Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil masalah mobil

5 Penyebab Utama Mobil Matic Bunyi Saat Mundur

mobil matic bunyi saat mundur

Bila mobil matic bunyi saat mundur, maka Anda tak perlu panik. Sebab, bisa saja bunyi tersebut disebabkan macetnya tuas transmisi. Ya, mobil bertransmisi matic ini memang kerap mengalami kerusakan pada bagian transmisi. Umumnya, kerusakan tersebut dikarenakan kurangnya perawatan mobil hingga adanya faktor human error dalam penggunaan kendaraan.

Meskipun munculnya bunyi saat mobil matic saat mundur. Namun, Anda juga harus waspada dan dapat melakukan pengecekan ke bengkel terdekat apabila intensitas bunyi semakin kencang atau semakin sering dikala mobil matic dalam keadaan mundur.

Apa Penyebab Mobil Matic Bunyi Saat Mundur?

Penyebab munculnya suara saat mobil matic dalam keadaan mundur ini memang tidak dapat diprediksi. Sebab, penyebabnya pun cukup beragam. Namun, terdapat beberapa penyebab umum munculnya bunyi-bunyi tertentu saat mobil matic dalam keadaan mundur. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Bunyi Sensor Parkir

Penyebab munculnya suara saat mobil matic dalam keadaan mundur adalah adanya fitur sensor parkir yang dimiliki mobil tersebut. Memang, sensor parkir ini berfungsi sebagai “penanda” agar mobil tidak menabrak sesuatu saat diparkir.

Sensor parkir tersebut akan memunculkan bunyi “biiippp” apabila terdapat suatu benda di sekitar mobil. Jadi, Anda tak perlu khawatir apabila muncul bunyi tersebut saat mobil dalam keadaan mundur.

  1. Kurangnya Kadar Oli Transmisi

Apabila mobil matic milik Anda masih tetap bunyi, maka bisa jadi munculnya bunyi tersebut disebabkan adanya masalah pada komponen transmisi. Apabila komponen transmisi mobil Anda selalu dirawat secara rutin, maka sudah dapat dipastikan bahwa Anda tidak memperhatikan kadar oli transmisi mobil matic Anda.

Munculnya bunyi-bunyi tersebut disebabkan karena ada beberapa komponen yang aus akibat dari kurangnya oli transmis. Anda harus mengisi ulang oli transmisi mobil matic Anda agar bunyi-bunyi tersebut dapat diminimalisir.

  1. Kurangnya Kadar Oli Mesin

Kurangnya kadar oli mesin ini juga menjadi salah satu penyebab mobil matic bunyi saat mundur. Sebab, oli mesin ini berfungsi sebagai pelumas untuk melumasi segala komponen mesin mobil matic.

Termasuk komponen transmisi. Apabila kadar oli mesin mobil matic milik Anda dibawah kapasitas yang dianjurkan. Maka bukan tidak mungkin komponen mesin mobil mengalami aus atau berkarat. Hal inilah yang menjadikan mobil Anda selalu mengeluarkan bunyi saat posisi mundur.

  1. Perawatan Mobil yang Tidak Teratur

Munculnya suara pada mobil matic saat posisi mundur ini juga disebabkan oleh kurangnya perawatan mobil. Ya, komponen-komponen mesin mobil ini harus dibersihkan setidaknya 1 kali dalam kurun waktu 2 hingga 3 bulan.

Tujuannya adalah untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel dalam di beberapa bagian komponen mesin. Jadi, penyebab mobil matic berbunyi saat mundur ini juga dipengaruhi oleh keteraturan Anda dalam melakukan perawatan mobil matic.

  1. Kerusakan Pada Bagian Transmisi

Dan penyebab mobil matic kerap mengeluarkan bunyi saat posisi mundur ini adalah adanya kerusakan di bagian transmisi. Mobil matic ini memang kerap mengalami kerusakan pada bagian transmisi. Kerusakan tersebut dipicu oleh berbagai hal. Sehingga disarankan untuk mengecek mobil matic milik Anda ke bengkel terdekat.

Apabila transmisi mobil matic milik Anda mengalami kerusakan. Maka, biaya penggantian transmisi tipe matic ini membutuhkan biaya yang cukup mahal. Oleh sebab itu, lakukan perawatan secara berkala agar mobil matic milik Anda tidak mengalami kerusakan pada komponen mesin, termasuk pada bagian transmisi mobil.

Baca Juga : Cara Meringankan Setir Mobil Manual

Jadi, terdapat beberapa penyebab mobil matic bunyi saat mundur. Ada baiknya untuk langsung mengecek kondisi mobil matic milik Anda ke bengkel terpercaya. Sebab, munculnya bunyi atau suara saat mobil dalam posisi mundur ini dapat berakibat fatal bila tidak segera ditangani.

Nah, guna menghindari masalah tersebut. Ada baiknya bagi Anda untuk melakukan perawatan mobil matic secara berkala. Tujuannya adalah agar mobil tetap dalam kondisi prima dan nyaman saat Anda gunakan kala berkendara.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *