Posted by Mekanik Juan Uncategorized

Mengejutkan, Ini 5 Penyebab Asap Putih Pada Mesin Diesel

Daftar Faktor Penyebab Asap Putih pada Mesin Diesel

Pernahkan kamu bertanya-tanya apa sebenarnya penyebab asap putih pada mesin diesel dan apakah hal tersebut berbahaya saat dikendarai? Seharusnya, kondisi yang normal adalah saat mobil dengan mesin diesel mengeluarkan asap hitam yang tipis. Ingat, yang tipis. Kalau asap hitam pekat, hal ini juga merupakan tanda-tanda kerusakan.

Apa Sih Penyebab Asap Putih pada Mesin Diesel?

Apa sih, penyebab asap putih pada mesin diesel dan bagaimana cara menanganinya? Mari kita simak ulasan lengkap di bawah ini!

Oli yang terbakar

Mobil dengan mesin diesel yang mengeluarkan asap putih, bisa menjadi pertanda adanya oli yang terbakar. Pada mesin diesel yang memiliki turbo, kamu wajib mengecek komponen turbo. Bisa saja, ruang bakar mengalami kebocoran, sehingga oli ikut terbakar.

Pada mesin ini, ada komponen ring yang fungsinya menahan kebocoran oli. Apabila oli tetap bocor dan terbakar, besar kemungkinan ringnya bermasalah. Maka, kamu perlu memeriksakan komponen ini ke bengkel yang kamu percaya.

Penyaring udara tidak bersih

Tahukah kamu? Kalau saringan udara tidak bersih alias kotor, kotoran akan bebas masuk bersama dengan udara, menuju ruang pembakaran. Akhirnya, proses pembakaran tidak bisa terjadi dengan sempurna. Hal inilah yang akan menyebabkan knalpot mobil mesin diesel kamu akan mengeluarkan asap berwarna putih.

Mesin turbo tidak bekerja maksimal

Selanjutnya, kamu perlu melihat kondisi turbo. Turbo memerlukan oli pada ruang mesin, dengan melumasi oli pada seluruh komponen. Apabila turbo mengalami kerusakan dan tidak bekerja secara maksimal, oli bisa masuk ke ruang mesin. Selanjutnya, oli ini terikut saat proses pembakaran. Oli ini juga akan menyebabkan keluarnya asap putih dari knalpot kendaraan kamu. Maka, jangan lupa untuk mengecek kondisi mesin turbo, ya!

Kerusakan pada ECU

ECU adalah singkatan dari Electronic Control Unit. Jika ECU rusak, pembakaran yang terjadi di ruang mesin tidak bisa dilakukan dengan maksimal. Akhirnya, takaran bahan bakar yang masuk tidak akan sesuai. Hal ini bisa mengakibatkan knalpot mengeluarkan asap putih, serta bahan bakar yang dibutuhkan akan semakin banyak alias boros.

Hal ini tidak hanya akan merugikan mesin mobil kamu, tapi juga merugikan secara finansial. Untuk itu, segera bawa mobil kamu ke bengkel untuk mendapatkan perbaikan yang menyeluruh.

Mobil sudah tua jadi penyebab asap putih pada mesin diesel

Terakhir adalah usia mobil yang sudah tua. Sudah berapa tahun mobil bermesin diesel kamu digunakan? Apakah sudah lebih tujuh tahun apa malah lebih sepuluh tahun? Pastinya sudah banyak komponen-komponen yang tak lagi mampu bekerja secara maksimal. Kalau kamu masih menginginkan kendaraan ini bisa berjalan dengan baik, kamu bisa mulai merawatnya lebih teratur lagi.Tetap bawa ke bengkel dan berikan servis rutin, demi menjaga performa kendaraan kesayangan kamu ini.

Lihat Juga: Cara Menghilangkan Asap Hitam pada Mesin Diesel

Itulah beberapa penyebab asap putih pada mesin diesel. Kira-kira, yang mana penyebab keluarnya asap putih dari knalpot mobil kamu? Tetap jaga kualitas mobil dan keamanan diri kamu yang akan berkendara dengan mobil tersebut, serahkan permasalahan mobil kamu kepada bengkel dan mekanik yang sudah berpengalaman, ya! 

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *