Posted by Mekanik Juan AC, Service AC Mobil, Tips merawat ac mobil

Kenali Penyebab Kompresor AC Mobil Berisik

Sebagian orang juga menyebut kompresor AC mobil berisik dengan sebutan ”ngorok”. Kenali penyebab kompresor AC mobil berisik. Hal ini juga termasuk kurangnya oli kompresor atau piston di dalamnya aus. ”Ini menjadi tanda-tanda awal kerusakan AC mobil. Segera bawa ke bengkel sebelum terlambat.” ucap Rusdi Sopandi pemiilk Fendryss Motor di kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur (14/11/2016).

Kenali Penyebab Kompresor AC Mobil mulai Berisik, yuk simak dibawah ini;

Suara ngorok mirip gesekan benda logam

Timbul karena oli kompresor yang kurang, piston dalam kompresor aus, atau longgarnya bearing. Selama jangka waktu tertentu tidak ada efek samping. Tapi lambat laun, kadang AC tidak dingin saat mobil berjalan pada RPM rendah.

Hilangnya kompresi pada kompresor

Fungsi dasar kompresor adalah menghisap refigrerant (freon) dan memompanya menuju kondensor AC dengan tekanan yang lebih tinggi. Saat kompresi berkurang, gejalanya adalah AC kurang dingin saat melaju pada RPM rendah, lalu berubah menjadi dingin saat melaju lebih kencang.

Magnetic Clutch bermasalah

Komponen ini yang menyambungkan putaran mesin dengan kompresor. Jika kinerjanya sudah lemah, efeknya sama, hembusan udara AC akan lebih dingin saat mobil dipacu pada cepatan tinggi.

Kebocoran saluran AC

Ini dia yang membuat refrigerant cepat habis. Oli pada kompresor pun akan dikeluarkan sedikit demi sedikit sampai habis. Ini yang membuat gesekan pada piston dalam kompresor serta bola-bola di dalamnya makin kencang dan menimbulkan bunyi.

Solusinya? Ini Dia..

Setelah mengetahui penyebab kompresor AC mobil berisik, kini saatnya mengatasi yang rusak namun juga bergantung pada jenis kerusakannya.

Kenali dulu masalah kompresor AC sebelum merogoh kocek dana untuk harga kompresor AC mobil atau mengganti kompresor abal-abal sebab harga jual lebih terjangkau.

1.Kompresor yang Macet

Untuk kompresor yang macet dan rusak disebabkan karat yang terdapat pada shaft kompresor dengan bearing bambu dan tidak bisa berputar, sebetulnya tidak perlu menggantinya dengan yang baru karena karatnya bisa dihilangkan.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan membongkar kompresor lalu membersihkannya dengan antikarat, mengamplasnya dengan amplas halus, kemudian mengganti oli kompresor dengan oli yang baru.

Pastikan juga bahwa tidak terdapat cacat pada kompresor seperti piston, dinding silinder, atau klep yang patah. Karena jika patah tentu saja kita harus mengganti keseluruhan kompresor dengan yang baru.

2.Kompresor yang Berbunyi dan Berisik

Pada kompresor yang berbunyi dan berisik, pertama-tama kita harus memperhatikan oli kompresor yang bertugas sebagai pelumas untuk mengurangi gesekan dan mencegah kompresor cepat panas. Mungkin saja ada kesalahan pada pengisian oli pelumas atau kebocoran pada kompresor.

Periksa juga apakah pistonnya telah aus. Ini bisa terjadi pada mobil tua atau mobil yang perawatan sistem AC-nya kurang. Piston yang aus adalah salah satu dari sebab-sebab AC mengeluarkan suara berisik.Jika ini terjadi, berarti saatnya kompresor diganti dengan yang baru.

Selain itu cek pula thrust bearing. Jika trush bearing ini longgar karena pemasangan yang tidak benar sesudah dibongkar, maka masalah bunyi berisik tadi dapat terselesaikan dengan mengencangkan lagi thrust bearing yang longgar.

Untuk masalah yang satu ini kita ada bahasan khusus yaitu penyebab kompresor AC mobil bising.

Terakhir, periksa AS. Untuk AC bertipe denso, AS pada kompresor yang tidak presisi dapat menyebabkan pergerakan piston yang melampaui batas maksimal. Jika ini terjadi maka akan terjadi benturan pada katup kompresor dan menimbulkan bunyi ketika AC dinyalakan.

3.Kompresor AC Mengalami Macet

Jika kompresor AC mengalami macet, hal ini biasanya disebabkan kompresor yang dipaksa bekerja ketika mengalami termal tanpa adanya perbaikan. Yang terjadi selanjutnya adalah kompresor yang macet lalu terbakar.

Ketika kita merawat kompresor AC mobil kita dengan baik, tepat, dan rutin di bawah tangan yang ahli, kita sekaligus juga menjaga udara dingin dalam kabin tetap konsisten. Penting sekali untuk memberikan servis sistem AC mobil kita setidaknya 2 kali dalam 1 tahun oleh bengkel AC yang betul-betul mengerti dan memiliki pengalaman di bidangnya. Tidak hanya mesin mobil secara keseluruhan saja yang perlu diservis, bagian-bagian yang paling sering kita gunakan dan umum mengalami masalah seperti sistem AC pun tidak boleh luput dari daftar perawat mobil yang utama.

Solusi Tepat Untuk Anda

Dokter Mobil hadir Melayani Service AC dan Tune Up dengan sistem Tanpa Bongkar Pertama di Indonesia. Dengan hasil data yang akurat dan dapat dicetak dengan garansi service. Selain itu kami juga melayani Penggantian Oli Mesin Kualitas Tinggi ( 20 Ribu KM / 12 bulan ) dan Produk Performance Hemat Bahan Bakar. Antara lain:

KAMI MELAYANI

  • Service AC Tanpa Bongkar
  • Tune Up Mesin Karburator
  • Tune Up Mesin Injeksi
  • Tune Up Mesin Diesel
  • Produk Penghemat Bahan Bakar
  • Produk Aksesoris Racing
  • Penggantian Oli Mesin

Tunggu apalagi? Yuk segera hubungi kami dengan klik website Dokter Mobil. See You There 🙂

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *