Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil masalah mobil

5 Penyebab Mobil Hidup Sebentar Lalu Mati Secara Mendadak

mobil hidup sebentar lalu mati

Salah satu kendala seperti mobil hidup sebentar lalu mati merupakan masalah yang tidak jarang dikeluhkan oleh banyak pemilik kendaraan. Jika ini adalah kali pertama, mungkin kamu akan berpikir bahwa bahan bakar telah habis. Namun saat melihat indikator nyatanya bensin masih cukup banyak, mengapa demikian?

Bagi yang awam pengetahuan tentang otomotif khususnya mesin mobil, masalah mesin mati tentu cukup mengkhawatirkan. Pada akhirnya, menghubungi mekanik atau bengkel terdekat menjadi jalan keluar terbaik.

Terlepas dari itu, akan jauh lebih baik jika Kamu mengenali apa yang menjadi pemicu terjadinya kendala tersebut. Meski Kamu tidak memiliki peralatan yang memadai, setidaknya wawasan terkait hal ini bisa menambah pengetahuan yang sangat berguna untuk penanganan pertama ataupun untuk perawatan mobil.

Penyebab Mobil Hidup Sebentar Lalu Mati Mendadak

  1. Kehabisan bensin

Meski indikator bensin menunjukan bahwa jumlah bahan bakar masih dalam batas aman, namun periksalah sesekali kondisi tangki bahan bakar secara langsung dengan membuka tangki. Kamu dapat menggunakan sebatang kayu untuk mengecek jumlah bensinnya. Jika memang bahan bakar benar-benar kosong namun indikator tidak memberikan informasi yang akurat, maka dapat dipastikan indikator mengalami masalah.

Selain itu, mesin mobil yang mati secara mendadak berasal dari tidak adanya asupan bahan bakar. Jika hal ini sering terjadi, bukan tidak mungkin komponen lainnya seperti injektor dan pompa bensin mengalami kerusakan

  1. Masalah pada alternator

Dinamo ampere atau lebih sering disebut dengan nama alternator merupakan komponen yang fungsinya untuk menyuplai aliran listrik menuju aki. Listrik yang dimaksud berasal dari perubahan energi gerak menjadi listrik. Dengan demikian, aki tidak akan menerima aliran listrik bila alternator mengalami masalah atau rusak. Kamu tentu tahu sendiri bahwa untuk membuat mobil berjalan normal diperlukan suplai tenaga listrik.

  1. Masalah pada starter mobil

Karena terus digunakan, ignition switch atau starter mobil memiliki resiko mengalami masalah atau rusak. Gejala paling umum dan sering dirasakan para pemilik mobil adalah mesin mati secara tiba-tiba saat sedang digunakan. Wajar saja, pasalnya sistem bahan bakar dan pengapian akan terganggu bila terjadi masalah pada ignition switch. Pada beberapa kasus, mobil masih dapat dinyalakan dan digunakan kembali dalam selang waktu tertentu tergantung seberapa berat masalahnya.

  1. Asupan udara dan sistem pengapian

Sebagai salah satu komponen yang menentukan baik tidaknya kinerja mesin, tidak dapat dipungkiri bahwa sistem pengapian merupakan vital dalam mesin mobil. Jika mesin mobil mati mendadak, kemungkinan koil sudah lemah atau aus sehingga tidak bekerja secara normal. Kamu juga dapat memeriksa sekring mesin karena bisa saja mengalami kerusakan atau putus yang akhirnya berpengaruh terhadap kinerja koil.

Selain sistem pengapian, sistem asupan udara pun turut menjadi biang masalah mesin mati secara tiba-tiba. Asupan udara yang tidak sempurna akan mengakibatkan mobil tersendat-sendat sebelum membuat mesin mati mendadak. Untuk kasus ini, Kamu dapat memeriksa beberapa komponen terkait sistem udara seperti air cleaner dan filter udara.

  1. Mesin overheat

Mesin overheat atau temperatur terlalu panas termasuk kendala yang cukup banyak ditemui pada kasus ini. Kurangnya perhatian dan perawatan air radiator biasanya menjadi alasan utama. Ada dua kemungkinan masalah yang terjadi pada radiator, yaitu kekurangan cairan dan kerusakan pada radiator. Jika kekurangan cairan, Kamu dapat mengisinya kembali dan melanjutkan perjalanan. Namun, bila memang terlanjur parah maka sebaiknya bawa mobil kesayanganmu ke bengkel terdekat.

Baca Juga : Cara Mengatasi Lampu Indikator Mobil Menyala Terus

Itulah beberapa penyebab mobil hidup sebentar lalu mati yang harus Kamu ketahui. Tidak ada salahnya untuk mengetahui akar permasalahan pada kendaraan karena dapat membantu untuk mengambil tindakan yang lebih tepat. Semoga tulisan ini memberikan banyak manfaat terutama bagi Kamu yang mengalami kendala serupa.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *