Posted by Aditya Dokter Mobil Service AC Mobil

Inilah Penyebab Blower AC Mobil Mati dan Cara Mengatasinya

penyebab blower ac mobil mati

Ada beberapa penyebab blower AC mobil mati mendadak. Apabila blower AC mobil tidak dapat hidup, maka suhu kabin mobil Anda akan terasa panas. Sebab, blower AC mobil ini berfungsi untuk menyebarkan suhu dingin yang dipasok dari evaporator. Maka dari itu, Anda disarankan untuk melakukan pengecekan terkait kerusakan pada komponen blower AC mobil.

Bisa saja blower AC mobil rusak permanen. Sehingga, Anda harus membawa ke bengkel spesialis AC mobil untuk mengganti blower AC yang bermasalah. Selain itu, ada beberapa penyebab lainnya yang membuat blower AC mobil tidak dapat berfungsi secara normal.

Daftar Penyebab Blower AC Mobil Tiba-Tiba Mati dan Tidak Dapat Berfungsi Secara Normal

penyebab blower ac mobil matiAda beberapa faktor yang menyebabkan blower AC mobil mati secara tiba-tiba. Sehingga, Anda perlu membongkar komponen AC mobil untuk mengetahui penyebabnya. Hanya saja, tidak semua orang memiliki keahlian di bidang otomotif. Sehingga, mereka kesulitan untuk membongkar komponen AC mobil. Rata-rata, penyebab blower AC mobil ini tiba-tiba mati adalah sebagai berikut ini :

  1. Kerusakan pada Komponen Dinamo Blower AC Mobil

Kerusakan pada rangkaian komponen dinamo blower AC mobil menjadi penyebab pertama yang membuat evaporator tidak dapat mendistribusikan suhu dingin. Dinamo adalah motor penggerak yang mengubah arus listrik pada dinamo untuk menggerakkan blower AC mobil. Apabila dinamo ini rusak, maka blower AC mobil tidak dapat berfungsi secara normal.

  1. Kerusakan pada Sistem Kelistrikan AC Mobil

Penyebab blower AC mobil mati selanjutnya adalah adanya kerusakan pada sistem kelistrikan komponen pendingin kendaraan. Ya, blower AC mobil ini dapat berfungsi karena adanya sistem kelistrikan yang berjalan secara normal.

Apabila ada kendala, seperti sekring putus, relay putus, hingga aki mobil tekor, maka kerusakan-kerusakan pada sistem kelistrikan AC mobil ini dapat membuat blower tidak berfungsi secara normal. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka segera bawa kendaraan milik Anda ke bengkel spesialis AC mobil terdekat.

  1. Kerusakan pada Panel Switcher

Dan penyebab blower AC mobil tidak dapat hidup adalah kerusakan pada panel switcher. Panel switcher ini berfungsi untuk mengubah tekanan AC mobil. Apabila panel switcher ini rusak, maka suhu AC mobil pun tidak dapat naik atau turun sesuai dengan indikator panel switcher.

Apabila Anda memiliki keahlian di bidang otomotif, maka kerusakan ini dapat diatasi secara mandiri dirumah. Namun jika tidak memiliki keahlian di bidang otomotif, maka silahkan bawa kendaraan ke bengkel AC mobil terdekat.

Cara Mengatasi Kendala Blower AC Mobil yang Mati Mendadak

Apabila blower AC mobil bermasalah, maka pemilik disarankan untuk segera melakukan service komponen di bengkel spesialis. Tujuannya agar blower AC mobil tidak mengalami kerusakan parah.

Memang, di Indonesia terdapat beberapa bengkel spesialis service dan perawatan AC mobil terpercaya yang siap membantu para pemilik kendaraan agar kabin mobil kembali dingin. Salah satu cara untuk mengatasi kerusakan pada komponen AC mobil adalah dengan melakukan tune up AC mobil.

Tune up komponen AC mobil ini digunakan untuk mengetahui penyebab-penyebab kerusakan. Sehingga, montir dan teknisi bengkel dari Dokter Mobil dapat langsung melakukan tindakan solutif yang dibutuhkan sesuai dengan jenis kerusakan yang menjadi penyebab blower AC mobil mati secara misterius.

Keuntungan Memilih Dokter Mobil sebagai Bengkel Service dan Perawatan AC Mobil

Ada beberapa keuntungan memilih Dokter Mobil sebagai bengkel service dan perawatan AC mobil. Salah satunya adalah banyaknya cabang-cabang resmi dari Dokter Mobil. Tercatat, ada 16 cabang bengkel Dokter Mobil yang tersebar di beberapa kota seperti Jabodetabek, Surabaya, dan Makassar.

Keuntungan lainnya adalah penggunaan perkakas bengkel standar internasional. Sehingga, semua jenis kerusakan komponen termasuk blower AC mobil tidak dapat hidup ini dapat ditangani oleh para montir dan teknisi dari Dokter Mobil.

Baca Juga : AC Mobil Tidak Dingin Siang Hari? Ini Penyebab dan Solusinya

Keuntungan selanjutnya adalah adanya ruang tunggu eksklusif bagi para konsumen Dokter Mobil. Anda dapat menunggu perbaikan komponen AC mobil di tempat kami. Anda tak perlu khawatir, sebab Dokter Mobil selalu menerapkan protokol kesehatan ketat.

Sehingga kami menjamin ruang tunggu Dokter Mobil terbebas dari virus covid-19. Jadi tunggu apalagi, segera ke Dokter Mobil cabang terdekat apabila Anda merasa ada beberapa penyebab blower AC mobil mati secara mendadak.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *