Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil masalah mobil

5 Faktor Penyebab Mobil Mati Mendadak Saat Berjalan

mobil mati mendadak saat berjalan

Memang betul, ketika mobil mati mendadak saat berjalan akan membuat siapapun yang menjadi pengemudinya pasti panik dan kebingungan. Tidak hanya panik dan bingung, namun juga pasti akan menjadi sangat pusing bagi yang tidak paham teknis mobil. Akhirnya, satu-satunya cara untuk mengatasinya yaitu menghubungi mekanik profesional untuk mengatasinya. Sebagai tindakan pencegahan, ada baiknya Anda mengetahui apa yang jadi penyebab mesin mobil mendadak mati ketika berjalan, diantaranya sebagai berikut:

Penyebab Mobil Mati Mendadak Saat Berjalan

  1. Habis bensin

Kasus yang satu ini sangat sering terjadi. Kadang-kadang, meski lampu indikator pada kabin menunjukkan batas aman, ternyata yang terjadi justru malah sebaliknya. Jadi, sebaiknya Anda tidak hanya percaya lampu indikator tetapi juga mencoba untuk mengecek langsung. Caranya mudah sekali, Anda hanya perlu memasukkan sebatang kayu ke tangki bensin. Jika bensin mobilnya mati, maka artinya mobil butuh asupan bensin agar bisa kembali berjalan.

Selain itu, hal-hal lainnya seperti pompa injektor yang mengalami kerusakan bisa buat aliran bensin tidak mengalir dengan baik ke mesin. Selain itu, selang-selang bahan bakar juga akan menimbulkan masalah yang sama. Maka dari itu, dicek lebih dulu sebelum membeli.

  1. Alternator alami masalah

Altenator merupakan bagian penting sebagai penyuplai listrik ke bagian aku, dimana caranya mengubah energi gerak jadi energi listrik. Pada saat komponen aki bermasalah, maka aki akan langsung tidak bisa isi. Itulah mengapa, ketika suplai kebutuhan tenaga listrik terpenuhi, maka aki akan berjalan ketika dirinya sangat kecil sekali.

  1. Starter mobil yang bermasalah

Biasanya karena terlalu sering digunakan, ada kalanya starter mobil (ignition switch) mengalami gangguan. Ketika salah satu indikator pada ignition switch rusak maka dapat dipastikan mesin mobil bisa tiba-tiba pada saat menyala. Hal tersebut disebabkan oleh adanya tenaga yang terdapat di bagian sistem pengapian dan bahan bakar terganggu. Namun di beberapa kasus, mesin kendaraan masih tetap bisa dinyalakan walau kerusakan di ignition  switch-nya parah.

  1. Terjadi Masalah di sistem pengapian dan asupan udara

Salah satu penyebab mobil mati mendadak saat berjalan yaitu adanya masalah pada sistem pengapian dan asupan udaranya. Sistem pengapian menjadi salah satu penentu kinerja mesin. Apabila sistem itu mati, maka akan membuat coil yang berada di dalam sistem tersebut akan melemah atau tidak bekerja dengan baik. Selain itu, Anda juga harus melihat sekring (10 ampere) untuk mesin, putus atau tidak, karena sekring berpengaruh pada kinerja coil.

Baca Juga : Standar Rpm Mobil Avanza

Sama halnya dengan sistem pengapian, sistem asupan udara juga memiliki peran krusial dalam proses pembakaran pada mesin. Apabila salah satu komponennya mengalami gangguan maka akan membuat asupan udara ke mesin jadi tidak maksimal.Komponen-komponen seperti filter udara, air cleaner, hingga boks air cleaner harus dicek ketika mobil Anda tiba-tiba mati mendadak saat berjalan.

  1. Mengalami overheat

Mesin mengalami overheat atau terlalu panas menjadi salah satu penyebab yang selalu ditemui ketika mobil mati mendadak. Hal ini terjadi karena pemilik mobil jarang sekali mengecek kondisi air radiator. Jika merasa air radiator kurang, anda bisa langsung mengisinya sendiri dengan cairan radiator yang anda beli. Tetapi jika overheating yang terjadi terlalu para, maka Anda harus minta bantuan mekanik profesional atau menghubungi bengkel langganan.

Dari lima penyebab mobil mati mendadak saat berjalan di atas, Anda bisa melakukan tindakan pencegahan agar hal-hal semacam itu tidak terjadi. Caranya yaitu melakukan perawatan mobil Anda secara rutin, mulai dari memeriksa komponen-komponen vital sampai ganti oli secara teratur. Supaya perawatannya maksimal, Anda bisa membawa mobil Anda langsung ke bengkel resmi agar ditangani oleh mekanik-mekanik profesional.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *