Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil Masalah dan Solusi Mobil

5 Cara Atasi Mobil Brebet saat AC Nyala & Penyebabnya

mobil brebet saat ac nyala

Mobil brebet saat AC nyala sering terjadi karena kurangnya perhatian pada pemilik. Oleh sebab itu, anda sangat perlu tahu artikel ini. Karena artikel ini akan membahas permasalahan umum yang sering ditemui oleh pengendara mobil dan saya juga akan memberikan solusi setiap permasalahan. Ayo kita simak bersama.

5 Sebab Mobil Brebet saat AC Nyala dan Solusinya

  1. Ada Masalah pada Setelan RPM 

Alasan mobil brebet saat AC nyala yang pertama ada pada setelan RPM. Jika mobil anda masih menggunakan sistem karburator bisa saja mesin menurun dikarenakan penyetelan RPM terlalu rendah pada posisi idle sehingga mempengaruhi putaran dan beban mesin. Solusinya, tentu anda harus melakukan penyetelan ulang terhadap RPM.

Caranya, yang pertama mengendurkan idle up memakai sekrup dengan AC tetap hidup, hentikan penyetelan ketika putaran sekrup tidak bisa lagi menurunkan RPM mesin. Setelah itu, cari sekrup pengaturan RPM mesin, putar sekrup sampai RPM mesin turun sekitar 500 atau sampai hampir mati. Kedua, mulai lakukan penyetelan sekrup idle (sekrup untuk mengatur campuran udara dan bensin). Memutar sekrup idle tersebut ke kiri secara perlahan sampai mesin hamper mati dan lakukan juga hal yang sama dengan memutarnya kearah kanan. Lalu putar perlahan untuk mencari RPM tertinggi, disarankan setiap setengah putaran berhenti untuk memperhatikan putaran mesin. Saat sudah tercapai, di titik itulah campuran bensin dan udara terbaik. Tapi hal ini hanya jika kondisi karburator dalam keadaan baik-baik saja ya, kalau dalam kondisi kotor atau tersumbat, atau sekrup rusak disarankan untuk diservis dulu karburatornya.

Nah, jika sudah mendapatkan titik terbaik percampuran bensin dan udara. Lanjutkan penyetelan RPM sampai putaran 700,800 atau 900 berdasarkan manual book. Kemudian setel sekrup idle up AC. Pada posisi ini AC dihidupkan ya, lalu stel idle up sampai RPM meraih 900 – 1000. Lalu coba anda matikan AC nya dan tes apakah RPM idle sudah lari ke RPM yang diinginkan atau belum.

  1. Ada Masalah pada Set Kompresor 

Alasan kedua mobil brebet saat AC nyala adalah setelan kompresor yang digunakan terlalu besar melebihhi standar yang ditentukan manual guide. Biasanya hal ini dapat terjadi karena kompresor yang digunakan bukan orisinal dari pabrikan atau merupakan komponen upgrade dan tidak cocok untuk dipasang di dalam mobil anda. Solusinya anda harus mengganti kompresor mobil dengan komponen yang sesuai standar dengan rekomendasi pabrikan.

Untuk itu saya berikan beberapa tips untuk membeli kompresor. Pertama, cek jenis kompresor yang cocok dengan kendaraan. Ada dua jenis kompresor yaitu jenis rotary dan jenis piston. Kedua, cek spesifikasi produk yang akan anda beli untuk itu anda perlu konsultasi dengan teknisi yang berpengalaman dan terpercaya. Ketiga, tanyakan pada forum aktif atau rekan komunitas, itu sebabnya anda perlu bergabung pada komunitas aktif otomotif. Keempat, cari tahu mengenai merk yang akan anda gunakan.

Hal ini juga berkaitan dengan kemudahan membeli spare parts nya, jangan sampai anda menggunakan merk yang sulit atau bahkan untuk membelinya saja harus inden minimal enam bulan atau setahun lebih. Tips terakhir, pastikan garansi yang diberikan serta tanyakan syarat dan kebijakan yang berlaku ya, jangan sampai nanti anda harus mengeluarkan kocek besar untuk barang yang sebenarnya murah.

  1. Ada Masalah pada Sirkulasi AC

Bukan hanya mesin yang memiliki masalah, bahkan sirkulasi AC juga bisa menjadi penyebab mobil brebet saat AC nyala. Komponen pada sirkulasi AC terdiri dari kondensor, evaporator dan saluran AC. Jika kondisi dari ketiga komponen ini kotor, bocor atau terhambat maka akan menyebabkan kerja kompresor menjadi lebih berat.

  1. Ada Masalah pada Filter Udara 

Penyebab paling umum mobil brebet saat AC nyala adalah kondisi filter udara yang kotor. Filter ini berfungsi untuk menyaring udara ke arah ruang bakar dan akan mempengaruhi kinerja mesin sehingga mesin tidak akan berjalan optimal karena ada sumbatan pada ruang pembakaran. Solusinya anda bisa membersihkan filter udara. Caranya dengan menyemprotkan kompresor angin bertekanan rendah ke arah filter udara.

Baca Juga : Penyebab Mesin Diesel Bergetar

Namun, jika filter udara terlalu kotor anda dapat merendam terlebih dahulu dalam larutan air dan sampo mobil selama lebih kurang 2 sampai 3 menit. Lalu bilas dengan air mengalir, lakukan berkali-kali sampai tidak ada kotoran. Kemudian keringkan dengan diangin-anginkan tidak dengan dijemur di bawah matahari. Bisa juga menggunakan kompresor bertekanan rendah ya. Anda bisa memasangnya lagi jika sudah benar-benar kering ya.

  1. Oli Terlalu Lama

Alasan terakhir mobil brebet saat AC nyala ini memang sepele tapi ternyata hal ini berdampak pada gas yang ngempos. Oli yang terlalu lama atau sudah lama tidak diganti membuat panas pada komponen mesin bertambah, sehingga kinerja mesin tidak optimal. Itulah sebabnya oli harus sering diganti. Cara menggantinya pun terbilang cukup mudah. Anda cukup membeli oli standar pabrikan dan filter baru. Siapkan wadah pembuangan oli, lalu buka tutup oli di kap mesin atas kemudian baru yang bawah menggunakan kunci. Tunggu sampai oli tidak menetes, sementara itu buka filter oli yang lama lalu ganti dengan filter oli yang baru. Jika oli sudah tidak menetes anda bisa melapnya dengan kain bersih lalu menutup lagi bautnya, terakhir anda isi oli yang baru. Mudah kan?

Mobil brebet saat AC nyala dan suhu panas diluar memang menjadi momok menakutkan bagi pengendara, selain karena mesin yang bekerja tidak optimal. Juga membuat mobil sering boros bahan bakar, itu sebabnya mesin dan kompresor AC perlu perawatan dan perhatian khusus. Sehingga tidak membuat kerusakan semakin banyak terutama pada komponen AC yang sering mengeluarkan uang berlebih untuk memperbaiki komponen AC.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *