Posted by Mekanik Juan Masalah dan Solusi Mobil

Mengapa Mobil Bau Bensin? Intip Penyebab Umum dan Solusi

Mengapa Mobil Bau Bensin? Intip Penyebab Umum dan Solusi

Bagaimana rasanya berkendara diselimuti bau bensin menyengat pada kabin mobil? Mau tidak mau anda harus mengenakan masker ketika berkendara. Fokus berkendara menjadi buyar hingga memecah konsentrasi. Kini anda menjadi bertanya-tanya apa yang menyebabkan mobil bau bensin ?

Mobil bau bensin terjadi bukan tanpa sebab. Bisa saja terdapat komponen yang rusak dan harus segera mendapatkan penanganan tepat agar tidak merembet ke lainnya. Apa saja penyebabnya? Selengkapnya simak uraian dibawah ini;

1. Tangki Bensin

Penyebab pertama ialah coba anda cek pada tangki bensin. Bisa jadi anda kurang menutup dengan sempurna atau lupa tertutup. Bisa juga dipicu oleh komponen yang sudah mengalami kebocoran seperti pompa, selang, ataupun filter bensin yang sudah bermasalah.

Jika gejala ini anda alami saat berkendara, sangat disarankan untuk menepikan mobil ke terlebih dahulu ketempat aman dan segera matikan mobil. Jika terus dinyalakan, maka dapat beresiko terjadi ledakan hingga kebakaran.

Maka dari itu, baiknya anda memanggil teknisi panggilan atau mencari bengkel terdekat. Jangan lupa sampaikan keluhan pada mekanik agar mekanik membawa alat tepat untuk menangani kerusakan mobil anda.

Jangan panik, anda dapat medeteksi kebocoran bensin dengan menghidupkan mesin. Lalu amatilah selang, filter bensin hingga rotaknya. Umumnya ialah selang bensin yang bermasalah yang sudah kaku dan retak karena umur pakai.

Intip Yuk : Pasti Belum Tahu! Ini Loh Penyebab Mobil Boros Bensin

2. Karburator Sudah Bermasalah

Selanjutnya, penyebab mobil bau bensin dapat dicurigai part kaburator yang sudah bermasalah. Hal ini juga menjadi penyebab mobil susah distarter. Ini penyebabnya!

Komponen karburator bermasalah bisa disebabkan oleh pengaturan yang kurang tepat sehingga membuat campuran antara bensin dan udara menjadi tidak homogen. Kerusakan apapun yang terjadi pada karburator dapat membuat bensin dapat tumpah pada sisi karburator.

Jangan lupa untuk memeriksa baut-baut yang terdapat pada karburator, pastikan sudah terpasang dengan baik dan kencang.

3. Kerusakan Selang Bensin

Penyebab terakhir ialah bisa disebabkan dari selang bensin yang sudah rusak. Anda dapat mengecek bagian ini mengalami kebocoran atau tidak. Jika iya, maka segera ganti selang mobil anda. Anda dapat mengganti sendiri tanpa bantuan mekanik. Jangan lupa lakukan dengan hati-hati.

Nah itulah ulasan mengenai mobil bau bensin. Semoga bermanfaat untuk anda dan dapat dijadikan sebagai rujukan terpercaya anda. Baca artikel lainnya di Dokter Mobil solusi inspiratif permasalahan mobil anda.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button