Artikel

Penyebab Ac Mobil Bau Bangkai

Penyebab Ac Mobil Bau Bangkai

Mobil anda bau bangkai? Tentu sangat mengganggu kenyamanan berkendara bukan? Sangat tepat untuk membaca Penyebab Ac Mobil Bau Bangkai dibawah ini;

Ini Sebabnya !

  1. Kabin yang kotor dan berdebu menjadi salah satu penyebab AC menjadi bau. Terlebih jika Anda merupakan tipikal pengemudi yang jorok, hingga sering tercecer sisa-sisa makanan atau kurang memperhatikan bangkai binatang seperti kecoa dan cicak. Mulailah secara rutin rajin membersihkan kabin, terutama dari sisa-sisa makanan dan minuman usai menempuh perjalanan jauh.
  2. Komponen Evaporator yang kotor dan berlendir juga dapat menyebabkan bau yang kurang sedap muncul ketika Anda menyalakan AC mobil. Evaporator yang kotor tersebut biasanya disebabkan karena ada kotoran dan debu yang terhisap ketika siklus pendinginan terjadi dan menempel pada Evaporator.
  3. Bocornya komponen Evaporator juga dapat menjadi salah satu penyebab AC mobil menjadi bau. Hanya saja bau yang keluar adalah bau freon, dan ketajaman bau tersebut tergantung dengan seberapa parah kebocoran yang terjadi pada Evaporator.

Solusinya Cek dibawah Ini !

Bersihkan evaporator

Evaporator yang kotor dan lembab akan membuat bakteri dan jamur mudah sekali berkembang biak, bakteri dan jamur inilah yang akan menghasilkan bau yang tidak sedap. Sehingga untuk menghilangkan bau yang berasal dari evaporator mobil, caranya adalah dengan membersihkannya. Ada tehnik khusus untuk membersihkan evaporator ini, jadi sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu di bengkel ac mobil terdekat.

Bersihkan saluran-saluran AC

Bakteri dan jamur selain dapat menempel di evaporator, juga bisa menempel pada saluran-saluran tempat udara dingin mengalir, sehingga juga perlu dibersihkan. Pernah saya menemui di bengkel ac, cara memperbaiki ac mobil yang bau adalah dengan menservis total meliputi pembersihan komponen ac, saluran ac, dan pengisian refrigerant dll.

Bersihkan atau ganti filter kabin

Filter kabin pada sistem ac berperan untuk menyaring udara dari kotoran/debu, bila filter kabin ini sudah terlalu kotor maka dapat menimbulkan bau yang tidak sedap, terutama apabila kotoran yang menempel adalah bangkai serangga atau makanan yang sudah membusuk. Bila sudah terlalu kotor dianjurkan untuk mengganti dengan yang baru.

Bersihkan kabin kendaraan

Udara yang berbau tidak sedap juga bisa disebabkan oleh kotornya kabin kendaraan, jadi untuk menghilangkan bau pada ac mobil langkah yang wajib dilakukan adalah membersihkan kabin kendaraan. Meliputi, karpet dasar mobil, jok dan bagian-bagian yang berpotensi ada kotorannya. Bila di dalam kabin kendaraan terdapat makanan yang busuk, usahakan cepat dibuang begitu juga bila terdapat bangkai binatang atau serangga.

Ganti parfum mobil

Menurut yang pernah saya baca, ternyata ac mobil yang bau bisa disebabkan oleh parfum mobil yang berkualitas rendah. Biasanya parfum kualitas rendah ini kandungan alkoholnya sangat tinggi dan bahan pembuatnya pun tidak memenuhi standar kelayakan, sehingga dapat menimbulkan ac mobil bau asam. Sehingga untuk menghilangkan bau asam pada ac mobil yang disebabkan oleh parfum mobil berkualitas rendah ini adalah dengan menggantinya dengan yang kualitas baik.

Cek dan perbaiki kebocoran refrigerant

Adakalanya bau yang dihasilkan bukan bau yang tidak sedap, melainkan bau freon atau refrigerant. Bau ini disebabkan karena terdapat kebocoran pada komponen ac, seperti pada evaporator ac mobil. Maka cara memperbaikinya adalah dengan memeriksa letak kebocoran refrigerant dan memperbaikinya. Mudahnya silahkan bawa ke bengkel ac mobil langganan anda.

Lihat Juga : AC Mobil Bau Freon Terbakar dan Membuat Pusing

Dokter Mobil

Adalah pilihan tepat untuk anda yang membutuhkan perawatan dan service AC mobil untuk mengatasi masalah Penyebab Ac Mobil Bau Bangkai. Silahkan menghubungi Dokter Mobil.

Dokter Mobil adalah bengkel AC mobil yang memiliki beberapa keunggulan seperti:

– Mekanik berpengalaman lebih dari 5 tahun
– Peralatan service yang lengkap dan berteknologi terbaru
– Spare part pengganti asli dan berkualitas
– Pengecheckan AC mobil yang “By Data” menggunakan mesin canggih
– Pengecheckan AC mobil GRATIS
– Garansi uang kembali 100% jika masalah muncul kembali.

Jika anda membutuhkan service silahkan menghubungi Dokter Mobil di phone/kontak:

KELAPA GADING CIBUBUR SERPONG BEKASI
Jalan Boulevard Raya Kawasan Niaga Citra Gran RUKO Paramount Dotcom Jalan Kalimalang Raya,
Blok QJ1 No.17 Blok R6 No 6 blok Orange no.5 Depan Pintu Tol Ramp Off
Kelapa Gading Jl. Alternatif Km 4 Gading Serpong Tol Becakkayu – Pondok Kelapa
☏ (021) 2245 4429 ☏ 085817653292 ☏ 0813-1991-2289 ☏ (021) 22845887
WA : 082122780482 WA : 085817653292 WA : 0813-1991-2289 WA : 087887589899

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

blank
blank

Latest Posts

Bagaimana Cara Merawat Kaki-kaki Mobil Anda Agar Tetap Prima?
Alami Masalah Mobil di Jalan? Cek Tempat Service Mobil Honda Terdekat Anda
Tips Memilih Bengkel Mobil Terbaik
Daftar Lengkap Bengkel Mobil Terbaik di Bekasi
Apa Penyebab Mobil Matic Nyentak? Cari Tahu Yuk