fbpx
 
Posted by Mekanik Juan Masalah dan Solusi Mobil

Mobil Pincang Ternyata Berbahaya Bila Dipaksa Berkendara

Selain brebet dan ngelitik, nyatanya gejala mobil pincang juga kerap dikeluhkan oleh hampir seluruh pengguna mobil. Seperti halnya dengan manusia, performa mobil juga dapat menurun sebab perawatan yang diberikan tidaklah maksimal. Namun, sudahkah anda mengetahui lebih dalam definisi dari mobil pincang?

Pincang dapat dikatakan jika terdapat satu atau dua silinder yang tidak bekerja secara optimal yang berada dalam ruang pembakaran. Penyebab mobil pincang pun beragam, bisa disebabkan oleh koil mati, kabel busi rusak, maupun businya sendiri yang wasalam atau mati.

Ini Bahaya Mesin Pincang

Gejala mobil pincang ternyata berbahaya bila dipaksakan terus bekerja, sebab dampaknya berupa getaran hebat pada mesin sehingga muncul suara bising tertentu. Getaran inilah yang membuat beberapa komponen mesin mengalami kerusakan berimbas pada gasket atau paking mesin. Jangan dibiarkan pincang dalam waktu lama, sebab kinerja mesin terutama ruang pembakaran menjadi terganggu. Umumnya, mobil pincang disebabkan oleh koil dan busi.

Koil dan busi memiliki jumlah yang berbeda dalam tiap jenis mobil. Nah, ketahui ini. Jika salah satu part koil maupun busi yang sudah rusak, maka koil dan busi lainnya yang belum rusak menjadi bekerja lebih ekstra dalam menjalankan mesin. Inilah pemicu mobil pincang sebab keseluruhan elemen tidak dapat bekerja secara optimal.

Solusi Memperbaiki Mesin Pincang

Untuk memperbaiki gejala mobil pincang yakni mengganti koil dan busi yang rusak dengan part baru. Namun, alangkah baiknya bila anda mengganti koil dan busi secara keseluruhan, bukan hanya yang rusak saja. Hal ini dimaksudkan untuk menyeimbangkan performa agar part lama tidak kalah dengan part baru.

Eits, hal ini tidak berlaku untuk anda yang awam mobil. Sangat disarankan untuk membawa ke bengkel terdekat, sebab sangat beresiko bila anda bongkar pasang tanpa dipandu yang ahlinya.

Jangan Lupa Lakukan Perawatan Efektif

Agr mobil anda terhindar dari gejala mobil pincang, maka sangat disarankan untuk rajin melakukan perawatan tune up secara berkala, minimal 6 bulan sekali. Hingga saat ini, masih banyak pengguna mobil yang enggan melakukan perwatan tune up sebab tidak menyadari beragam manfaat yang akan dirasakan.

Manfaat melakukan tune up;

-Terhindar dari asap ngebul

-Bebas knocking (ngelitik), brebet, hingga pincang

-Tarikan lebih luwes atau enteng

-Bahan bakar efisien hingga 30%

Yuk mulai berikan perawatan terbaik untuk kendaraan kesayangan anda agar terhindar dari gejala pincang dan lain sebagainya. Jangan sampai kenyamanan berkendara terenggut hanya karena jarang servis tune up mobil.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button