Posted by Mekanik Juan Uncategorized

Mobil Ndut Ndutan di RPM Rendah Maka Coba Cek Tiga Hal Ini!

Masalah Mobil Ndut Ndutan di RPM Rendah

Gejala mobil ndut ndutan di RPM rendah tentulah sangat mengganggu pengguna mobil. Masalah ini muncul umumnya karena jarang tune up. Namun bisa juga karena masalah di busi ataupun sistem bahan bakar.

Lalu, bagaimana cara menanganinya? Tentunya dengan terlebih dahulu mencari penyebab sumber masalah. Dari pada penasaran, yuk kita baca ulasan lengkap di bawah ini!

Penyebab Mobil Ndut Ndutan di RPM Rendah

Beda penyebab tentu akan beda juga solusi terbaik untuk mengatasi masalah ndut-ndutan ini. Oleh sebab itu sangat penting mencari sumber atau faktor utama yang menyebabkan mobil ndut-ndutan ketika ada di RPM rendah.

Suplai bensin yang bermasalah

Pertama, mobil ndut ndutan di RPM rendah bisa terjadi karena adanya masalah pada suplai bensin. Kenapa? Alasannya karena adanya penyumbatan pada saluran bahan bakar. Sumbatan ini bisa diakibatkan oleh kotoran, kerak, atau terjadi kebocoran. Kalau saluran bahan bakar sampai sumbat, suplai bahan bakar yang bisa masuk ke saluran pembakaran juga adi terhalang.

Bayangkan kalau bahan bakar tidak bisa disalurkan secara maksimal. Pastinya mesin akan naik turun. Seolah akan mati, lalu normal lagi. Kondisi inilah yang kita kenal dengan istilah mesin mobil brebet atau ndut ndutan.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu mengecek keberadaan filter bensin. Sering kali masalah terjadi pada filternya. Bagaimana cara membersihkannya? Bawa mobil ke bengkel kepercayaan kamu, lalu lakukan tune up saluran bahan bakar. Dengan begitu, filter dan saluran bahan bakar kamu akan dibersihkan secara menyeluruh.

Suplai udara bermasalah

Akar dari masalah suplai udara biasanya bersumber dari filter udara yang kotor. Membersihkannya cukup mudah. Filter udara hanya perlu disemprot dengan angin yang tekanan udaranya tinggi. Dengan begitu, kotoran-kotoran yang menempel akan lepas dari filter. Tapi kalau kondisinya sudah terlalu kotor dan tidak memungkinkan untuk tetap digunakan, jangan ragu untuk menggantinya dengan yang baru, ya. Hal ini untuk menghindari kerusakan yang lebih parah pada filter udara mobil kamu.

Selain filter udara, supai udara juga bisa bermasalah karena selang vakum yang bocor. Hal inilah yang menyebabkan mobil kamu menjadi ndut ndutan saat RPM rendah. Vakum yang bocor pastinya tidak bisa dibersihkan, bukan? Karena masalahnya bukan karena ada kotoran yang menempel. Solusinya hanya satu. Kamu harus ganti vakum yang bocor dengan vakum baru.

Masalah busi membuat mobil ndut ndutan di RPM rendah

Busi punya peran penting untuk proses pengapian. Kalau busi bermasalah, misalnya aus, percikan api akan keluar lebih kecil, atau mungkin tidak keluar sama sekali. Akhirnya, pengapian tidak akan terjadi. Hal ini bisa menyebabkan mesin mobil ndut ndutan, atau bahkan lebih parahnya lagi, mesin mobil sama sekali tidak bisa hidup. 

Untuk solusinya, kamu wajib mengecek kondisi busi. Kamu bisa mengecek kabel busi dengan OHM meter. Kalau kabel busi kamu memiliki hambatan >25, artinya masih bisa dipakai. Tapi kalau sudah <25, langsung ganti dengan yang baru, ya!

Lihat Juga: Mesin Mobil Brebet Saat Panas

Itulah tiga alasan mobil ndut ndutan di RPM rendah dan solusi yang bisa kamu terapkan. Tapi sebenarnya, sebelum masalah ini menghampiri kamu, ada langkah pencegahan yang bisa kamu lakukan, yaitu melakukan servis secara rutin.

Saat servis, pastikan kamu melakukan perawatan tune up dengan teratur, mengganti oli tepat pada waktunya, memilih oli yang sesuai dengan tipe mobil kamu, serta tidak menggunakan bahan bakar yang oktannya terlalu rendah.

Lebih penting lagi, pastikan kamu langsung membawa mobil ke bengkel ketika ada kerusakan kecil. Jangan tunggu sampai masalah lebih besar lagi, karena mengatasinya saat kerusakan masih kecil sangatlah bagus untuk kualitas mobil yang lebih awet!

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *