuk” dekat setir bagian kanan bawah. Misalnya pada mobil panther saya, terdapat cuk di bagian kanan bawah dengan knob putar. Setelah, RPM mesin Anda naikkan, tahap berikutnya adalah cabut satu persatu kabel busi dengan hati-hati. Awas! Jangan terlalu kasar ya Anda, hal ini untuk mencegah adanya kebocoran kabel busi. Karena jika kabel busi ini bocor tegangan akan membuat Anda terlonjak kaget.

Nah, hal yang perlu Anda perhatikan adalah pencabutan busi. Jika saat busi dicabut RPM tidak turun maka businya mati. Namun jika saat busi dicabut ada lonjakan sedikit dari RPM maka businya baik-baik saja. Selain itu, Anda perlu nih untuk tahu warna busi agar Anda nantinya bisa cepat mengetahui apa yang terjadi dengan busi pada mobil Anda.

  • Ciri-ciri Busi Sudah Tidak Layak Pakai

Jika busi berwarna coklat maka busi perlu diganti karena sudah mendekati batas masa pemakaian. Namun jika busi berwarna kuning atau kemerahan maka bisa dipastikan berasal dari hawa panas yang berlebihan, tentunya diikuti dengan timbulnya pendingin mesin yang bermasalah seperti radiator. Sedangkan jika busi berkerak atau gosong maka terdapat kesalahan pada pengaturan bahan bakar, sebaiknya Anda melakukan pengecekan pada bagian bahan bakar, seperti filter bahan bakar, saluran bahan bakar dan pompa bahan bakar, bisa jadi ada yang bocor.

Jika busi terlihat seperti meleleh maka ada kebocoran pada mesin dan kompresi mesin. Ada kerak pada kepala busi menandakan pengaturan bahan bakar yang buruk sehingga seat klep bocor dan busi menjadi kemasukan oli mesin. Terakhir jika busi terlihat basah maka Anda perlu melakukan pengecekan pada timing pengapian dan ada baiknya Anda mengganti bahan bakar minimal pertalite.

  • Masalah pada Lubang Injektor

Mesin pincang juga dapat terjadi akibat lubang injektor yang mampet. Seperti yang Anda tahu injektor merupakan salah satu komponen dalam sistem EFI (baca: Electronic Fuel Injection). Fungsi injektor ini sendiri adalah mendistribusikan atau menyebarkan bahan bakar dalam bentuk kabut sehingga memudahkan percampuran udara dengan bahan bakar.

Baca Juga : Jenis Freon AC Mobil

Nah, injektor ini membutuhkan bahan bakar bertekanan, bersih dan sesuai dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan ruang bakar. Agar injektor dapat menyemprotkan kabut dengan maksimal kan pasti membutuhkan lubang yang bersih, jika lubang injektor ini tidak bersih atau tersumbat kotoran maka dapat dipastikan mesin pincang.

  • Cara Mengatasi Masalah Lubang Injektor

Nah, lubang injektor ini sendiri memang memiliki jumlah lubang yang bermacam-macam, Anda. Ada lubang injektor yang memiliki 2 sampai 12 lubang pada satu injektor. Untuk mengatasi lubang injektor yang kotor Anda bisa membersihkannya memasukkan cairan Carbon Cleaner ke dalam tangki bahan bakar. Sehingga diharapkan cairan ini akan terbawa nanti bersama bahan bakar saat proses pembakaran terjadi. Cara ini adalah cara yang paling praktis dan efisien, karena selain dapat membersihkan lubang injektor, cairan ini juga dapat mengurangi endapan karbon pada intake dan ruang bakar. Jadi, seperti setali tiga uang gitu, Anda.

Dokter Mobil, Bengkel yang Tepat Untuk Permasalahan Mesin Mobil Anda

Mesin pincang pada mobil Anda memang tidak bisa dianggap sepele. Apalagi, jika mesin tersebut sampai mengganggu kenyamanan berkendara dari Anda sekalian. Maka dari itu, jika Anda mengalami mesin pincang, ada baiknya Anda membawanya ke Dokter Mobil terdekat ya. Kenapa saya mereknomendasikan Dokter Mobil? Karena Dokter Mobil sangat terpercaya dan namanya sudah terkenal di kalangan pecinta otomotif seperti Anda dan saya. Jadi kapan ke Dokter Mobil?

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *