Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil Masalah dan Solusi Mobil

Cara Mengatasi Mobil Injeksi Brebet pas Lagi Nanjak

mobil injeksi brebet

Pernah ngga sih, Anda mengalami mobil injeksi brebet, apalagi pas lagi nanjak. Duh, sebel deh,alhasil turun lagi, turun lagi. Tapi apakah Anda pernah bertanya, kira-kira apa ya penyebab mobil saya brebet? Atau justru Anda malahan tidak tahu mengapa mobil Anda bisa brebet seperti itu? Tidak perlu panik, saya akan beri solusi di awal dan beri penjelasan di akhir.

5 Cara Mengatasi Mobil Injeksi Brebet

toyota service terdekat

  • Injeksi “Masuk Angin

Mobil injeksi brebet bisa dikarenakan pompa injeksi kemasukan angin. Hal ini bisa diakibatkan karena  sering terlambat mengisi bahan bakar ke dalam tangki. Karena tangki yang kosong otomatis akan terisi oleh angin, jika angin tersebut dipompa oleh pompa bahan bakar dan masuk ke pompa injeksi, maka pompa injeksi akan “Masuk Angin”.

Selain itu, injeksi bisa Masuk Angin karena adanya penggantian komponen pada sistem bahan bakar, sehingga beberapa parts seperti selang, pompa atau injektor dan filter bahan bakar perlu diganti. Dan pada saat pemasangan ada kemungkinan beberapa parts pemasangannya tidak sesuai sehingga ada yang tidak kencang.

Untuk solusi mobil injeksi brebet karena pompa injeksi Masuk Angin adalah harus mengisi bahan bakar sampai kondisi penuh atau setengah penuh. Lalu pastikan juga selang bahan bakar tidak mengalami kebocoran. Setelah itu, Anda dapat mengendorkan baut pada tabung sedimenter, setelah itu pompa sampai bahan bakar keluar bersama angin. Lakukan terus sampai bahan bakar tidak berbuih, jika sudah maka Anda dapat mengencangkan kembali bautnya. Jika, Anda sudah mengatasi masalah ini dan masih terjadi hal yang sama, maka perlu membawa mobil Anda ke Dokter Mobil terdekat.

  • Filter Bahan Bakar Kotor

Filter bahan bakar kotor juga bisa menjadi penyebab mobil injeksi brebet. Hal ini bisa terjadi karena sebelum bahan bakar disedot oleh pompa bahan bakar, akan melewati proses penyaringan yaitu melewati filter bahan bakar. Jika filter bahan bakar kotor maka bahan bakar akan tersaring sedikit demi sedikit. Logikanya, anggap filter bahan bakar seperti saringan air di rumah. Jika, saringan air di rumah mampet maka air yang turun juga akan ikut sedikit. Itulah sebabnya mengapa filter bahan bakar perlu dibersihkan.

  • Salah Satu Busi Mati

Penyebab mobil injeksi brebet berikutnya adalah busi mati. Busi bisa mati karena beberapa hal. Pertama karena ruang mesin basah akibat oli yang rembes. Oli yang rembes ini akan menutup dan menghalangi fungsi busi untuk memercikkan api. Akibatnya aliran listrik di busi terganggu dan merusak komponen lain seperti koil dan power transistor.

Selain itu, busi bisa mati juga karena konslet pada jalur pengapian. Misalnya karet pelindung pada kabel busi robek atau bocor maka akan membuat arus listrik yang seharusnya masuk ke busi menjadi langsung ke bodi mesin. Tentunya jika ini terjadi terus-menerus akan mempengaruhi kinerja busi dan membuat busi lebih cepat mati atau meninggal.

Alasan lainnya, busi dapat lebih cepat mati karena banyaknya volume bensin di ruang mesin. Bensin yang terlalu banyak akan membuat permukaan busi basah sehingga sulit bagi busi untuk memercikkan bunga api. Untuk itu, solusi untuk kondisi busi mati dan menyebabkan mesin pincang adalah dengan melakukan pengecekan pada bagian mana busi yang mati dan melakukan penggantian jika benar ada busi yang mati.

  • Sensor Kotor atau Berdebu

Pada beberapa mobil keluaran tahun ini biasanya terdapat beberapa sensor dan ECU sebagai pengatur output listrik, bahan bakar dan lainnya. Terkadang sensor bisa kotor dan berdebu. Sensor kan memiliki beberapa pin didalamnya, nah kalau pin tersebut berdebu atau kotor bisa memperlambat gerakan pembacaan yang dilakukan sensor. Sehingga perhitungan dari sensor ke ECU akan salah dan tidak optimal. Oleh karena itu, mesin injeksi bisa brebet karena sensor yang kotor.

Atau penyebab lainnya adalah adanya kerusakan di salah satu sensor bagian mesin mobil. Pada mesin injeksi terdapat sensor pengatur udara dimana sensor ini bekerja dengan memperhitungkan suplai udara dan bahan bakar. Jika satu saja sensor rusak, maka pembacaan akan salah dan pengeluaran yang dilakukan ECU juga akan salah sehingga bisa saja mobil injeksi brebet dan pengeluaran tidak optimal karena sensor atau ECU nya ngadat. Kalau sudah begini langsung ke Dokter Mobil ya.

  • Bahan Bakar Tidak Sesuai

Mobil injeksi brebet bisa karena penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai. Misalnya pabrikan merekomendasikan menggunakan bahan bakar pertalite. Namun karena  mengincar untuk harganya yang relatif lebih murah, Anda menggantinya menjadi premium. Penurunan kualitas bahan bakar, ternyata juga berpengaruh. Hal ini dikarenakan, mobil sudah memiliki ketentuan masing-masing untuk penggunaan bahan bakar.

Baca Juga : Tekanan Freon AC Mobil

Jika Anda, asal-asalan menggantinya bukan tidak mungkin mobil injeksi brebet dan malah merusak beberapa komponen permesinan. Jadi, hati-hati dalam memilih bahan bakar ya. Jika Anda ragu, Anda bisa bertanya pada dealer terdekat atau cek langsung pada buku manual mobil.

Penyebab mobil injeksi brebet memang sulit diketahui Anda. Kecuali  langsung datang ke Dokter Mobil. Di Dokter Mobil sudah dipastikan Anda akan dilayani dengan se- profesional mungkin dan dengan kualitas yang sangat baik. Selain itu, teknisi yang andal dan profesional akan membantu Anda menemukan solusi yang lebih tepat. Sehingga Anda akan merasa sangat worth it dan puas. Jadi kapan  ke Dokter Mobil?

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *