Posted by Mekanik Juan AC, Service AC Mobil, Tips merawat ac mobil

Penyebab AC Mobil Avanza Panas, Ini Sebabnya !

Penyebab AC Mobil Avanza Panas, Ini Sebabnya!

Secara umum penyebabnya adalah perawatan mobil yang tidak rutin, kalaupun rutin namun tidak menyeluruh misalnya fokus pada bagian mesin saja.

Kabin Filter dan radiator yang kotor akibat debu yang menumpuk juga dapat menjadi penyebab AC mobil menjadi kurang dingin. Oleh karenanya bila mobilitas pengguna kendaraan cukup tinggi, membersihkan kabin filter harus dilakukan minimal satu bulan sekali. Begitupun sebaliknya bila pengguna tidak terlalu sering bepergian menggunakan kendaraan, maka dapat membersihkan filter AC mobil minimal dua bulan sekali.

Hal yang menyebabkan Mesin Mobil Panas Hingga AC Tidak Dingin?

Magnetic Clutch

Magnetic clutch yang mulai bermasalah, gejalanya ketika awal jalan masih dingin namun ketika jalanan padat atau macet ac mobil tiba-tiba panas dan tidak jarang juga nanti ketika jalanan sudah mulai lancar ac mobil kembali dingin, pertanyaannya mengapa seperti itu? karena jika Dioda pada magnet sudah mulai lemah dan kena hawa panas yang lebih dari ruang mesin ketika macet akan menyebabkan off sementara waktu, dan kebanyakan jika masih tahap awal kerusakan akan ON kembali ketika mobil sudah jalan lancar karena jika mobil bergerak atau jalan, angin akan lebih banyak bersirkulasi di sekitar ruang mesin.

Cooling fan ac / fan radiator mati

Ketika cooling fan atau biasa disebut extra fan mati maka pembuangan panas di kondensor menjadi tidak sempurna dan membuat tekanan pada kondensor menjadi kepanasan / overheat yg berimbas menurunnya kinerja kompresor, biasanya kendala ini akan lebih terasa ketika mobil berhenti / macet.

Freon berlebihan 

Freon berlebihan akan membuat tekanan tinggi (High pressure) menjadi overheat, otomatis akan membuat kompresor menjadi kepanasan dan menurunkan performa dingin nya, bahkan jika terlalu overheat kompresor juga akan cut/off. mengapa freon bisa berlebihan? biasanya faktor human error dari bengkel, karena masih banyak para pengguna mobil yang awam tentang ac, merasa ac kurang dingin sedikit lalu membawa mobilnya ke bengkel sembarang untuk di tambah freon, padahal belum tentu ac kurang dingin itu faktor nya dari kurang freon.

Sistem AC Mampet

Mampet pada sistem ac umum nya terjadi pada dryer filter, expansi valve dan kondensor, efek mampet tentu saja akan membuat sirkulasi freon didalam sistem menjadi terhambat dan menyebabkan ac menjadi tidak konstan dinginnya.

Komponen Kompresor Aus

Ini terjadi umumnya disebabkan karena sudah saatnya untuk diganti, gejala umum yang dapat terlihat dengan adanya bunyi kasar serta pada bagian sight glass akan terlihat hitam. Sehingga menimbulkan dampak lainnya yang terjadi yaitu tersumbatnya bagian dryer filter temasuk juga expansi valve.

Evaporator Kotor

Dampak yang terjadi pada aliran udara ke dalam mobil akan tersumbat, sehingga anginnya pun kecil. Penyebabnya bisa dari debu yang menumpuk di bagian evaporator tersebut, Sebaiknya disarankan agar dipasang kabin filter agar debu tidak mudah masuk ke bagian evaporator, agar komponen tersebut lebih awet.

Kebocoran Sistem AC

Ini disebabkan adanya kebocoran yang terjadi pada Sistem AC, misalnya kebocoran pada evaporator atau condenssor, hingga kebocoran yang dapat terjadi pada sambungan Seal O-ring atau komponen lainnya.

Elektrik / kelistrikan

Beberapa komponen ac seperti kompresor, fan, blower hidup dengan aliran listrik apabila jalue kelistrikan ada yang terganggu maka akan membuat salah 1 dari komponen tsb tidak jalan dan tentunya akan membuat ac menjadi panas.

Temperature Mesin Overheat 

Radiator mampet, kebocoran air radiator, thermostart radiator rusak, waterpump rusak, bahkan sampai silinder head mesin itu akan membuat Temperature mesin menjadi overheat dan efek nya pasti akan langsung berimbas kepada ac mobil menjadi tidak dingin, karena jika mesin overheat maka tekanan freon pasti akan overheat juga dan membuat kompresor menjadi kepanasan secara berlebihan dan otomatis akan membuat kompresor cut/off sementara waktu.

Fanbelt Putus 

Fanbelt putus bisa membuat puly Compressor tidak terhubung dengan Putaran mesin

Dari uraian tersebut ternyata penyebab AC mobil panas cukup banyak, sehingga para pengguna mobil cukup menganalisa kira-kira apa penyebabnya. Jika bukan karena komponen yang menunjang sistem AC, bisa coba cek temperature mesin nya apakah over heat / tidak. karena jika mesin over heat juga akan menyebabkan kompresor tidak bekerja.

Baca Juga; Inilah Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas Saat Ac Hidup

Tips Mengatasi Penyebab Temperatur Mesin Panas

Perlu diingat, apabila temperatur mobil sudah sangat tinggi, segeralah matikan mesin, karena jika mesin ‘dipaksa’ hidup terus, akan fatal akibatnya. Temperatur mesin mobil panas disebabkan beberapa faktor, salah satunya adalah dari radiator.

Faktor lain yang bisa meningkatkan tempertur panas tidak normal adalah karena slang bocor, termostatfan yang tidak normal dan water pump. Saat akan menjalankan kendaraan di pagi hari, ada beberapa pengecekan yang sebaiknya dikerjakan, antara lain, oli mesin, minyak rem, air di reservoirradiator dan air accu.

Berikut ini Tips mengatasi penyebab temperatur mesin mobil naik:

Periksa Radiator

Buka tutup radiator dan lihat apakah air dalam kondisi penuh. Apabila kurang segeralah ditambah. jangan lupa periksa tutup, kisi-kisi radiator. Lihat juga apakah radiator bocor atau tidak.

Periksa Slang Radiator

Periksa slang radiator dari kemungkinan pecah, klem yang kurang kencang karena akan mengakibatkan temperatur menjadi panas.

Periksa Tank Radiator

Periksa air cadangan radiator di penampungan. Apabila kurang tambahan air sampai batas upper dan jika air terlalu kotor segeralah ganti dengan air bersih dan tambah Long Life Cooland.

Periksa Water Pump

Lakukan pengecekan water pump dengan melihat dari bawah kendaraan atau apabila mungkin naikan kendaraan dan lihat pada bagian water pump ada lubang angin di bawah. Periksa apakah ada air yang keluar dari lobang tersebut. Jika ada segeralah ke bengkel untuk dilakukan penggantian water pump baru.

Itulah sekelumit cara mengatasi Penyebab AC Mobil Avanza Panas.

Masih belum puas?

Yuk Kunjungi Dokter Mobil. Klik disini

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *