Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil Masalah dan Solusi Mobil

5 Komponen Penyebab Mobil Bisa Distarter Tapi Tidak Nyala

mobil bisa distarter tapi tidak nyala

Apakah Anda pernah mengalami kondisi mobil bisa distarter tapi tidak nyala? Cobalah tenang, kondisi itu umum terjadi dan bisa diatasi. Satu hal yang penting, Anda tidak panik dan mampu menganalisa komponen-komponen mobil Anda sendiri. Karena itu, Anda perlu mengetahui komponen mana saja yang mengakibatkan kondisi mobil jadi demikian.

Mengatasi kondisi mobil yang bisa distarter tapi tidak nyala memang cukup membuat pusing. Apalagi jika semua komponen terkesan normal. Oleh sebab itu, tindakan pertama yang perlu dilakukan adalah mencari sumber masalah.

Komponen Penyebab Mobil Bisa Distarter Tapi Tidak Nyala

Ada beberapa komponen yang jadi masalah utama saat kondisi mobil bisa distarter tapi tidak nyala. Berikut daftar komponen penanggung jawabnya dan solusi untuk mengatasinya.

  1. Aki

Aki adalah komponen pertama yang sebaiknya Anda cek saat mobil bermasalah. Alasannya sederhana, karena aki adalah faktor utama sistem kelistrikan mobil Anda.

Tegangan aki bisa bermasalah karena daya yang dimiliki sudah lemah. Jika sudah begitu maka kemampuan aki untuk menghidupkan mesin mobil ikut melemah juga.

Lakukan pengecekan dan perawatan aki secara rutin. Bila aki baik-baik saja tapi mesin mobil masih tidak normal, Anda wajib melanjutkan ke komponen lainnya.

  1. Koil dan busi

Dua komponen ini sebaiknya diperiksa setelah pemeriksaan aki.

Fungsi koil adalah untuk menaikkan tegangan listrik untuk ke aki. Bila fungsi ini terganggu, maka akibatnya adalah penurunan voltase listrik yang diterima busi. Bila listrik yang diterima busi lemah, makan pijaran api yang dihasilkan busi juga ikut lemah.

Fungsi busi adalah untuk menghasilkan pijaran api bagi ruang bakar mesin mobil Anda. Bila busi mengalami gangguan, maka pijaran api tidak bisa dihasilkan. Artinya ruang bakar tidak bisa melakukan kerja yang semestinya.

Cek kedua kompone tadi dengan baik. Sebab, biasanya, pengguna kendaraan sering mengabaikan perawatan koil dan busi. Kebiasaan pengguna yang sering dijumpai hanya cenderung fokus pada perawatan aki saja.

  1. Sekring

Sekring adalah komponen kecil tapi vital bagi mobil Anda. Bila mobil bisa distarter tapi tidak hidup, sebaiknya Anda juga mengecek komponen ini.

Tidak perlu ke bengkel untuk mengecek sekring mobil Anda. Kemungkinan besar yang perlu Anda lakukan adalah mengganti sekring dengan yang baru.

Tapi bila analisis Anda mengatakan kondisi sekring mobil parah, Anda bisa menghubungi bengkel kepercayaan Anda untuk mendapatkan rekomendasi profesional.

  1. Karburator

Karburator adalah komponen penanggung jawab utama di ruang pembakaran mesin. Apabila komponen utama bermasasalah, maka sistem pembakaran juga ikut terganggu.

Karburator berfungsi untuk membakar bahan bakar dan dan udara. Bila krburator terganggu, rasio bahan bakar dan udara yang dibakar juga ikut terganggu. Sistem pembakaran juga ikut bermasalah.

Bila sudah begitu, sebaiknya yang Anda lakukan adalah mengecek dan membersihkan karburator. Apabila Anda ragu membersihkan karburator, serahkan permasalahan ini kepada bengkel kepercayaan Anda.

  1. Dinamo starter

Komponen lain yang ikut berperan membuat mobil bisa distarter tapi tidak nyala adalah dinamo starter. Fungsi komponen ini adalah untuk menjalankan gerak roda gila yang ada di dapur pacu.

Apabila fungsi dinamo starter bermasalah, roda gila juga ikut bermasalah.

Baca Juga : Suara Tek Tek Pada Mesin Mobil

Karena itu, Anda perlu ke bengkel untuk melakukan pengecekan dan perawatan dinamo starter. Atau Anda bisa merujuk ke spesialis dinamo untuk memperbaiki komponen ini.

Itulah lima komponen yang wajib Anda cek apabila menghadapi kondisi mobil bisa distarter tapi tidak nyala. Bila kelima komponen itu sudah Anda cek dan bersihkan tapi kondisi mobil tidak berubah, ada baiknya Anda menghubungi bengkel. Sebab ada kemungkinan mobil Anda mengalami kerusakan di beberapa komponen lain. Satu hal yang jelas, sebelum ke bengkel, cobalah analisa mobil Anda terlebih dahulu.

Tags:

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *