fbpx
 
Posted by Mekanik Juan Masalah dan Solusi Mobil

Masih Mau Mobil Overheat Saat Macet? Ini Cara Mengatasinya

Tiap hari persentase jumlah mobil overheat saat macet terus mengalami peningkatan. Bahkan mobil keluaran terbaru bisa saja mengalami overheat. Lantas apa solusi pencegahannya?

Sebenarnya overheat dapat dicegah dan diatasi. Bagaimana caranya? Beberapa informasi berikut ini dapat menjadi informasi yang dapat membantu mencegah dan mengatasi masalah overheat pada mobil.

Kok Bisa Mobil Overheat saat Macet?

Pada dasarnya mobil bisa overheat kapan saja. Saat dibawa melaju kencang, saat mengalami macet, atau bahkan beberapa saat setelah dinyalakan mobil bisa saja overheat.

Kebocoran Radiator Merupakan Penyebab Utama Mobil Overheat Saat Macet ataupun di Siang Hari

Adapun untuk kasus overheat ketika lalu lintas macet biasanya terjadi karena ada masalah di komponen seperti:

  1. Radiator Mobil

    Mobil overheat saat macet adalah gejala yang pasti terjadi ketika radiator mobil bermasalah. Radiator bermasalah ketika fan radiator tidak berfungsi, sirkulasi tidak lancar, dan coolant hanya menggunakan air biasa.

    Solusi
    Masalah pada radiator mobil sangatlah komplek dan beragam. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengecheck apa saja kendala pada radiator mobil anda. Penggantian part yang bermasalah wajib dilakukan. Penggunaan coolant berkualitas sebagai air radiator juga wajib dilakukan. Dan maintenance radiator harus dilakukan secara berkala.

  2. Oli Mobil

    Walaupun macet, namun mesin tetap menyala. Tetap ada gesekan antara logam. Dan biasanya mesin mobil lebih cepat panas saat macet. Karena saat macet dibutuhkan energi yang cukup besar untuk menggapai tarikan bawah. Celakanya, seringkali aliran oli mobil tidak lancar ketika mobil berhenti saat macet. Hal tersebut menyebabkan gejala overheat ketika mobil terjebak kemacetan.

    Selain aliran oli yang tidak lancar dan menyebabkan overheat, kurangnya oli juga menjadi penyebab overheat. Oleh sebab itu, penggantian oli wajib dilakukan secara berkala.

    Solusi
    Jika mengalami overheat di tengah jalanan macet yang diakibatkan masalah oli maka mobil harus ditepikan terlebih dahulu. Cobalah check dengan dim stick volume oli dan kualiatas oli mobil. Jika memang masalahnya di oli, segera pesan oli berkualitas baik di bengkel mobil terdekat.

  3. Part yang Tidak Kompatibel

    Penggunaan part yang tidak kompatibel dapat menyebabkan beban pada komponen lain mobil. Akibatnya mesin menjadi lebih cepat panas karena harus bekerja extra keras. Hal tersebut menyebabkan mesin mobil overheat saat macet.

    Solusi
    Pastikan untuk mengecheck part apa di mobil anda yang baru-baru ini dipasang. Cobalah check apakah part tersebut memang kompatibel atau justru dipaksakan dipasang. Tetap memaksa menggunakan part tersebut hanya akan menyebabkan masalah overheat ini semakin parah.

Selain karena hal-hal di atas, bisa jadi mobil anda yang overheat saat macet memang sebenarnya sudah overheat. Jadi overheatnya tidak hanya saat macet, namun juga saat berjalan di jalan raya yang cukup lengang.

Solusi Mencegah Overheat pada Mobil ketika Macet

Mencegah jauh lebih baik daripada harus mengobati. Mencegah terjadinya overheat jauh lebih baik daripada anda mengalami mobil mogok di tengah perjalanan.

Untuk mencegah terjadinya overheat ketika macet, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Adapun beberapa cara tersebut di antaranya adalah:

  1. Lakukan Maintenance Radiator

    Secara berkala radiator wajib dimaintenance. Dengan cara ini, resiko overheat baik saat macet ataupun saat ngebut bisa dihindari.

  2. Hindari Penggunaan Air Biasa Sebagai Radiator Coolant

    Masih banyak pemilik mobil yang menggunakan air radiator sebagai pengisi radiator. Padahal secara kemampuan pendinginan, air biasa sangat jauh dibawah coolant. Apalagi jika suhu mesin sudah berhasil di atas 100 derajat celcius, air biasa tidak mampu lagi mendinginkan mesin.
    Coolant yang Baik Dapat Dilihat Dengan Menggunakan Alat Canggih Bernama Refractometer
    Namun meski menggunakan coolant sebagai pengisi radiator, kualitas coolant tetap harus dicheck. Pastikan anda memang mengetahui kualitas coolant mobil anda. Refractometer adalah alat canggih yang biasa digunakan di bengkel mobil modern saat ini. Alat ini digunakan untuk mengecheck kualitas coolant mobil.

  3. Gunakan Oli dan Bahan Bakar Berkualitas

    Oli dan bahan bakar sangat mempengaruhi terjadinya overheat. Bahan berkualitas rendah dapat menyebabkan peningkatan resiko overheat. Sementara itu, penggunaan oli berkualitas sangat penting untuk memastikan pendinginan mesin lebih optimal.

  4. Check Tutup Radiator Mobil

    Meluapnya air radiator seringkali terjadi karena tutup radiator tidak berfungsi dengan baik. Oleh sebab itu, pastikan anda memasang tutup yang memiliki kerapatan yang sangat baik. Dengan demikian, kasus berkurangnya air radiator karena tutup yang tidak rapat bisa dihindari.

    Lihat Juga: Tips Memilih Tutup Radiator Mobil

Demikianlah beberapa hal yang menjadi penyebab utama mobil overheat saat macet serta cara untuk mencegah dan mengatasinya. Jika dirasa ada yang kurang lengkap atau hal yang ingin ditanyakan, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar di bawah ini. Atau dengan menchat langsung dengan menekan fitur chat di pojok kanan bawah.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *