Posted by Mekanik Juan Uncategorized

Gampang! Ternyata Ini Rahasia Penambah Tenaga Mesin Diesel

Tips Ampuh Penambah Tenaga Mesin Diesel

Kami akan bagikan rahasia penambah tenaga mesin diesel karena memiliki mesin bertenaga maksimal adalah impian pemilik mobil diesel. Terkenal sebagai mesin yang bandel dan berkekuatan kuda, ditambah lagi perawatannya yang sederhana, banyak pengguna mobil yang memilih mobil dengan mesin diesel. 

Mobil yang sudah bertenaga ini ternyata tenaganya masih bisa ditambah lagi! Nah, sekarang coba bayangkan, seberapa kuatnya mobil diesel milikmu nantinya. Pasti akan membantu kamu dalam beraktivitas sehari-hari yang menggunakan mobil.

Langkah Ampuh Penambah Tenaga Mesin Diesel

Lalu, bagaimana cara menambah tenaga mesin diesel? Di sini rahasianya. Langsung simak artikel tentang penambah tenaga mesin diesel di bawah ini, ya!

Bersihkan Filter Udara

Pertama, kamu perlu melakukan pengecekan terhadap filter udara mobil kamu. Pastikan kondisinya dalam keadaan bersih. Tujuannya, agar suplai udara yang masuk ke dalam mesin mobil kamu bisa dipastikan sudah bersih tanpa tercampur dengan partikel lain yang bisa merusak mesin mobil kamu. 

Kenapa kebersihan udara ini penting? Alasannya, apabila udara yang masuk ke dalam mesin memiliki kebersihan dan kuantitas yang tepat, pembakaran pada silinder mesin akan berlangsung dengan baik, sehingga tenaga yang dihasilkan juga semakin maksimal. Jadi, untuk menambah tenaga mesin diesel kamu, pastikan filter udara dalam keadaan bersih, ya

Langkah pertama yang bisa dilakukan kamu bisa membersihkannya dari debu-debu yang menempel. Tapi, kalau kondisinya sudah terlalu kotor dan sulit untuk dibersihkan, kamu bisa mengganti filter udara dengan yang baru.

Bersihkan Filter Solar

Kedua, pastikan filter solar dalam keadaan bersih. Filter solar berfungsi untuk menyaring bahan bakar yang masuk ke dalam mesin mobil kamu. Apabila filter dalam kondisi kurang baik, penyaringan bahan bakar yang akan diinjeksi ke mobil kamu juga akan kurang maksimal. 

Apabila bahan bakar yang masuk mengandung partikel-partikel lain, bukan hanya tenaganya yang tidak maksimal, tapi bisa merusak komponen yang ada di dalam mobil kamu. 

Jadi, pastikan kamu mengecek kondisi filter solar, ya. Sama seperti filter udara. Kalau tidak memungkinkan untuk dibersihkan lagi, kamu bisa membawanya ke bengkel dan menggantinya dengan filter solar yang baru dan berkualitas.

Lakukan Penyetelan Ulang pada Celah Katup

Jadikan mesin diesel semakin bertenaga, kamu perlu menyetel ulang celah katup atau klep. Seiring berjalannya waktu, dari tahun ke tahun kamu menggunakan mobil milikmu, tak bisa dipungkiri, posisi celah katup akan bergeser dan berubah dari pertama mobilmu dibeli. Untuk itu, kamu perlu melakukan penyetelan ulang seperti sedia kala. 

Kenapa penyetelan ini perlu dilakukan? Alasannya, karena celah katup memiliki fungsi yang penting. Fungsinya mulai dari mengatur udara yang masuk, tempat kompresi dan pembakaran, dan proses pembuangan sisa gas ke exhaust manifold. Fungsinya sangat banyak dan penting, kan? Kalau celah katup berada pada posisi yang kurang tepat, maka akan banyak aktivitas di dalam mesin diesel yang akan bekerja secara tidak maksimal.

Selain itu, celah katup yang tidak pas juga menyebabkan mesin jadi bergetar, menimbulkan suara berisik saat dihidupkan, serta penggunaan bahan bakar semakin boros. Hindari hal ini pada mesin diesel kamu, pastikan kamu melakukan penyetelan ulang setelah menggunakan mobil kamu beberapa lama, ya.

Setting ECU sebagai Penambah Tenaga Mesin Diesel Terbaik

Langkah selanjutnya yang menjadi solusi menambah tenaga mobil adalah dengan melakukan setting ECU. Ada 2 setting ECU yang telah terbukti berhasil. Langkah pertama adalah dengan melakukan remap. Langkah kedua adalah dengan melakukan piggyback Pro.

Pastikan untuk mencari bengkel spesialis remap untuk mendapatkan hasil settingan ECU yang tepat.

Nah, itulah tiga cara dan rahasia penambah mesin diesel. Jadikan mobil kamu yang sudah tua makin bertenaga lagi, jangan lupa terapkan tiga cara-cara di atas!

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *