Posted by Intan Mobil Masalah dan Solusi Mobil, Mesin Mobil

Intip 5 Penyebab Umum Bikin Mobil Kia Jadi Gampang Mogok

penyebab mobil kia mogok

Mobil keluaran asal negeri korea pada tahun 2000an ini memang tergolong umur yang cukup tua. Tak heran jika mesin mobil Kia Visto menjadi sering mogok tiba-tiba di jalan. Ketahui hal penyebab mobil kia mogok lebih dalam.

5 Penyebab Umum Kia Visto Jadi Cepat Mogok

Faktor umur mobil dan pemakaian menjadi salah satu penyebab mobil kia visto menjadi cepat mogok dijalanan. Jangan sampai gejala cepat mogok menajdi merembet ke komponen mesin lainnya. Segera tangani dengan mengetahui penyebab selengkapnya dibawah ini;

1. Arus listrik menjadi turun ke terminal plus koil

Arus listrik turun saat ke terminal plus koil menghasilkan pembakaran tidak sempurna. Dapat dikatakan pembakaran tidak sempurna sebab percikan api yang dihasilkan sangatlah kecil atau bahkan tidak terdeteksi sama sekali.

Bagaimana cara mengatasinya?

Anda dapat periksa kabel distributor. Periksa apakah kabel sambungan sudah tersambung dengan baik. Jika masih belum menghasilkan percikan api, bisa jadi koil atau platina dalam keadaan rusak atau kotor.

2. Lemahnya arus listrik menuju aki

Aki merupakan sumber tenaga utama selain menghidupkan mobil juga menjadikan AC mobil dingin, lampu menyala, dsb. Jika aki sudah aus, maka anda wajib mengganti dengan yang baru.

Bagaimana jika aki masih dalam kondisi bagus?

Anda dapat menambahkan volt stabilizer pada aki anda. Caranya sangatlah mudah, cukup hubungkan kabel positif ke kutub positif, dan kabel negatif ke kutub negatif. Pentingnya volt stabilizer bertujuan untuk menstabilkan arus listrik yang melemah. Sebab itu disarankan menambahkan daya lainnya agar komponen mesin lainnya bekerja maksimal. Bebas mogok, jalan tetap ngacir..

Baca Juga : Ini Faktor Penyebab Aki Mobil Cepat Tekor dan Rusak

3. Alternator aus

Perlu anda ketahui bahwa komponen alternator memiliki fungsi mengisi arus listrik ke aki. Akibatnya jika alternator sudah aus maka aki kehabisan cadangan listrik hingga menyebabkan mobil menjadi mogok.

4. Karburator sedang bermasalah

Karburator tidak kalah penting dari komponen-komponen lainnya. Klep yang kotor atau terlalu rapat akan mengakibatkan pembakaran menjadi tidak sempurna.

Bagaimana cara mengatasinya?

Anda dapat mengatur klep dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh standar pabrik. Umumnya, tingkat kerenggangan berkisar 0,8 mm – 1 mm. Usahakan jangan terlalu rapat atau terlalu renggang.

5. Switcher starter sedang aus

Sepele namun dapat berakibat fatal. Ketahui switcher starter sering dianggap remeh oleh sebagian pengguna mobil saat pengguna mobil mulai mengaktifkan atau mematikan mesin kendaraannya.  Umumnya, kerusakan terjadi pada kabel yang renggang, logam kontaktor plus minus untuk menyambungkan arus listrik sudah aus sehingga tidak tersambung.

Bagaimana cara mengatasinya?

Cara terbaik ialah mengganti dengan yang baru. Namun bagaimana jika sedang berkendara ditengah jalan lalu mogok? Cara sederhana dan mudah yakni gunakan peniti atau kawat kecil yang tajam, kemudian sambung kedua kabel dengan peniti atau kawat kecil

Itulah ulasan tentang penyebab mobil kia mogok. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi oleh anda. Solusi terbaik ialah dengan service ke bengkel spesialis terdekat di kota anda. Hindari bengkel abal-abal sebab akan memperparahj kondisi mobil anda. Apapun Masalahnya, Dokter Mobil Pasti Beres.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button