fbpx
 
Posted by Mekanik Juan Tips menghemat bbm

Review | Apakah Mobil Grand Livina Boros? Ini Jawabannya

Banyak orang berkata bahwa mobil Grand Livina boros setelah beberapa bulan dipakai. Apa penyebabnya? Dan bagaimana cara mengatasinya? Artikel ini semoga menjadi jawaban untuk pertanyaan dan masalah yang sedang anda alami.

Pada dasarnya, setiap mobil setelah dipakai beberapa lama, pemakaian BBM nya akan mengalami perubahan. Menjadi lebih boros. Nah, hal ini sebenarnya bisa diatasi jika anda mengetahui apa penyebab utama dari masalah ini.

Penyebab Utama Mobil Grand Livina Boros Bahan Bakar

Sebenarnya, konsumsi bahan bakar pada mobil Livina tergolong standart. Tidak begitu irit. Namun juga tidak bisa dibilang boros. Namun setelah dipakai beberapa lama, penggunaan bahan bakarnya menjadi lebih boros.

Berdasarkan uji konsumsi bahan bakar, Livina ternyata sanggup untuk menempuh 30Km dengan mengandalkan 1 liter bensin (dalam kondisi tertentu). Dan mampu menempuh 12Km per liternya dengan penggunaan yang normal.

Namun beberapa hal dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar Livina hanya mencapai 6-9 Km per liternya. Apa penyebabnya? Ternyata penyebabnya cukup banyak, di antaranya adalah:

  1. Mobil Belum Mendapatkan Perawatan Tune UP yang Benar

    Karbon di beberapa komponen mobil seperti bagian injektor sangat mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Juga adanya kotoran baik di piston, throttle, EGR, maupun bagian katalitik.

    Sayangnya, tune UP di bengkel ATPM tidak membersihkan bagian seperti throttle, katalitik, EGR, dan komponen lainnya.

  2. Pemasangan Peralatan Elektronik yang Terlalu Banyak

    Semakin banyak peralatan elektronik di dalam mobil, semakin besar listrik dari mobil yang terpakai. Akibatnya, tenaga mobil akan terbagi dan berkurang. Hal ini menyebabkan konsumsi bahan bakar meningkat untuk mencapai tenaga mobil yang ideal.

  3. Oli Mesin yang Tidak Layak

    Alasan lain yang menyebabkan munculnya masalah boros bahan bakar adalah oli mesin yang sudah tidak layak. Bisa karena oli sudah lama tidak diganti, oli tidak sesuai untuk mobil Livina, atau jumlahnya berkurang.

    Untuk masalah oli mesin ini, silahkan menghubungi bengkel mobil yang tepat dan menyediakan oli mobil berkualitas dan sesuai dengan mobil anda.

Selain ketiga hal di atas, masih ada beberapa hal lain lagi yang menyebabkan munculnya masalah boros bahan bakar pada mobil Grand Livina. Untuk mendapatkan informasi penyebab yang lebih akurat, mengunjungi bengkel mobil yang tepat adalah solusinya.

Namun ada beberapa hal yang bisa anda coba untuk mengatasi masalah ini. Apa saja hal yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut?

Cara Mengatasi Masalah Boros pada Mobil Livina

Ada beberapa cara yang terbukti berhasil mengoptimalkan kembali konsumsi bahan bakar pada mobil Livina. Adapun beberapa cara tersebut antara lain adalah:

  1. Lakukan Tune UP Menyeluruh

    Dokter Mobil memberikan tune up secara menyeluruh, tidak hanya bagian atas, namun juga tengah dan bawah. Hal ini tentu sangat berbeda dengan ATPM yang hanya mentune up saluran bahan bakar, dan hanya menyemprot bagian atas saluran bahan bakar.

  2. Pasang Volt Stabilizer

    Konsumsi listrik yang begitu besar pada mobil tentu akan menyebabkan tenaga mobil berkurang. Namun dengan menggunakan volt stabilizer, tenaga mobil bisa meningkat tanpa perlu meningkatkan konsumsi bahan bakar. Adapun volt stabilizer yang disarankan adalah R Project, dan JS One.

Demikianlah beberapa informasi seputar apakah mobil Grand Livina boros bisa diatasi. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Jika anda memiliki pertanyaan lebih mendetail mengenai masalah ini, silahkan menghubungi Dokter Mobil. Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk membaca.

Tags: ,

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *