Posted by Aditya Dokter Mobil Tune Up Mobil

Mobil Gak Bisa Distarter? Kenapa Ya? Simak Jawabannya di Sini!

mobil gak bisa distarter

Sebagai pemilik mobil tentu sering kali mengalami masalah pada kendaraan roda empat tersebut. Salah satu masalahnya adalah karena mobil gak bisa distarter. Keadaan ini bisa membuat Kamu panik apalagi jika dalam keadaan terburu-buru.

Namun, Kamu tak perlu khawatir karena di bawah ini akan kita bahas lengkap mengenai alasan dan juga cara mengatasi mobil tidak bisa distarter.

Beberapa Masalah Mengapa Mobil Gak Bisa Distarter

mobil gak bisa distarterHal pertama yang akan kita bahas adalah mengenai alasan mengapa mobil tidak bisa distarter agar nantinya lebih mudah memahami apa yang harus dilakukan, yaitu sebagai berikut:

  1. AC yang Belum Dimatikan

Penyebab pertama yang mungkin bisa terjadi adalah kamu lupa belum mematikan AC pada saat mematikan mobil sebelumnya. Penyebab ini sering terjadi pada mobil-mobil yang sudah lumayan tua.

  1. Koil Terlalu Panas

Penyebab yang kedua, bisa jadi koil terlalu panas. Suhu yang terlalu tinggi bisa jadi pertanda adanya suatu kerusakan pada mesin mobil kamu sehingga sangat sulit distarter.

  1. Busi Tua dan Kotor

Penyebab yang selanjutnya dan yang sering terjadi adalah karena busi yang sudah tua dan kotor.  Hal ini sering kali membuat mobil sama sekali tidak bisa distarter dan membuat panik.

  1. Aki Soak

Yang sering terjadi selanjutnya adalah karena aki soak atau aki yang sudah seharusnya diganti. Tegangan listrik pada aki sudah tidak ada sehingga untuk memulai menyalakan mesin pun akan sangat sulit.

  1. Adanya Sumbatan Bahan Bakar

Adanya sumbatan pada aliran bahan bakar ternyata juga bisa menyebabkan mobil tidak bisa distarter. Biasanya penggunaan bahan bakar oplosan bisa menjadi penyebabnya.

  1. Dinamo Starter Mengalami Masalah

Dan paling utama adalah dinamo starter itu sendirilah yang ternyata mengalami masalah atau kerusakan.

Cara Mengatasi Mobil Gak Bisa Distarter

Setelah mengetahui apa saja alasan mobil tidak bisa distarter maka saatnya kamu mengetahui bagaimana cara mengatasinya, yaitu sebagai berikut:

  1. Matikan AC

Jika penyebabnya adalah AC yang masih nyala maka sebaiknya Kamu matikan terlebih dahulu AC dan coba starter mobil Kamu kembali.

Apabila Kamu merasa sangat kepanasan jika tidak ada AC, bisa sementara dibuka dahulu jendela mobil agar ada udara yang masuk. Jika masih tidak nyala mungkin ada masalah lain seperti yang akan dibahas selanjutnya.

  1. Cek Suhu Koil

Berikutnya, untuk masalah koil yang terlalu panas sebaiknya Kamu mengecek suhunya terlebih dahulu. Jika suhunya terus tinggi bisa merusak komponen yang ada.

Oleh karena itu, Kamu bisa memanggil teknisi datang ke rumah untuk melakukan penggantian komponen atau jika Kamu bisa sendiri maka dapat Kamu lakukan dengan membeli komponennya.

  1. Ganti atau Bersihkan Busi

Apabila masalahnya adalah karena busi yang kotor dan tua maka sebaiknya Kamu segera mengganti busi atau membersihkannya. Jika Kamu menyadari bahwa busi mobil sudah tua sebaiknya ganti saja busi tersebut.

 Namun, jika sudah diganti tetapi kotor sebaiknya segera bersihkan busi agar nantinya bisa digunakan dengan baik dan mobil bisa distarter lagi.

  1. Periksa Kondisi Aki

Berikutnya, periksa kembali kondisi aki pada mobil kamu. Pastikan tegangan listriknya masih aktif. Jika aki sudah soak pastinya tidak akan bisa digunakan untuk starter mobil. Pastikan aki mobil dalam keadaan yang baik.

Jika Kamu menggunakan aki basah cek juga level airnya. Jika memang bermasalah dan kamu tidak bisa melakukan perbaikan sebaiknya segera panggil teknisi.

  1. Periksa Fuel Pump

Jika masalahnya adalah aliran bahan bakar yang tersumbat maka cek kembali fuel pump-nya. Biasanya yang menandakan jika adanya masalah pada aliran bahan bakar ini adalah mesin yang sangat panas.

 Biasanya untuk memastikan baik tidaknya fuel pump bisa kamu lihat di layar MID atau Multi Information Display yang ada di dashboard mobil dekat dengan spedometer.

  1. Lakukan Servis Rutin

Terakhir, yang paling penting untuk mengatasi dan juga mencegah mobil tidak bisa distarter adalah lakukan servis secara rutin. Kebanyakan masyarakat berhenti servis jika layanan gratisnya sudah tidak ada.

Tentu hal ini akan membahayakan kamu dan juga penumpang di dalamnya. Karena dengan servis, semua komponen akan dicek dan diganti jika memang rusak.

Baca Juga : Sejumlah Penyebab Mobil Boros serta Solusinya yang Wajib Anda Ketahui

Itu dia beberapa hal yang harus kamu ketahui mengenai mengapa dan bagaimana cara mengatasi mobil gak bisa distarter. Jangan lupa untuk selalu melakukan servis mobil agar tidak ada kerusakan yang membahayakan kamu dan para penumpang yang ada di dalamnya.

Mobil Sudah Waktunya Untuk di Service ke Dokter Mobil 

Rekomendasi bengkel yang bisa melakukan check up detail mobil anda ialah di Dokter Mobil. Dokter Mobil memberikan pelayanan maksimal service dan tune up mobil anda. Pelayanan Dokter Mobil tidak diragukan lagi, mereka selalu teliti dalam melakukan pemeliharaan mesin mobil para konsumennya.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *