Artikel

Penyebab Innova Diesel Boros Dan Solusi Mengatasinya

Orang bilang Innova itu irit, namun ada beberapa hal yang justru menjadi penyebab innova diesel boros solar. Ada beberapa solusi untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Walaupun orang bilang mesin diesel zaman sekarang sudah sangat irit, namun keluhan boros masih sering ada. Terutama pada mobil seperti Innova Diesel. Lantas apa penyebab dan solusi untuk mengatasi masalah ini?

Faktor Utama Penyebab Innova Diesel Boros

Biasanya mobil yang tiba-tiba boros bahan bakar menandakan adanya masalah pada beberapa komponen.

Oleh sebab itu, pengecheckan menyeluruh perlu dilakukan untuk mencari tahu apa penyebab masalahnya, dan apa solusinya. Karena beda penyebab, beda juga solusinya.

Nah, ada beberapa hal yang menjadi penyebab mesin diesel seperti yang dimiliki oleh Innova tiba-tiba menjadi boros, di antaranya adalah:

Masalah pada Sistem Pendingin Mesin

Suhu pada mesin mobil perlu dijaga agar tetap stabil. Ketika sistem pendingin mengalami overcooling, maka konsumsi bahan bakar akan meningkat karena ada kebutuhan yang lebih besar untuk melakukan proses pendingin.

Selain itu, ketika mesin mengalami overcooling dan mesin tetap panas maka kinerja mesin akan terbebani. Alhasil, mesin butuh lebih banyak tenaga untuk mencapai kondisi idealnya.

Hal ini tentu menyebabkan konsumsi bahan bakar yang lebih boros.

Solusi

Untuk mengatasi masalah ini, maka sistem pendingin mobil perlu di-check.

Komponen yang mengalami masalah perlu segera diperbaiki atau bahkan diganti. Komponen paling utama untuk di-check adalah radiator, kipas radiator, dan kondisi coolant.

Nozzle pada Injektor Jebol

Nozzle sebagai ujung injektor akan menyemprotkan solar dengan tekanan tertentu ke ruang bakar. Namun ketika nozzle ini jebol atau bocor, maka solar yang masuk ke ruang bakar akan lebih banyak.

Pembakaran lebih banyak pada ruang bakar tidak akan memberikan pengaruh apapun kecuali pengaruh buruk seperti konsumsi BBM lebih boros dan keluar asap hitam.

Solusi

Kerusakan pada injektor sebaiknya dilakukan dengan penggantian komponen yang bermasalah, dalam hal ini karena nozzle yang menjadi sumber masalah maka nozzle perlu diganti.

Namun sebaiknya lakukan juga pengecheckan secara menyeluruh apa yang menyebabkan kerusakan nozzle. Agar kerusakan di komponen yang sama tidak terjadi kembali.

Beban AC Mobil Terlalu Besar

Walaupun tidak secara langsung  mengkonsumsi solar, namun sebenarnya putaran kompresor AC mengambil tenaga dari putaran mesin.

Semakin besar daya yang dibutuhkan AC mobil, semakin besar tenaga mesin harus diberikan untuk AC mobil. Hal ini menyebabkan mesin membutuhkan energi tambahan untuk menghasilkan tenaga ideal.

Langkah yang bisa Anda lakukan adalah melihat riwayat apakah baru-baru ini mengganti kompresor AC mobil.

Namun masalah boros ini bisa juga karena kompresor tidak terawat, misalnya kekurangan oli kompresor.

Hal ini menyebabkan mesin Innova harus bekerja extra untuk menghasilkan putaran ideal bagi kompresor. Dan untuk mendapatkan tenaga extra ini, mobil harus mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar.

Lantas bagaimana solusinya? Simak tips dari Dokter Mobil berikut ini.

Solusi

Perawatan AC mobil perlu dilakukan agar performa kompresor AC mobil tetap stabil dan tidak membebani mesin mobil terlalu besar.

Namun jika masalah terjadi setelah penggantian kompresor AC mobil, kemungkinan besar karena daya pada AC mobil terlalu besar, atau AC mobil tidak kompatibel.

Tips Mengatasi Innova Diesel Boros

Selain faktor-faktor yang sudah disebut di atas, masih ada beberapa hal lain yang kerap menjadi penyebab Innova diesel mengalami kendala boros.

Oleh sebab itu, pencegahan perlu dilakukan. Dan jika masalah sudah muncul, perbaikan perlu segera dilakukan sebelum muncul gejala-gejala kerusakan lainnya.

Adapun langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyebab masalah ini adalah dengan:

  1. Lakukan Pencarian Secara Menyeluruh

    Pastikan memeriksa apa sebenarnya sumber dari masalah Innova yang anda miliki. Karena beda penyebab boros, beda juga solusinya.

  2. Segera Service di Bengkel Kepercayaan Anda

    Gejala boros bahan bakar adalah gejala yang muncul di awal-awal. Jika dibiarkan, kerusakan yang lebih parah bisa saja terjadi. Bahkan bisa jadi masalah mesin yang menjadi lebih boros merupakan indikator kerusakan mesin yang lebih parah.

  3. Lakukan Perawatan Secara Berkala

    Agar masalah boros BBM tidak muncul kembali, perawatan mobil perlu dilakukan secara berkala. Perawatan yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan tune UP secara berkala.

    Selain itu, mengganti oli secara berkala juga bisa membantu agar performa mobil tetap optimal.

Anda bisa melakukan tune up dan ganti oli agar kinerja mesin tetap optimal.

Dengan demikian, mesin tidak perlu bekerja extra keras dan tidak perlu sampai boros bahan bakar.

Namun menjaga performa mesin juga perlu dilakukan dengan cara menjaga komponen seperti radiator mobil, kabel-kabel kelistrikan, aki, dan komponen lainnya.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan Innova diesel menjadi boros bahan bakar.

Sekian. Semoga bermanfaat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Latest Posts

Bagaimana Cara Merawat Kaki-kaki Mobil Anda Agar Tetap Prima?
Alami Masalah Mobil di Jalan? Cek Tempat Service Mobil Honda Terdekat Anda
Tips Memilih Bengkel Mobil Terbaik
Daftar Lengkap Bengkel Mobil Terbaik di Bekasi
Apa Penyebab Mobil Matic Nyentak? Cari Tahu Yuk