Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil Masalah dan Solusi Mobil

4 Penyebab Mobil Tersendat Saat Akselerasi, Simak Ulasannya!

mobil tersendat saat akselerasi

Dari sekian banyaknya kendala, mobil tersendat saat akselerasi merupakan salah satu masalah yang sering dialami pemilik kendaraan. Kendala ini juga tidak memandang jenis mobil, pasalnya mobil bermesin injeksi maupun non injeksi kerap mengalami masalah serupa. Oleh sebab itu, setidaknya Kamu harus tahu apa yang menjadi penyebab permasalahan mobil tersendat.

Ada beberapa hal yang bisa menjadi pemicu datangnya masalah ini. Jika itu terjadi kepada mobil kesayangan Kamu, maka segera atasi sebelum berimbas ke komponen lain pada mobil. Berikut ini adalah pemicu tersendatnya mobil saat digas.

Penyebab Mobil Tersendat Saat Akselerasi

  1. Bahan bakar tidak cocok dengan mesin

Bahan bakar yang tidak cocok atau tidak sesuai dengan mesin bisa menyebabkan mobil sering tersendat, terutama pada mesin injeksi. Biasanya, kompresi pada mesin injeksi memiliki perbandingan yang cukup besar, yakni 10 : 1. Atau dapat disimpulkan bahwa bahan bakar yang dibutuhkan semakin banyak jika nilai kompresi oktannya tinggi. Oleh sebab itu, sangat direkomendasikan untuk menggunakan BBM beroktan tinggi seperti pertamax.

  1. Masalah pada sistem injeksi

Salah satu masalah pada sistem injeksi yang sering menyebabkan mobil tersendat adalah mobil ‘masuk angin’. Membahas mesin injeksi, BBM yang biasanya digunakan pada mesin satu ini akan menyuplai tekanan pada ruang bakar. Tekanan bahan bakar bisa saja tidak stabil dan terganggu karena adanya gelembung udara pada sistem bahan bakar.

  1. Salah satu sensor mengalami kerusakan

Penyebab lainnya yang bisa membuat mobil tersendat adalah terjadinya kerusakan pada salah satu sensor, terutama sensor yang berhubungan dengan pengatur bahan bakar dan udara. Data yang diinput menuju ECU (Engine Control Unit) tidak akan berjalan dengan benar jika terjadi kerusakan pada salah satu sensornya.

Saat sensor rusak, suplai bahan bakar atau udara tidak akan tepat dan mengakibatkan mobil tersendat ketika digas. Kamu selaku pemilik mobil harus rutin memeriksa sensor tersebut apakah masih berjalan dengan lancar atau tidak sama sekali. Jika memang terjadi masalah, Kamu membawanya ke bengkel atau dealer resmi yang ada di Kota tempat tinggalmu.

  1. Throttle body dan filter bahan bakar kotor

Kamu tentu sudah tahu bahwa fungsi dari filter ini adalah sebagai penyaring bahan bakar agar tidak ada kotoran yang masuk ke ruang bakar. Jika filter ini kotor karena tidak diganti dalam jangka waktu yang sangat lama, maka bisa saja kotoran-kotoran tersebut menghambat aliran bahan bakar. Terhambatnya aliran bahan bakar inilah yang menyebabkan mobil Kamu tersendat saat digas. Oleh karena itu, Kamu harus rutin membersihkan filter bahan bakar atau menggantinya jika memang sudah terlanjur rusak.

Baca Juga : Penyebab RPM Turun saat AC On

Selain filter bahan bakar, kondisi throttle body yang kotor pun bisa memicu terjadinya mobil tersendat, terutama mobil yang menggunakan sensor APP (Accelerator Pedal Position). Mobil dengan sensor tersebut biasanya merupakan kendaraan dengan sistem drive by wire, yang memungkinkan pengiriman data ECU dan pembukaan gas agar katup menjadi lebih terbuka. Bila terdapat kotoran yang menumpuk di sekitar throttle body atau katup gas, pada akhirnya mobil akan tersendat saat akselerasi.

Nah, itulah beberapa penyebab mobil tersendat saat akselerasi yang harus diketahui. Sebaiknya tangani sesegera mungkin sebelum komponen lain pada mesin terganggu. Semoga artikel ini memberikan banyak manfaat khususnya bagi Kamu yang mengalami masalah serupa.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *