fbpx
 
Posted by Mekanik Juan Masalah dan Solusi Mobil

Penyebab dan Cara Mengatasi Mobil Livina Ngelitik

Kenyamanan berkendara adalah segalanya. Namun masalah mobil Livina ngelitik kerap menyerang. Apa sebenarnya penyebab dan cara mengatasi masalah ini? Berikut ini kami jabarkan dengan lengkap. Semoga dapat menjadi informasi yang berguna untuk kita semua.

Sebelum mengetahui cara mengatasi masalah ini, ada baiknya kita tahu penyebab munculnya masalah ngelitik atau engine knocking ini. Dengan demikian kita bisa mengetahui dengan lebih baik cara perbaikan, dan cara mencegah kembalinya masalah ini.

Penyebab Mobil Livina Ngelitik

Ngelitik adalah salah satu penyakit yang kerap menyerang mobil Livina. Biasanya terjadi pada putaran mesin tertentu. Dan disebabkan oleh banyak faktor. Apa saja faktor tersebut?

Berikut ini adalah faktor penyebab terjadinya masalah knocking pada mesin mobil Livina, diantaranya adalah:

  1. Penggunaan Bahan Bakar yang Tidak Sesuai Rekomendasi

    Bahan bakar yang recommended untuk mobil Nissan Grand Livina adalah bahan bakar yang memiliki RON minimal 91.

    Semakin tinggi RON nya, akan semakin baik. Jadi jika mobil anda sering menggunakan bahan bakar kualitas Premium, tentunya wajar jika mengalami masalah ngelitik. Namun walaupun sudah menggunakan bahan bakar dengan RON lebih tinggi, masalah ngelitik masih bisa muncul.

  2. Penumpukan Karbon di EGR

    Exhaust Gas Recirculation atau EGR berfungsi sebagai sensor penyaring bensin yang tidak terbakar sempurna. Dengan adanya EGR, gas buang sisa pembakaran yang tidak sempurna di ruang bakar mesin tidak keluar melalui knalpot.

    Namun pada akhirnya karbon akan menumpuk di ruang bakar mesin. Menghasilkan pengendapan. Akibat dari hal ini anda akan merasakan piston Nissan bergetar. Dan muncul gejala ngelitik.

Jika masalah ini tidak segera di atasi, kenyamanan berkendara anda akan semakin terganggu. Pada tingkat yang lebih serius, dapat menyebabkan mampetnya pembakaran dan mogoknya mobil. Bahkan dapat menyebabkan jebolnya mesin.

Oleh sebab itu, masalah ini harus segera diatasi. Namun bagaimana cara memperbaiki Nissa Livina yang mengalami gejala ngelitik?

Cara Mengatasi Mobil Livina Ngelitik

Pada dasarnya masalah ngelitik di mobil Livina tidak bisa dihilangkan secara permanen. Hal tersebut karena adanya EGR pada sistem mobil. Selama ada EGR, masalah ngelitik bisa terjadi kapan saja.

Oleh sebab itu cara terbaik untuk mengatasi sekaligus mencegah ngelitik adalah dengan rajin melakukan Carbon Clean (Tune UP) secara berkala. Dengan melakukan Tune UP, karbon yang menumpuk di ruang bakar mesin bisa dibersihkan.

Tune UP biasanya dilakukan setiap 3-4 bulan sekali. Namun tune UP Dokter Mobil cukup dilakukan 1 tahun sekali. Selain itu, berbeda dengan tune up di tempat lain, Tune UP di Dokter Mobil membersihkan bagian atas saluran pembakaran, tengah, dan bawah. Dengan demikian, saluran pembakaran benar-benar bersih. Dan jauh lebih lama mencegah kembalinya ngelitik pada mobil Livina.

Bengkel Lain Dokter Mobil
Tune UP 3-4 bulan sekali Tune UP cukup 1 tahun sekali
Membersihkan bagian atas saluran pembakaran Membersihkan bagian atas, tengah, dan bawah saluran pembakaran
Menggunakan cairan tune UP biasa Menggunakan cairan tune UP produksi Jerman
Tidak ada garansi Bergaransi mengatasi masalah ngelitik

Demikianlah beberapa hal yang menjadi penyebab serta cara mengatasi masalah mobil Livina ngelitik atau engine knocking. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Tags: , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *