Posted by Aditya Dokter Mobil Hemat BBM, Irit BBM

Kenali Berbagai Penyebab Bensin Mobil Boros yang Harus Diketahui

penyebab bensin mobil boros

Kerap kali orang sering lupa untuk memberi perawatan kepada mobilnya. Sehingga menjadi salah satu alasan penyebab bensin mobil boros dan sering kali merugikan kita.

Padahal bila kamu menyempatkan waktu untuk sekedar memeriksa atau mengganti beberapa komponen mobil yang tidak layak. Ini dapat menjadi salah satu langkah untuk bisa menghemat bahan bakar mobil kamu.

Terlebih bagi kamu yang mempunyai mobil yang sudah berumur lebih dari 3 tahun. Keausan berbagai komponennya sudah mulai terasa. Dan hal ini akan berhubungan pada gesekannya yang semakin meninggi.

Beberapa Penyebab Bensin Mobil Boros

penyebab bensin mobil borosDibawah ini akan dijelaskan berbagai penyebab bensin mobil menjadi boros. Mungkin bisa menjadi akar masalah pada mobil anda.

  1. Tekanan Angin di Ban Mobil

Kamu perlu melakukan pengecekan tekanan angin hal ini merupakan pekerjaan yang cukup mudah. Namun masih banyak orang yang malas untuk melakukan pemeriksaan ini dengan rutin.

Padahal bila mengendarai mobil dengan tekanan angin pada ban kurang akan mendapat beberapa masalah. Selain menjadi salah satu penyebab bensin mobil boros, dengan ban yang memiliki tekanan angin kurang akan membuatnya lebih mudah pecah.

  1. Oli mesin, Gardan Dan Transmisi

Kebanyakan para pemilik mobil lebih memperhatikan pergantian oli mesin saja dibandingkan dengan oli transmisi serta gardan mobil. Padahal oli transmisi serta gardan ini juga wajib untuk diganti dengan rutin.

Pergantian oli transmisi dan gardan ini akan berpengaruh pada gesekan pada komponen drivetrain agar dapat tetap minimal. Sehingga mobil tidak memakan lebih banyak bahan bakar.

  1. Bearing Roda

Bearing roda ini mempunyai sebuah ciri mengeluarkan suara yang berdengung ketika mobil dipacu dengan kencang, ini merupakan tanda bahwa bearing roda ada masalah atau rusak.

Jika masalah tersebut terus dibiarkan saja. Maka akan menjadi penyebab bensin mobil boros sebab putaran roda yang tidak lancar.

  1. Knalpot Bocor

Selain terjadi perubahan suara karena knalpot mobil yang bocor. Hal ini kamu sama saja perlu mengganti sistem gas buang model free flow. Karena lancarnya gas pembuangan tersebut sehingga membuat mesin menjadi lebih banyak mengkonsumsi bahan bakar yang masuk ke dalam sistem pembakaran.

  1. Spooring Ban

Dengan meluruskan kembali semua sudut pada roda mobil mempunyai pengaruh bisa untuk menghemat bahan bakar yang cukup signifikan. Selain bisa memperpanjang umur komponen suspensi mulai dari tie-rod, ban, bearing dan komponen lain.

Spooring atau wheel alignment ini dapat mengefisienkan pemakaian bahan bakar mobil. Dengan menempatkan sudut roda dengan betul maka gesekan ban pada aspal akan lebih sedikit.

  1. Ban Botak

Luas kehalusan dari ban botak yang menyentuh aspak akan membuatnya lebih banyak tidak adanya arah ban. Hal tersebut menyebabkan gesekan ban lebih banyak dan dapat membahayakan ketika mengendarai mobil dalam keadaan hujan atau ketika jalanan basah. Ban tidak akan bisa menyingkirkan air ke samping ban.

  1. Rem Macet

Jika terdapat korosi pada sistem pengereman mobil akan membuat piston pada kaliper tidak dapat bekerja dengan benar dan tidak bisa kembali pada posisi yang seharusnya setelah rem diinjak.

Ini akan membuat kampas rem bergesekan dengan cakram atau tromol sehingga membuat perputaran roda menjadi tidak lancar.

Penyebab Bensin Mobil Boros Karena Tipe Bensin

Produsen kendaraan mobil sebagian besar telah merekomendasikan mobil agar konsumsi bahan bakar dengan RON minimal sebanyak 90 ini seperti pada bahan bakar tipe Pertalite. Atau bahan bakar dengan RON 92 seperti pada bahan bakar tipe Pertamax.

Bahkan ada beberapa produsen mobil yang memberi syarat untuk mengisi bahan bakar dengan minimal RON 95. Tetapi sayang kebanyakan pemilik mobil sering kali melanggar batasan tersebut.

Sering kali pemilik mobil memakai bahan bakar dengan RON yang rendah seperti bahan bakar tipe Premium yang memiliki RON 88 saja.

Jika mobil diberi Premium yang memiliki RON rendah. Maka akan membuat sistem pembakaran menjadi lebih kacau. Dan ini akan membuat mobil terlalu banyak mengkonsumsi bahan bakar lebih banyak.

Rekomendasi Menggunakan Paket Hemat BBM Dokter Mobil

Karena hal tersebutlah menjadikan mobil memiliki performa yang menurun sampai membuat mesin menjadi lebih banyak mengkonsumsi bahan bakar untuk melakukan pembakaran sehingga mobil menjadi boros.

Baca Juga : Segini lho! modal awal buka bengkel mobil di tahun 2021

Untuk itu jangan lupa untuk selalu merawat mesin mobil dan komponen lain pada mobil. Hal ini supaya mobil bisa tetap memiliki performa yang maksimal. Selain itu juga mencegah terjadinya bensin mobil boros karena kurangnya perawatan.

Perlu anda ketahui, sekarang banyak sekali para pemilik mobil menggunakan penghemat BBM. Dengan menggunakan tersebut, mobil dengan bahan bakar premium bisa lebih hemat lagi. Sekarang Dokter Mobil juga menjual paket hemat BBM. Segera saja untuk mencobanya, pasti mobil anda lebih hemat dalam penggunaan premium.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *