Posted by Mekanik Juan AC, Service AC Mobil, Tips merawat ac mobil

Penyebab dan Cara Mengatasi AC Mobil Hanya Angin Saja

Penyebab dan Cara Mengatasi AC Mobil Hanya Angin Saja- Pernah mengalami AC mobil hanya keluar angin hembusannya saja? Tentu saja mengesalkan bukan? Jangan terlalu emosi. Hal ini dapat diatasi dengan mudah jika Sobat mengetahui apa penyebab munculnya masalah ini. Masalah ini sendiri umumnya disebabkan 5 hal yaitu:

  1. Kerusakan Spare Part

    Beberapa bagian AC mobil yang rusak akan menyebabkan AC mobil hanya keluar angin saja. Beberapa spare part tersebut adalah:

    – Magnetic Clutch
    – Fan Belt

    Kedua spare part tersebut bertanggung jawab untuk menghubungkan putaran mesin dengan putaran pada kompresor AC. Jika kedua spare part tersebut bermasalah, AC mobil akan menyala, namun kompresor AC tidak mampu bekerja untuk menggerakkan kondensor untuk melakukan pendinginan pada hawa yang harusnya dihembuskan AC mobil.

  2. Evaporator AC Mobil Kotor

    Evaporator yang kotor dapat menghambat udara dingin melewati evaporator. Akibatnya, hanya angin yang keluar. Hal ini terjadi karena hawa dingin terserap oleh kotoran yang ada di evaporator.

    Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mencuci AC mobil, khususnya evaporator AC mobil.

    Namun tidak semua evaporator AC mobil dapat dicuci dan digunakan kembali. Pada kondisi yang lebih parah evaporator AC mobil harus diganti.

  3. Overheating pada Mesin

    Masalah overheating pada mesin dapat mempengaruhi hawa dingin yang hendak dihembuskan. Akibat terpapar konveksi panas dari mesin mobil, hawa dingin dari AC mobil dapat ternetralisir sehingga yang keluar hanya angin saja.

    Pada beberapa kasus,  masalah ini dapat menyebabkan masalah-masalah seperti AC mobil keluar hawa panas, AC mobil keluar hawa pengap, dan AC mobil membuat gerah dan pusing.

    Solusi untuk masalah ini adalah dengan melakukan service pada mesin mobil untuk menghilangkan masalah overheating. Salah satu service yang disarankan adalah dengan melakukan tune up mobil.

  4. Freon Habis / Kehilangan Kualitasnya

    Freon adalah sumber hawa dingin pada AC mobil. Namun kebocoran pada bagian AC mobil dapat menyebabkan freon menetes bocor. Akibatnya, freon AC mobil dapat berkurang atau bahkan habis.

    Tanpa adanya freon dalam jumlah yang mencukupi, AC mobil hanya akan keluar angin.

    Untuk mengatasi masalah ini, cara terbaik adalah dengan mengisi ulang freon dengan freon yang lebih berkualitas, namun pastikan, isi ulang setelah mencari dan menambal titik-titik kebocoran freon AC mobil.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *