Posted by Mekanik Juan Turun Mesin

Ongkos atau Biaya untuk Turun Mesin Mobil Diesel

Ongkos atau Biaya untuk Turun Mesin Mobil Diesel

Rasa khawatir besarnya biaya turun mesin mobil diesel menyebabkan orang takut ke bengkel. Padahal, bisa datang untuk meminta estimasi biaya. Bisa jadi biaya turun mesinnya masih terjangkau. Atau bahkan beberapa bengkel bisa menangani tanpa harus turun mesin.

Ya, mencari tahu terlebih dahulu estimasi service sangatlah penting. Memang mobil diesel tergolong rewel jika sampai mengalami turun mesin. Banyak part yang harus diperbaiki ataupun harus diganti. Namun bisa jadi bengkel bisa memberikan solusi service tanpa harus turun mesin.

Keuntungan Tahu Estimasi Turun Mesin Diesel

Ada banyak keuntungan jika anda meminta terlebih dahulu bengkel mengecheck kondisi mobil anda, lalu mengestimasi biaya perbaikannya. Beberapa keuntungan tersebut antara lain adalah:

  1. Bisa Mempersiapkan Dana

    Rasa dag-dig-dug sering terjadi pada pemilik kendaraan ketika harus membayar biaya service. Namun jika anda sudah tahu estimasi ongkos service, maka rasa khawatir tersebut akan hilang.

  2. Menghindari Bengkel Mobil Nakal

    Ada beberapa bengkel mobil yang sengaja berbuat curang untuk mendapatkan omset yang lebih tinggi. Kecurangan yang dilakukan misalnya dengan memperbaiki part yang sebenarnya dalam kondisi  masih layak pakai.

  3. Memprediksi Kapan Turun Mesin Mobil Diesel Bisa Selesai

    Turun mesin bisa memakan waktu 1 hari sampai beberapa minggu. Tergantung pada tingkat kerusakan, ketersediaan spare part, dan kondisi bengkel. Dengan adanya estimasi, anda bisa tahu kapan mobil selesai service. Dengan demikian, anda tidak perlu berlama-lama menunggu tanpa kepastian.

Lantas berapakah biaya yang ideal untuk melakukan service turun mesin untuk kendaraan kesayangan anda?

Estimasi Biaya Service untuk Turun Mesin Mobil Diesel

Pada dasarnya setiap bengkel mobil memiliki estimasi biaya yang berbeda-beda. Bahkan antara mobil yang satu dengan mobil lainnya biayanya bisa berbeda. Ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya. Beberapa di antaranya:

  • Perbedaan Harga Spare Part Pengganti

    Ada beberapa mobil diesel yang spare part mesinnya tergolong murah dan mudah dicari. Jadi anda bisa mendapatkan tagihan yang tentunya lebih ringan.

    Namun ada juga mobil diesel yang harga sparepartnya selangit. Sudah begitu, bisa jadi spare partnya harus indent sehingga membutuhkan waktu lama agar turun mesin mobil diesel bisa dilakukan.

  • Perbedaan Kualitas Spare Part yang Diberikan

    Spare part dan komponen mobil terdiri dari banyak merk dan jenisnya. Ada yang otentik dari produsen mobil, ada yang replika, ada juga yang kualitasnya kurang bagus.

    Mana yang akan anda pakai di mobil tentu saja akan menentukan biaya turun mesin mobil nantinya. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk mendiskusikan biaya dan spare part apa yang akan digunakan sebagai pengganti sangatlah penting.

  • Jumlah Part yang Perlu Diganti saat Turun Mesin Mobil Diesel

    Semakin banyak part yang perlu diganti saat turun mesin akan menyebabkan semakin tinggi biaya yang diperlukan. Sudah tahu part apa saja yang biasanya diganti ketika turun mesin pada mobil diesel?

Berikut ini adalah beberapa komponen dan part yang kerap diganti saat turun mesin. Tidak semua part dan komponen yang tertulis di bawah ini perlu diganti, namun mengetahui rata-rata harga komponen ini penting agar estimasi mendekati harga bisa ditentukan:

Set Ring (ring piston)
Kisaran harga 1.729.187 1 1.729.187

Set BRGS (metal duduk)
Kisaran harga 933.932 1 933.932

Bearing Kit (metal jalan)
Kisaran harga 537.103 1 537.103

Bearing (metal bulan)
Kisaran harga 3.688.414 1 3.688.414

Gasket (cyl head)
Kisaran harga 1.159.593 1 1.159.593

Seal
Kisaran harga 208.193 16 3.331.082

Gasket, f/injr
Kisaran harga 54.087 4 216.348

Chain
Kisaran harga 2.848.146 1 2.848.146

Guide, tmg chain
Kisaran harga 774.496 1 774.496

Sprocket, cm/shf
Kisaran harga 828.845 1 828.845

Total dana yang sekiranya harus disiapkan: 16.047.144

Sementara itu untuk biaya jasa mekanik bervariasi. Mulai dari 5 jutaan, hingga 20 jutaan. Oleh sebab itu, negosiasi juga penting untuk dilakukan.

PERHATIAN

Biaya masih bisa lebih tinggi jika kerusakan mobil cukup parah. Misalnya mengalami water hammer sehingga seluruh piston perlu diganti. Jika hal itu yang terjadi maka biayanya bisa lebih dari 50 juta. Karena 1 pistonnya saja bisa 10 hingga 30 jutaan.

Lihat Juga: Water Hammer sebagai Penyebab Mobil Turun Mesin

Butuh estimasi biaya yang lebih akurat? Team Dokter Mobil siap memberikan jawabannya. Silahkan chat fitur live chat yang disediakan di pojok kanan bawah artikel ini.

Demikianlah estimasi harga atau biaya turun mesin mobil diesel yang sekiranya menjadi gambaran lengkap untuk anda. Semoga artikel ini membantu anda mempersiapkan budget dengan baik.

Tags: , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Konsultasi