fbpx
 
Posted by dani nofianto Uncategorized

Ketauhilah 4 Penyebab AC Mobil Pajero Tidak Dingin !!!

Air Conditioner atau AC merupakan salah satu komponen yang penting untuk mobil. Selain sebagai pemberi sirkulasi udara dan memberi penyejukkan kepada pengemudi dan penumpang di dalam cabin mobil, AC mobil juga berfungsi sebagai pendingin mesin komponen di dalam cabin. Jika AC mobil Pajero tidak dingin maka akan membuat rasa yang tidak nyaman. Selain itu AC yang tidak dingin juga bisa menjadi suatu indikasi bahwa ada beberapa komponen yang tidak berfungsi dengan sebagaimana mestinya sehingga perlu dilakukan perbaikan agar kerusakan tidak semakin parah. Berikut kita ulas mengenai penyebab AC Mobil Pajero tidak dingin dan cara mengatasinya.

1. Freon Habis

Salah satu penyebab AC mobil menjadi tidak dingin adalah karena ada masalah pada freon. Freon sendiri merupakan bagian yang penting terhadap jalannya AC. Masalah yang sering ditemukan adalah freon yang habis atau berkurang. Namun, pada keadaan yang normal, Freon ini tidak akan habis atau berkurang. Sehingga jika masalah karena freon yang habis, maka perlu dilakukan pengecekan. Freon merupakan komponen yang dapat menimbulkan sensasi dingin. Jika jumlahnya berkurang, maka udara dingin tidak akan berhembus.

Cara mengatasinya :
Jika masalah tidak adanya hembusan angin dingin dari AC dikarenakan freon yang berkurang atau habis, maka perlu dilakukan pengecekan lebih lanjut terhadap komponen yang berhubungan dengan freon AC, seperti pada bagian sistemnya. Sistem yang berkaitan dengan freon ini salah satunya adalah bagian kompresor. Jika bagian kompresor sedang bermasalah, maka kebocoran bisa terjadi. Masalah juga bisa terjadi ketika sebagian komponen karey sudah terlalu lama sehingga menyebabkan kebocoran pada freon. Untuk hal ini jika bisa, lakukan perbaikan dan menyerahkan kepada mekanik, atau mengganti komponen yang memang sudah perlu diganti.

2. Masalah Pada Bagian Sistem Filter AC

Penyebab AC Mobil Pajero tidak dingin selanjutnya bisa jadi dikarenakan adanya masalah pada bagian filter atau saringan AC. Sesuai fungsinya, filter AC ini bertugas untuk menyaring kotoran agar udara bersih dapat terfilter dengan baik. Apabila filter udara ini kotor dan tersumbat oleh kotoran, debu dan sebagainya, maka akan mengganggu aliran udara yang dihembuskan. Karena ada sumbatan maka sirkulasi udara juga tidak berjalan dengan baik.

Cara Mengatasinya :
Agar masalah tidak keluarnya angin dingin dari AC karena flter udara yang tersumbat ini terjadi, maka Anda perlu membersihkan filter udara secara rutin dan teratur. Tidak perlu menunggu hingga terjadi sumbatan atau kotoran yang menumpuk. Jangan menunggu ada masalah, baru dilakukan solusi. Jika sudah terjadi, maka segera bersihkan filter udara agar udara kembali berhembus dingin dan juga sirkulasinya sehat untuk penumpang di dalam mobil.

3. Ada Masalah Pada Bagian Extra Fan

AC yang tidak berhembus dingin juga bisa disebabkan oleh adanya masalah pada bagian extra fan. Bagian yang biasanya bermasalah adalah pada bagian motor extra fan. Jika motor fan bermasalah, maka untuk proses kondensasi di dalam kondensor tidak dapat berjalan dengan maksimal. Hal inilah yang menyebabkan kurangnya atau bahkan tidak ada udara dingin yang memenuhi kabin.

Cara mengatasinya :
Untuk mengatasi masalah AC yang tidak berhembus kencang dikarenakan masalah pada motor extra fan ini, perlu dilakukan pengecekan apakah motor extra fan ini benar-benar mati atau masih menyala namun dengan kemampuan yang lebih melemah. Meski motor extra fan masih menyala, namun jika daya putarnya telah melemah, maka hembusan juga tidak akan optimal. Ada dua solusi untuk masalah ini, yang pertama mencoba memperbaikinya, atau langsung mengganti dengan yang baru.

4. Kondisi Evaporator Kotor

Masalah lain yang menjadi penyebab AC Mobil Pajero tidak dingin adalah masalah pada bagian evaporator. Evaporator yang kotor atau tersumbat oleh debu juga bisa mengakibatkan terhambatnya udara yang seharusnya dihembuskan dengan lancar. Kotoran yang masuk ke evaporator adalah kotoran yang telat melewati bagian filter. Jika bagian evaporator ini penuh oleh gumpalan debu, kotoran, bahkam bangkai hewan-hewan kecil yang masuk, maka aliran udara tidak lancar. Selain itu juga bisa menimbulkan masalah bau tidak sedap di dalam kabin mobil.

Cara mengatasinya :
Untuk masalah evaporator yang tersumbat oleh kotoran ini, satu-satunya cara adalah dengan membersihkan bagian evaporator. Karena sifatnya yang penting dan berpengaruh terhadap hembusan angin atau dinginnya AC, pembersihan evaporator ini harus dilakukan secara rutin dan teratur.

Mencegah lebih baik daripada mereparasi. Untuk itu, sangat disarankan agar pengemudi lebih jeli dalam merawat mobil sehingga tidak sampai menimbulkan masalah. Itulah beberapa penyebab AC Mobil Pajero tidak dingin yang paling sering dan umum terjadi. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Penyebab mobil Pajero tidak bisa digas

Nah, selain masalah tidak bisa digas ini, ada beberapa hal lain yang menyebabkan Pajero jadi kurang nyaman dikendarai. Oleh sebab itu, performa Pajero harus selalu diupgrade.

Cari tahu beberapa tips meningkatkan performa pajero. Silahkan isi form berikut untuk mendapatkan promo menarik yang dapat meningkatkan performa Pajero anda.

Silahkan Diisi

 

Verification

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *