Posted by Intan Mobil Masalah dan Solusi Mobil, Mesin Mobil

Review 6 Kelebihan dan 6 Kekurangan Mobil Diesel VS Bensin

Lebih Nguntungin Mana Pakai Mobil Diesel VS Mobil Bensin?

Masih bingung pilih mobil yang mana? Putuskan segera dengan mengadu mobil diesel vs bensin dari sisi performa dan hal lainnya. Dengan demikian, anda bisa mendapatkan mobil sesuai dengan idaman anda.

Namun demikian, tentunya setiap jenis mobil mempunyai keunggulan dan kekurangan masing-masing. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan tiap-tiap mobil, diharapakan dapat membantu anda dalam memilih dan memutuskan untuk menggunakan mobil diesel atau bensin.

Membandingkan Mobil Diesel vs Bensin Dari Berbagai Sisi

Membandingkan sesuatu tentunya harus adil. Membandingkannya dari berbagai sudut secara jujur. Dengan demikian, kelebihan dan kekurangan tiap-tiap pihak akan dapat dilihat secara utuh.

Untuk kasus mobil bensin dibandingkan dengan mobil diesel, ada setidaknya 6 hal yang bisa dibandingkan. Hal tersebut antara lain adalah dari sisi:

1. Harga

Bila dilihat dari jenis mesin, sudah pasti harga mobil diesel lebih tinggi dibandingkan dengan mobil bensin. Hal ini dikarenakan material mesin diesel harus lebih kuat, sehingga biaya yang dikeluarkan juga lebih besar.

Terutama pada bagian komponen kepala dan blok silindernya. Jika tidak menggunakan material yang kuat, mustahil mesin bisa bertahan dengan kompresi diesel yang cukup tinggi.

Kesimpulan

Jika anda memiliki dana yang kuat, memilih mobil diesel bisa menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Namun jika dana terbatas, tidak ada salahnya membeli mobil berbahan bakar bensin. Karena cukup banyak mobil bensin dengan performa yang sangat baik.

2. Bahan Bakar Mobil

Bahan bakar dari mobil diesel ialah jenis solar. Sedangkan mobil bensin sudah jelas memakai bahan bakar bensin.

Dalam mesin diesel, udara dikompresi terlebih dahulu dan bahan bakar disuntikan karena udara memanas saat dikompresi, sehingga bahan bakar menyala. Sedangkan mesin yang menggunakan bensin, bahan bakar dicampur dengan udara, kemudian dikompres dengan piston dan kemudian dinyalakan oleh percikan api dari busi.

Kesimpulan

Saat ini harga solar jauh lebih murah dibandingkan bensin. Selain itu, konsumsi bahan bakar mobil solar juga irit. Jadi jika anda sangat ingin menghemat pengeluaran dari sisi bahan bakar, mobil-mobil solar keluaran terbaru adalah pilihan terbaik.

3. Performa Mesin

Dari segi kekuatan, peforma mesin diesel lebih unggul dibandingkan mesin bensin. Apabila Anda memperhatikan truk dan bus di jalan, keduanya mampu berjalan dengan beban berat.

Selain itu, truk dan bus mampu menempuh perjalanan yang jauh dengan medan yang sebenarnya tidak mudah untuk dilalui. Sedangkan mesin bensin mempunyai keunggulan dalam akselerasi dan responsif.

Kesimpulan

Mobil diesel vs mobil bensin jika diadu soal performa mesin maka semua orang akan setuju pada ketangguhan mobil berbahan bakar solar (diesel). Oleh sebab itu, jika anda memiliki mobil untuk tujuan melintasi daerah dengan medan berat, atau sering membawa banyak barang, maka mobil diesel adalah pilihan terbaik.

Namun bukan berarti mobil bensin tidak bisa menjadi pilihan. Anda bisa memilih mobil bensin dengan syarat anda mengetahui berapa maksimal HP pada mobil tersebut.

4. Perawatan Mesin

Meskipun mesin diesel terlihat kuat dan tangguh, namun, cara perawatan tidak bisa sembarangan. Cara kerja mesin diesel dan sistem ruang pembakarannya yang lebih kompleks membuatnya mudah kotor. Maka pengecekan harus rutin dilakukan.

Kurangnya perawatan dapat menyebabkan kerusakan cukup serius pada mobil diesel. Misalnya mobil keluar asap putih, hilang tenaga, ataupun mengalami gejala sulit untuk distarter.

Lihat Juga: Cara Menghilangkan Asap Putih pada Mobil Diesel

Berbeda dengan mobil diesel, perawatan pada mobil bensin cenderung lebih sederhana. Dan biasanya biaya perawatannya jauh lebih murah.

Kesimpulan

Untuk anda yang ingin mobil dengan performa maksimal dan tidak rewel soal biaya perawatan, mobil bensin bisa menjadi pilihan terbaik. Namun berdasarkan daya tahan onderdil dan mesin, harus diakui mesin diesel jauh lebih awet.

5. Irit Bahan Bakar

Dilihat dari segi keiritan bahan bakar, mesin diesel terkenal dengan penggunaan bahan bakar yang sangat efisien. Bahan bakarnya yang minim ternyata dapat diolah menjadi tenaga yang maksimal. Tak hanya itu, harga solar lebih murah dibandingkan bensin.

Kesimpulan

Beberapa mobil bensin memang konsumsinya sangat irit. Namun bicara soal total pengeluaran bulanan untuk konsumsi BBM, ternyata mobil diesel jauh lebih hemat. Apalagi karena solar saat ini jauh lebih murah dibandingkan bensin.

6. Keamanan

Mobil diesel di era modern sudah dilengkapi teknologi canggih yang membutuhkan sistem kelistrikan yang memadai. Meskipun tahan terhadap banjir, sebaiknya pengemudi tetap waspada. Jangan menerjang banjir dengan kecepatan tinggi atau pecahan air bisa masuk ke dalam mesin. Usahakan Anda menggunakan gigi satu atau transmisi D1 untuk matic.

Berbeda dengan mobil bensin, komponen listrik di ruang mesin cukup banyak, ditambah adanya busi, electronic control unit (ECU), dan aki sehingga bisa berakibat fatal apabila kemasukan air.

Sifat bahan bakar mobil bensin termasuk yang mudah terbakar. Oleh karena itu, apabila ada kebocoran sedikit di selang bensin tentunya dapat membahayakan pengemudi mobil. Potensi mesin bensin terbakar lebih besar dibandingkan dengan diesel.

Kesimpulan

Sebenarnya dari sisi keamanan baik mobil diesel dan mobil bensin sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Tergantung pada fitur-fitur mobil yang disediakan oleh produsen. Oleh sebab itu, sisi ini dapat dikatakan imbang.

Demikianlah beberapa hal yang menjadi kelebihan dan kekurangan mobil diesel. Demikian juga beberapa hal yang menjadi kelebihan dan kekurangan mobil bensin. Semoga pembahasan mobil diesel vs bensin ini bermanfaat dan membantu kita semua dalam memilih mobil. Selamat berkendara.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button