fbpx
 
Posted by Mekanik Juan Masalah dan Solusi Mobil

Kesal Karena Mobil Sering Mogok Mendadak? Ini Solusinya

Ada berbagai macam penyebab mobil sering mogok saat digunakan. Selain muncul pada mobil tua, masalah ini juga bisa muncul pada mobil keluaran terbaru. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui apa penyebab masalah ini, dan apa solusi untuk mengatasinya.

Dengan mengetahui penyebab masalah ini, maka solusi terbaik pun bisa dicari. Pastikan untuk segera mengatasi masalah ini karena penundaan service hanya akan menyebabkan intensitas mogok menjadi lebih sering. Bahkan menyebabkan mogok yang lebih sulit untuk diatasi.

Penyebab Mobil Sering Mogok Mendadak

Banyak sekali hal yang bisa menyebabkan mobil anda kerap mogok. Beberapa terjadi karena masalah usia part, beberapa penyebab lainnya terjadi karena kesalahan dalam perawatan ataupun kesalahan penggunaan mobil.

Adapun hal yang kerap jadi faktor penyebab mobil sering mogok di antaranya adalah:

  1. Kelistrikan Mobil Bermasalah

    Sebelum Bepergian Jauh Kondisi Aki Mobil Perlu Dicheck Kelayakannya
    Sebelum Bepergian Jauh Kondisi Aki Mobil Perlu Dicheck Kelayakannya

    Masalah pada kelistrikan mobil bisa terjadi karena banyak hal. Namun biasanya terjadi karena aki mobil sudah tidak mampu menghasilkan kelistrikan yang cukup. Oleh sebab itu, pengecheckan kondisi aki perlu dilakukan secara berkala. Terutama saat hendak bepergian jauh.

  2. Ada Kendala di Sistem Bahan Bakar

    Tune UP Menjadi Solusi untuk Mengatasi Masalah-Masalah yang Terjadi di Sistem Bahan Bakar dan Sistem Pembakaran Mobil
    Tune UP Menjadi Solusi untuk Mengatasi Masalah-Masalah yang Terjadi di Sistem Bahan Bakar dan Sistem Pembakaran Mobil

    Macetnya suplai bahan bakar bisa menyebabkan terhentinya proses pembakaran. Dan tentunya menyebabkan mobil mogok karena tidak ada bahan bakar yang bisa diubah menjadi energi gerak. Banyak penyebab macetnya suplai bahan bakar ini. Bisa karena saluran bahan bakar kotor dan mampet, bisa juga karena pompa bahan bakar sudah lemah.

  3. Overheating

    Sebagai Salah Satu Penyebab Mobil Sering Mogok Maka Faktor Penyebab Overheat Harus Dihindari dengan Menggunakan Coolant yang Berkualitas Baik
    Sebagai Salah Satu Penyebab Mobil Sering Mogok Maka Faktor Penyebab Overheat Harus Dihindari dengan Menggunakan Coolant yang Berkualitas Baik

    Hal lain yang paling sering menyebabkan mobil mogok adalah terjadinya overheating. Kendala overheating ini disebabkan beberapa faktor seperti masalah di radiator, rusaknya kipas radiator, ataupun karena oli mobil sudah tidak layak pakai.

    Lihat Juga: Penyebab Utama Mobil Overheat dan Solusi Mengatasinya

Selain ketiga hal di atas, masih ada beberapa hal lain yang kerap jadi sumber masalah mogok pada mobil. Namun jika menjaga 3 hal di atas agar tidak terjadi, maka resiko mobil mogok mendadak di tengah perjalanan menjadi sangat minim.

Lantas bagaimana jika masalah mogok ini masih sering muncul? Apa solusi terbaik yang bisa dilakukan untuk mengatasi mobil yang sering mengalami mogok?

Mengatasi Mobil yang Rewel dan Sering Mogok

Ada cukup banyak hal yang kerap menyebabkan mobil jadi lebih sering mogok. Berdasarkan penyebab tersebut, kita bisa menentukan solusi yang paling tepat.

Adapun langkah-langkah yang jadi solusi untuk mengatasi mobil yang kerap atau sering mogok di antaranya adalah:

  1. Lakukan Pengecheckan Menyeluruh

    Penyebab mobil mogok kerap disebabkan oleh lebih dari satu faktor. Oleh sebab itu, pengecheckan menyeluruh wajib dilakukan untuk memastikan seluruh penyebab masalah teridentifikasi.

  2. Lakukan Penggantian Part yang Bermasalah

    Masalah mogok kerap terjadi karena masalah pada satu atau lebih part. Oleh sebab itu, part yang memang bermasalah wajib diganti. Menggunakan part bekas sebagai pengganti merupakan hal yang sebaiknya dihindari.

  3. Lakukan Perawatan Berkala dan Tune UP

    Mobil perlu dirawat dan ditune UP secara berkala. Dan memang kebanyakan mobil yang sering mogok memiliki histori “kurang dirawat dengan baik”. Oleh sebab itu, setelah pengecheckan dan penggantian part, tune UP wajib dilakukan untuk memastikan semua dalam kondisi seperti baru kembali.

  4. Bawa Mobil ke Bengkel yang Profesional, Jujur, dan Berkompeten

    Semua langkah di atas sebaiknya dilakukan di bengkel mobil yang memang profesional, jujur, dan memiliki kompetensi yang baik. Hindari sembarangan service dengan asal-asalan memilih bengkel mobil. Pastikan bengkel pilihan anda merupakan bengkel yang reccomended, dan memiliki reputasi serta pengalaman mumpuni.

Setelah masalah di mana mobil anda kerap mogok secara mendadak telah teratas, pastikan untuk secara rutin mulai merawat mobil. Karena masalah mogok ini bisa kembali terjadi jika perawatan rutin tidak dilakukan. Adapun perawatan rutin yang wajib dilakukan adalah dengan mengganti oli, melakukan tune up, dan check berkala.

Demikianlah beberapa hal yang menjadi penyebab mobil sering mogok dan solusi untuk mengatasinya. Semoga bisa membantu anda mengatasi masalah ini. Jika ada hal yang perlu ditanyakan, silahkan untuk langsung menanyakan langsung melalui kolom komentar di bawah ini. Atau dengan menekan tombol chat yang ada di sebelah kanan bawah.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *