Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil masalah mobil

6 Penyebab Utama Mobil Matic Posisi D Tidak Mau Jalan

mobil matic posisi d tidak mau jalan

Memang ada banyak hal yang menjadi pemicu mobil matic posisi d tidak mau jalan hingga membuat Anda akhirnya kesusahan dan kebingungan. Tidak perlu kebingungan atau panik, karena semua permasalahan tersebut pasti tetap akan ada solusinya jika Anda tahu penyebabnya. Apa saja yang menjadi penyebab mobil Anda yang berada dalam posisi d namun tidak mau jalan? Simak penjelasannya berikut ini!

Penyebab Mobil Matic Posisi D Tidak Mau Jalan

  1. Terjadi slip atau loss di mesin

Penyebab pertama mobil matic Anda tiba-tiba tidak mau jalan, salah satunya akibat terjadinya slip atau loss di bagian mesin. Gejala semacam ini biasanya terjadi pada saat mobil dalam kondisi maju terjadi kegagalan ketika memindahkan gigi yang seharusnya bisa terjadi secara otomatis. Hal tersebut akan mengakibatkan mobil kehilangan tenaga dan mesin akan mengeluarkan bunyi meraung. Dimana kejadian ini akan sama seperti ketika Anda menekan pedal gas pada mobil manual saat menginjak bagian pedal koplingnya.

  1. Alami sendatan atau hentakan

Ketika mobil matic mengalami masalah di transmisi otomatisnya, maka akan terasa mesin mengalami sendatan saat perpindahan gigi pada saat mobilnya dalam posisi d. Akibat sendatan tersebut, perputaran mesin akan mengalami gangguan. Padahal di kondisi normal, perpindahan gigi bisa dilakukan secara halus meskipun terasa sedikit ayunan. Jika hal semacam ini terjadi, bisa mengakibatkan mobil Anda tiba-tiba mati dan bisa segera dibawa ke bengkel resmi untuk penanganan lebih lanjut.

  1. Mobil bergetar lalu mati

Masalah semacam ini memang sangat umum terjadi pada mobil yang mesinnya bertransmisi secara otomatis. Tidak hanya mengalami sentakan, tetapi mobil juga akan terasa bergetar ketika dalam posisi d lalu kemudian mati. Apabila Anda melakukan pengereman mendadak, maka akan membuat getaran semakin terasa.

  1. Giginya tidak bisa berpindah

Hal lainnya yang menyebabkan mobil matic posisi d tidak mau jalan yaitu giginya tidak mau berpindah ketika berada dalam keadaan transmisi otomatis. Biasanya, ketidakmampuan mobil matic untuk melakukan perpindahan gigi, seringkali diakibatkan oleh adanya kendala pada bagian switch di bagian transmisi. Kerusakan pada switch tersebut akan membuat gigi tidak bisa berpindah sehingga mobil akan tetap berada di mode parkir.

  1. Bagian tuas transmisi tidak bisa digeser

Penyebab lainnya mobil matic dalam posisi d tiba-tiba mati bisa diakibatkan oleh adanya kerusakan di bagian tuas transmisi atau perseneling. Terlebih lagi memang ada beberapa kejadian yang ketika tuas perpindahan tidak dapat digerakkan walaupun Anda membuka bagian knop pembuka kunci. Beberapa penyebab masalah itu terjadi kebanyakan karena switch rem yang tidak bekerja dengan baik sehingga membuat bagian-bagian lainnya mengalami kerusakan dan membuat mobil mati mendadak.

  1. Adanya masalah kelistrikan

Memang, tidak menutup kemungkinan meskipun jarang terjadi, masalah sistem kelistrikan akan berpengaruh pada sistem transmisi kendaraan dan buat mobil tidak bisa jalan. Ada banyak penyebab masalah kelistrikan di mobil, mulai dari aki yang sudah aus hingga modifikasi yang asal jadi. Untuk melakukan pengecekan lebih lanjut, Anda harus membawanya ke bengkel resmi.

Baca Juga : Mesin Mobil Brebet saat Digas

Memang untuk merawat mobil bertransmisi otomatis tidak mudah sehingga sering terjadi peristiwa mobil matic posisi d tidak mau jalan. Namun memang kebanyakan yang menjadi penyebab mobil matic mati tiba-tiba yaitu perawatan yang dilakukan kurang maksimal. Untuk menghindari hal semacam itu, maka disarankan untuk melakukan pengecekan secara berkala di bengkel resmi.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *