Posted by Mekanik Juan Mesin Mobil

5 Penyebab Mobil Bergetar Saat RPM Rendah dan Solusinya

Ban Kurang Angin Bisa Menyebabkan Mobil Bergetar Saat RPM Rendah

Mobil bergetar saat rpm rendah sangatlah mengganggu dalam berkendara baik pada waktu perjalanan panjang atau juga perjalanan singkat. Ada beberapa hal yang menyebabkan hal ini terjadi.

Untuk membantu kamu mengatasinya, berikut sudah kami siapkan ulasan lengkap tentang penyebab serta solusi dari mobil yang bergetar saat RPM rendah. Mari kita simak artikel di bawah ini!

Batang piston menjadi bengkok

Batang piston adalah penghubung antara piston dengan poros engkol. Bayangkan kalau batang piston ini bengkok. Salah satu silinder akan membesar dan pembakaran jadi tidak seimbang. Dengan pembakaran yang tidak seimbang ini, mesin akan bergetar saat RPM menjadi rendah.

Biasanya penyebab batang piston membengkok adalah apabila mobil terendam air dan air masuk ke intake manifold. Jadi, kalau mobil bergetar setelah melewati banjir, kemungkinan besar penyebabnya adalah batang piston yang bengkok.

Engine mounting yang rusak

Setiap mesin yang dihidupkan akan menghasilkan getaran. Begitu juga dengan mesin mobil. Untuk meredam getaran ini, ada komponen yang bernama engine mounting. Fungsi dari engine mounting ini adalah untuk membalut mesin kepada frame yang ada, sehingga getaran tersebut bisa teredam. Komponen ini terbuat dari karet peredam khusus.

Nah, apabila engine mounting ini rusak, getaran yang dihasilkan oleh mesin tidak akan bisa teredam dengan baik. Akhirnya, mobil akan terasa bergetar saat dihidupkan dan saat RPM rendah. 

Untuk mengecek engine mounting, kamu bisa menggunakan senter supaya tampak lebih jelas. Kalau karet engine mounting sudah pecah alias rusak, satu-satunya solusi adalah segera menggantinya. Dengan demikian, engine mounting akan berfungsi kembali meredam getaran mesin mobil kamu.

Ban mobil tidak mulus juga menyebabkan mobil bergetar

Saat ban mobil tidak lagi mulus alis bergelombang, mobil kamu akan bergetar saat melewati jalanan. Baik saat RPM rendah atau tinggi, mobil tetap bisa menghasilkan getaran yang membuat tidak nyaman. Untuk itu, tetap periksakan kondisi ban mobil serta velg kamu. Pastikan velg tetap seimbang, agar getaran tidak terjadi dan malah mengganggu kamu selama menggunakan mobil.

Injektor tersumbat membuat mobil bergetar saat rpm rendah

Injektor memiliki fungsi menyemprot bensin ke dalam intake manifold, supaya bensin bisa langsung masuk menuju mesin mobil. Apabila injektor tersumbat, mesin bisa jadi pincang dan RPM mesin akan naik. Bukan hanya RPM yang naik, tapi hal ini juga menyebabkan getaran pada mobil kamu. Jadi, saat mobil bergetar, jangan lupa coba periksakan juga injektornya. Apabila tersumbat, kamu perlu segera mengambil tindakan untuk memperbaikinya.

Saat kamu ke bengkel untuk melakukan servis rutin, ingat untuk melakukan fuel injector cleaning. Tujuannya, supaya injektor mobil tetap bersih dan tidak ada yang menyumbat. Dengan begitu, kamu sudah mengantisipasi terjadinya kerusakan yang lebih parah pada mobil kamu.

Kanvas kopling aus

Berikutnya, penyebab dari mobil yang bergetar saat RPM rendah adalah karena kanvas kopling yang mulai aus. Hal ini bisa kamu ketahui ketika pedal kopling ada pada gigi dua atau satu, yang artinya RPM menjadi rendah. Kalau getaran terjadi pada kondisi ini, kemungkinan besar penyebabnya adalah kanvas kopling mobil kamu yang sudah aus.

Lihat Juga: Penyebab Mesin Mobil Bergetar

Tapi sebelum mengganti kanvas kopling, coba cek riwayat perjalanan kamu. Sudah lebih dari 30.000 KM dan kamu belum pernah mengganti kopling? Bisa dipastikan kanvas kopling mobil aus dan sudah saatnya kamu mengganti komponen penting ini.

Itulah lima penyebab mobil bergetar saat RPM rendah. Lakukan beberapa pengecekan yang telah dijelaskan di atas, supaya mobil kamu segera membaik dan bisa digunakan. Jangan lupa, tetap lakukan servis, untuk kondisi mesin mobil yang lebih awet.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *