Posted by Aditya Dokter Mobil Uncategorized

Ketahui segini modal usaha bengkel mobil paling minimal

modal usaha bengkel mobil

modal usaha yang dibutuhkan untuk membangun bengkel mobil 

Bagi sobat otomotif yang memiliki modal usaha bengkel mobil pasti sobat sudah nggak tahan ingin buka usaha bengkel mobil ini iya kan. Namun tahu enggak sobat bahwa membuka usaha bengkel mobil sendirian itu sulit lho. Hal ini terkait tentang manajemen bisnis itu sendiri, Tentunya akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk mempelajari cara mengatur keuangan, mengatur SDM dan mengatur perijinan. Nah oleh sebab itu, saya berikan perkiraan berapa sih modal usaha bengkel mobil paling kecil. 

  • Biaya Sewa Lahan

Modal usaha bengkel mobil untuk sewa lahan memang beragam. Tentunya lokasi lahan ini bergantung pada seberapa dekat dengan jalan raya atau jalan besar, seberapa besar jalan penghubung antara jalan kecil dengan jalan besar, seberapa dekat dengan pemukiman penduduk seperti perumahan atau perkampungan. 

Selain itu, harga sewa lahan biasanya tergantung dari seberapa banyak bisnis di sebelahnya berjalan. Tentunya ini berpengaruh lumayan banyak. Jika di sebelahnya jarang ada bengkel mobil dan kebanyakan bisnis makanan, maka bisa sobat jadikan objekan untuk membangun usaha bengkel mobil ini. Apalagi jika di sebelah berdiri restoran terkenal, sobat bisa kerjsama untuk menyewakan lahan sebagai gantinya restoran dapat mempromosikan bengkel sobat. 

Untuk biaya sewa lahan berada pada harga 50 – 60 jutaan per tahun namun ada juga yang sampai 120 juta per tahun, misalnya di daerah Kelapa Gading Utara dan Jakarta Barat. Namun semua ini bergantung pada seberapa luas lahannya. Yang perlu sobat perhatikan adalah posisi dari lahan itu sendiri. Pilihlah lokasi atau lahan yang dekat dengan perumahan atau kampus ternama. Jangan memilih lokasi yang terlalu jauh dari pemukiman warga ya sobat apalagi yang letaknya tersembunyi atau istilahnya nyempil di ruko. 

  • Biaya Operasional

Modal usaha bengkel mobil khusus untuk biaya operasional memang harus sobat sisihkan. Apalagi tidak mungkin kan sobat melakukan semuanya sendiri, mengatur flow kas, lalu jika ada pelanggan datang sobat harus urus mesin lalu pelanggan harus antri karena teknisinya Cuma satu. Bisa-bisa pelanggan enggan datang lagi. Oleh sebab itu, biaya operasional perlu sobat otomotif sisihkan. 

Lalu untuk operasional apa saja sih yang perlu diperhatikan. Setidaknya fix cost seperti gaji karyawan, biaya listrik, biaya air minum dan biaya tak terduga. Untuk gaji karyawan sendiri tergantung Upah Minimum Kerja atau UMK di daerah sobat masing-masing ya. Karena tidak semua UMK di daerah itu sama, misalnya saja di daerah DKI Jakarta sendiri upah minimum dikenakan sekitar 3,7 juta sedangkan di kabupaten Karawang upah minimum dikenakan sekitar 4,8 juta. 

Biaya operasional lainnya seperti biaya listrik dan air yang setiap bulan harus bayar. Biaya ini juga disesuaikan dengan pemakaian. Jika sobat penasaran pukul rata saja sesuai dengan penggunaan di rumah sobat otomotif sehari-hari. Misalnya 3 juta per bulan untuk biaya listrik dan biaya air minum dan PDAM sebesar 2 juta, sedangkan untuk biaya lain-lain sekitar 5 juta. Jadi total modal usaha bengkel mobil khusus biaya operasional adalah 3,7 juta + 3 juta + 2 juta + 5 juta = 13,7 juta. Siapkan setidak 15 jutaan ya sobat otomotif. 

  • Biaya Peralatan

Untuk modal usaha bengkel mobil khusus biaya peralatan juga perlu sobat pikirkan karena ada berbagai macam jenis dan merk peralatan. Jika sobat ingin membeli yang dasarnya saja mungkin bisa melirik yang buatan cina, biasanya memang peralatan dan perlengkapan made in China lebih murah dibandingkan dengan buatan pabrik lain seperti Jerman atau Amerika. Namun tentu saja ada kekurangan dari barang cina yaitu mudah sekali untuk rusak atau masa pakainya yang tidak lama. Berbeda dengan produk buatan US atau Jerman. 

Nah, untuk peralatan sendiri sebaiknya sobat otomotif fokuskan pada alat pendukung yang inti dulu. Artinya yang langsung mendukung keberlangsungan pekerjaan teknisi seperti kunci-kunci, kompresor angin, gerinda tangan dan lain-lain. Estimasi biaya yang dibutuhkan biasanya berkisar antara 4 jutaan sampai 6 jutaan. 

  • Biaya Urus Izin usaha

Terakhir modala usaha bengkel mobil untuk izin usaha perlu sobat siapkan besar anggaran yang tidak sedikit ya. Hal ini dikarenakan pembuatan izinnya yang lumayan mahal. Selain itu, tentu saja karena berkaitan dengan pajak dan lembaga hukum ya sobat. Untuk biaya urus izin usaha lewat notaris pasti biayanya lebih murah dibandingkan mengurus sendiri. Estimasi biayanya sekitar 60 jutaan sampai 70 jutaan untuk SIUP dan pendirian nama perseroan terbatas. 

baca juga : Begini Cara Membuat Mesin Mobil Halus yang Benar dan Tepat!

yang bisa sobat dapatkan berada pada kisaran 100 jutaan. Namun, itu belum termasuk biaya sobat otomotif untuk renovasi interior bangunan ya. Belum juga termasuk biaya pemasangan AC, pembuatan ruang tunggu, sewa chiller dan lainnya. Jadi kalau kesemuanya mungkin bisa dikenakan sekitar 120 juta sampai 170 juta. 

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *