fbpx
 
Posted by dani nofianto Uncategorized

4 Penyebab utama Indikator lampu engine Pajero menyala

Indikator lampu engine yang menyala pasti menimbulkan masalah tersendiri bagi pengemudi. Pengemudi pasti merasa tidak tenang karena was-was telah terjadi sesuatu pada sistem mobil yang dapat mengganggu laju kendaraan. Masalah ini bisa menimpa mobil apa saja, termasuk mobil Pajero. Meski lampu indikator ada beberapa macam dan menyala sesuai dengan tingkatan masalahnya, namun lampu indikator yang paling ringan sekalipun lama kelamaan bisa menjadi parah apabila tetap dibiarkan. Untuk mengetahui permasalahan apa saja yang bisa terjadi, maka kita perlu tahu penyebab indikator lampu engine Pajero menyala agar kita juga tahu solusi yang paling tepat.

1. Tidak Menutup Tanki Bahan Bakar Dengan Benar

Masalah indikator lampu engine yang menyala pada mobil Pajero bisa terjadi karena hal yang paling sederhana. Salah satunya dikarenakan kesalahan dalam menutup tanki bahan bakar. Bisa jadi pengemudi tidak menutupntanki bahan bakar dengan benar. Hal ini menyebabkan tekanan yang ada di dalam tanki menjadi terbuang begitu saja. Saat ini terjadi, mesin mobil menganggapnya sebagai permasalahan pada bagian emisi gas buanh, selanjutnua bisa menerima sinyal sebagai kebocoran.

Cara mengatasinya :
Untuk langkah pertama, lakukan dahulu pengecekan. Jika benar tanki bahan bakar tidak tertutup dengan benar, maka yang perlu Anda lakukan adalah menutup kembali tanki bahan bakar dengan benar. Jika sudah perhatikan pada lampu indikator. Mungkin sesaat setelah itu lampu masih menyala kuning. Apabila lampu terus menyala Anda bisa membawa mobil ke bengkel.

2. Gangguan Pada Ruang Mesin

Penyebab indikator lampu engine Pajero menyala selanjutnya yang bisa terjadi adalah adanya masalah pada bagian ruang mesin. Masalah yang terjadi biasanya karema adanya gangguan pada bagian kabel mesin. Mesin bisa saja mengalami masalah seperti adanya kebocoran hingga kabel yang rusak atau terbakar. Masalah yang satu ini tidak dapat dibiarkan dengan membutuhkan penanganan secara tepat dan cepat.

Cara mengatasinya :
Saat kemungkinan terjadi masalah pada bagiang ruang mesin, yang perlu kita lakukan adalah memeriksa dan membuka bagian kap mesin. Periksa dan pastikan apakah ada bagian yang terbakar. Kerusakan yang biasa terjadi adalah karena kebocoran atau kabel yang terbakar. Paling sering biasanya terjadi pada kabel busi. Jika setelah diperiksa terlohat kabel yang rusak atau akan rusak, segera lakukan penggantian agar kondisi lebih aman serta mesin dapat berjalan maksimal.

3. Gangguan Pada Bagian Mass Air Flow

Masalah selanjutnya yang bisa terjadi biasanya ada di bagian mass air flow atau pada bagian sensor aliran masa udara. Komponen ini memiliki fungsi sebagai penghitung junlah udara yang masuk ke bagian mesin. Namun jika alat ini bermasalah, maka mesin tidak akan menerima data jumlah bahan bakar yang dibutuhkan secara tepat dan cepat. Masalah ini tidak bisa dibiarkan berlarut-larut karena bisa menimbulkan masalah pada gas buang.

Cara mengatasinya :
Untuk masalah yang disebabkan karena gangguan yang ada pada bagian Mass Air Flow, maka anda perlu memeriksa seberapa besar kerusakan pada bagian ini. Jika memang rusak dan sulit untuk diperbaiki, maka jalan satu-satunua adalah dengan menggantinya dengan yang baru. Tidak ada salahnya juga mengganti filter secara teratur. Mengingat fungsi filter ini sanhat penting maka gangguan pada bagian ini tidak boleh disepelekan.

4. Kerusakan Pada Bagian Catalytic Converter

Jika kita membiarkan kerusakam terus terjadi pada komponen mass air flow, maka tidak menutup kemungkinan kerusakan akan menjadi lebih parah dan menyerang bagian catalytic converter juga. Masalah pada bagian ini juga bisa menjadi penyebab indikator lampu engine Pajero menyala. Pada fungsinya, bagian ini bertugas dalam mengubah karbon monokida menjadi senyawa yang aman untuk lingkungan. Jika masalah terjadi, maka akan berdampak pada jumlah gas buang. Gas buang menjadi tidak stabil. Dampak lain yang terjadi apabila hal ini terus dibiarkan adalah tarikan mobil menjadi berat.

Cara mengatasinya :
Kerusakan pada catalytic converter ini bisa diatasi dengan melakukan pemeriksaan lebih detail Bila benar rusak segera lakukan penggantian komponen apabila diperlukan. Kerusakan pada bagian ini bisa menjadi masalah yang serius.

 

Itulah beberapa  penyebab indikator lampu engine Pajero menyala. Jangan anggap enteng masalah sekecil apapun yang bisa terjadi pada mobil yang menyebabkan lampu indikator engine menyala. Segera perbaiki masalah yang muncul, agar tidak terjadi masalah yang lebih serius.

Baca juga : Beberapa hal yang bisa menjadi penyebab Mobil Fortuner mogok

Tags: ,

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *