fbpx
 
Posted by dani nofianto Uncategorized

Inilah beberapa Penyebab Ac mobil Pajero panas

AC bisa menjadi salah satu bagian mobil tang penting. AC, selain bisa memberikan kenyamanan dan memberikan sirkulasi udara yang segar di dalam mobil, juga berfungsi sebagai pendingin untuk komponen mobil. Masalah pada AC, seperti AC menjadi tidak dingin atau panas, bisa menjadi hal yang menyebalkan. Masalah AC yang panas ini bisa terjadi pada mobil apapun, salah satunya Pajero. Tentu penyebab AC mobil Pajero panas ini ada bermacam-macam. Untuk itu, sebagai pengemudi harus lebih jeli agar masalah ini tidak terjadi dan mempengaruhi kerja komponen-komponen yang lainnya.

1. Masalah Pada Magnetic Clutch

Masalah pertama yang bisa menjadi penyebab AC panas adalah karena adanya gangguan pada bagian magnetic clutch. Magnetic clutch memiliki peran yang penting pada dinginnya AC. Kerusakan atau gangguan pada magnetic clutch ini dapat diketahui ketika AC mobil yang tiba-tiba menjadi panas saat mobil mengalami macet. Biasanya AC akan dingin di awal perjalanan, kemudian dapat menjadi dingin kembali saat mobil berjalan kembali usai macet. Ketidakstabilan nyala AC ini terjadi karena dioda magnet pada magnetic clutch sudah dalam kondisi lemah. Ditambah lagi dengan campuran hawa panas saat mobil macet. Komponen mengalami off saat mobil berhenti.

Cara mengatasinya :
Masalah AC yang panas dikarenakan adanya masalah pada magnetic clutch ini dapat diatasi dengan memastikan kondisi magnetic clutch. Apabila mobil menunjukkan tanda-tanda seperti yang ditunjukkan di atas, maka kemungkinan besar perlu dilakukan perbaikan pada bagian magnetic clutch. Lakukan penggantian komponen apabila kerusakan terlalu parah. Serahkan pada mekanik yang lebih berpengalaman.

2. Gangguan Pada Fan AC Mobil

Penyebab AC Mobil Pajero Panas selanjutnya adalah karena adanya masalah pada Cooling Fan AC mobil. Saat cooling fan mati, maka pembuangan panas di bagian kondensor menjadi tidak maksimal. Alhasil, kondensor menjadi panas atau mengalami overheat. Saat kondensor mengalami overheat, maka kerja kompresor juga akan menurun. Hal ini biasanya dapat dirasakan ketika mobil sedang macet atau berhenti.

Cara mengatasinya :
Untuk mengatasi masalah gangguan pada AC fan mobil yang mati, perlu dilakukan pengecekan dulu seberapa parah kerusakan yang dialami oleh bagian cooling fan AC mobil. Bila kerusakan terlalu parah, maka bisa dilakukan penggantian komponen agar AC bisa berjalan dengan maksimal dan tanpa gangguan.

3. Kondisi Freon yang Habis atau Berlebihan

Hal sepele yang kadang dilewatkan oleh banyak pengemudi adalah tentang takaran freon. Saat freon terlalu sedikit, hal ini bisa menyebabkan AC panas dan tidak dingin. Namun ketika freon juga berlebihan, maka AC juga bisa menjadi panas. Hal ini bisa terjadi karena freon dengan jumlah yang berlebihan dapat membuat tekanan menjadi tinggi atau overheat. Tentu hal ini juag berpengaruh pada kompresor yang juga memanas. Kompresor juga berpengaruh terhadap sistem kerja AC. Pada keadaan tertentu bahkan kompresor bisa langsung mati karena suhu yang terlalu panas.

Cara mengatasinya :
Jika AC mobil Pajero menjadi panas disebabkan oleh kompresor yang tidak berfungsi baik karena freon yang berlebihan, maka langkah utama yang harus dilakukan adalah dengan mengatur jumlah freon dengan seimbang dan sesuai kebutuhan. Freon bisa menjadi berlebihan jumlahnya ketika pengemudi biasanya terlalu khawatir akan kehabisan freon dan memberikan porsi yang lebih banyak. Padahal freon yang terlalu banyak juga tidak baik. Jika sudah terlanjur, maka serahkan kepada bengkel untuk mengatasi masalahnya. Jangan biarkan masalah freon yang terlalu banyak ini terus terjadi karena overheating bisa menyebabkan komponen lain ikut terganggu.

4. Kemacetan Pada Sistem AC

Penyebab AC Mobil Pajero panas selanjutnya bisa dikarenakan sistem AC yang macet. Sistem AC yang macet ini menyebabkan terhambatnya sirkulasi freon. Ini juga menyebabkan udara yang keluar dari AC menjadi tidak konsisten. Akhirnya AC kadang dingin, kadang Panas.

Cara mengatasinya :
Untuk mengatasi masalah AC yang panas dikarenakan sistem AC yang macet, kita perlu melakukan pengecekan lebih lanjut pada bagian sistem AC seperti pada komponen dryer filter, kondensor, dan juga pada bagian expansi valve. Jika masih bisa diperbaiki, maka komponen bisa direparasi, namun jika kerusakan terlalu parah penggantian komponen dengan yang baru bisa menjadi solusi terbaik.

Itulah beberapa solusi dalam mengatasi AC mobil Pajero yang panas. Untuk mengatasi hal ini kita memang perlu mengetahui dahulu penyebab AC Mobil Pajero panas, sehingga kita juga bisa melakukan antisipasi agar kerusakan dan gangguan tidak terjadi semakin parah.

Baca juga : Penyebab indikator lampu engine pada mobil Pajero menyala

Jika ingin mencoba meningkatkan performa Pajero, silahkan dapatkan E-Book upgrade performa pajero berikut ini:

Silahkan Diisi

 

Verification

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *