Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil masalah mobil

5 Penyebab Pengapian Mobil Injeksi Hilang Yang Jarang Diketahui

pengapian mobil injeksi hilang

Pengapian mobil injeksi hilang memang cukup membuat kebingungan apalagi bagi para pemilik kendaraan yang yang tidak paham mengenai hal ini. Pengapian yang hilang tersebut seringkali terjadi tiba-tiba dan tanpa diduga sebelumnya. Bahkan, banyak terjadi juga tidak ada gejala aneh padahal mesin sebelum tiba-tiba pengapiannya jadi hilang terutama pada mobil injeksi.

Hal yang terjadi, biasanya saat mobil di-starter tiba-tiba busi tidak bisa memercikkan bunga api di ujungnya. Hal ini juga bisa terjadi pada keempat businya secara bersamaan meskipun jarang ditemukan. Tentunya, hal ini akan mengakibatkan tidak terjadinya proses pembakaran dan mesin tidak akan bisa menyala. Pastinya, akan sangat meresahkan anda selaku pemilik kendaraan, apalagi kalau kondisi kendaraan yang masih baru.

Faktor Penyebab Pengapian Mobil Injeksi Hilang

Ada banyak faktor yang menyebabkan  pengapian mobil injeksi hilang ini. Tentunya, butuh pemeriksaan yang lebih detail lagi karena mesin yang menggunakan sistem injeksi dan butuh scanner agar penyebab permasalahannya akan lebih jelas lagi. Pada umumya, beberapa penyebab pengapian mobil injeksi yang hilang tersebut adalah sebagai berikut:

  • Kerusakan Pada Sensing Blade

Penyebab pertama bisa jadi karena adanya kerusakan pada sensing blade. Komponen ini memiliki peranan penting dan bekerja bersama dengan crankshaft sensor. Sensing blade yang rusak ini dapat mempengaruhi siklus pembacaan data dan mengganggu komponen Engine Control Unit. Akibatnya, ECU akhirnya tidak bisa merespon data itu dan busi tidak mengeluarkan bunga percikkan api.

  • Kerusakan Angle Sensor

Penyebab pengapian mobil injeksi hilang selanjutnya bisa terjadi akibat kerusakan pada angle sensor. Komponen ini adalah sensor yang berfungsi membaca perputaran serta derajat putar di bagian crankshaft. Saat angle sensor ini mengalami kerusakan, ECU tidak bisa mendeteksi posisi piston silinder, dan sulit memulai silinder yang mana akan diberikan percikan bunga api. Akibatnya, sistem pengapian akan hilang.

  • Kerusakan Pada Power Transistor Unit

Penyebab selanjutnya bisa dari kerusakan pada power transistor unit. Komponen ini berfungsi mengatur waktu putusnya aliran listrik di bagian primary coil yang ada pada Ignition coil, saat ada instruksi dari ECU dan akhirnya tidak terjadi proses pengapian. Gejala kerusakan ini bisa terjadi di dari transistor yang menggembung, pin power transistor yang patah, socket yang rusak, serta kabel yang terputus.

  • Kerusakan Pada Ignition Coil

Penyebab pengapian mobil injeksi hilang selanjutnya bisa dari ignition coil yang rusak. Akan tetapi, umumnya hal tersebut tidak terjadi dalam waktu yang bersamaan. Kadang-kadang, hanya terjadi pada satu coil saja fungsinya hilang sehingga pengapian yang hilang tersebut hanya terjadi di koil yang yang mengalami dampak tersebut.

  • Harness Kabel Sistem Pengapian dan Socket Terputus

Hal berikutnya yang jadi penyebab hilang pengapian bisa disebabkan putusnya socket dan harness. Ini terjadi pada jalur pengapian di mobil. Kerusakan ini misalnya terjadi di bagian soket crankshaft atau camshaft ataupun di bagian join konektor yang tertuju pada power transistor unit. Untuk mengatasi hal ini perlu pengecekan lebih lanjut dengan memeriksa jalur pengapian memakai wiring diagram pada sistem pengapian.

Baca Juga : Semprotan Antivirus Untuk Mobil

Kesimpulannya, penyebab pengapian mobil injeksi hilang bisa beberapa macam. Mulai dari rusaknya sensing blade, angle sensor, power transistor unit, ignition coil, serta harness kabel sistem pengapian dan socket terputus. Dengan mengenali beberapa penyebab pengapian yang hilang tersebut, Anda bisa memberikan informasi juga kepada mekanik bengkel saat melakukan perbaikan, mengenai bagian mana yang dicurigai jadi sumber penyebabnya.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *